Menjadi seorang pemimpin negara tentunya bukan perkara yang mudah. Mesti punya berbagai prestasi membanggakan agar rakyat mau memilihnya. Mau bagaimana lagi, pasalnya nasib negara ada di tangannya, oleh sebab itu bukan orang sembarangan yang bisa dipilih. Istilahnya, harus tahu bobot, bibit, dan bebet.

Masih soal pemimpin negara, ternyata beberapa presiden di dunia punya hobi olahraga unik dan nggak biasa. Alih-alih golf, yang digeluti justru ekstrem macam bela diri. Lalu siapa saja sih kepala negara yang punya aktivitas demikian? Simak ulasannya berikut. Oh iya spoiler sedikit, salah satu presiden kita juga masuk ke dalam daftar ini.

Vladimir Putin dengan banyak sabuk hitam berbagai bela diri

Siapa yang tidak mengenal presiden Rusia yang satu ini, kharisma serta ketegasannya hampir dikenal di seluruh penjuru dunia. Meskipun begitu, jarang yang mengenal sisi lain Vladimir Putin yang ternyata jago bela diri. Bukan hanya satu, namun dirinya menguasai tiga cabang sekaligus.

Beladiri Putin [Sumber Gambar]
Bayangkan saja, pemimpin Rusia yang satu ini mengkoleksi Dan 8 sabuk hitam Karate, Dan 5 sabuk hitam Judo, dan tingkat sembilan sabuk hitam Taekwondo. Bisa lihat sendiri kan bagaimana gregetnya sang presiden ini, pantas banyak negara takut kalau memanasinya, jago bela diri langsung tiga cabang. Wajar kalau banyak yang hormat padanya.

Khaltmaa Battulga, ahli bela diri yang terpilih jadi presiden

Mendengar nama Khaltmaa Battulga mungkin sangat asing di telinga kita, namun nyatanya dialah orang nomor satu di Mongolia sana. Bertarung bertahun-tahun di dunia politik, akhirnya dirinya berhasil mengalahkan saingannya dalam pemilihan. Menggantikan posisi presiden sebelumnya Taskhiagiin Elbegdorj membuat dirinya seolah jadi harapan baru Mongol.

Khaltmaa Battulga beladiri [Sumber Gambar]
Namun siapa sangka kalau presiden yang satu ini adalah ahli bela diri Sambo atau judo asli Mongol dan Soviet. Tak hanya ahli, bahkan dirinya jadi seorang pelatih dan mengabdikan diri para olahraga ini. Wah ngeri juga ya, uniknya banyak orang sangat ingin melihat pertandingan Khaltmaa Battulga vs Vladimir Putin loh.

Mantan PM Australia yang ternyata doyan dengan tinju

Tony Abbott sempat menjadi perbincangan netizen dunia lantaran sempat beredar kabar mengenai pertandingan satu lawan satunya di ring dengan Vladimir Putin. Meski tak ada konfirmasi secara resmi namun banyak orang dibuat heran dengan berita tersebut. Namun ternyata semua dilatarbelakangi kedua pemimpin ini yang punya latar belakang bela diri.

Tony Abbott tinju [Sumber Gambar]
Jika Putin memiliki tiga sabuk hitam dari cabang olahraga berbeda, Tony Abbottt ternyata adalah mantan petinju. Aksinya di ring tinju dimulai saat belajar di Universitas Oxford. Bahkan sampai sekarang, meskipun tak aktif lagi di ring, namun dirinya masih senang olahraga satu ini. Wah kira-kira menang siapa yang kalau benar diadu.

Tentu yang terakhir presiden kita Jokowi dengan hobi uniknya

Indonesia sempat dibuat heboh ketika video Presiden Jokowi viral di dunia maya. Bagaimana tidak, pasalnya banyak orang yang tak mengira kalau beliau malah memilih olahraga gahar seperti itu. Usut punya usut, sudah selama empat bulan presiden menekuni tinju hingga videonya diunggah di dunia maya.

Olahraga Jokowi

Awalnya ada pilihan antara Tinju Thailand atau tinju biasa, den beliau pun akhirnya memiliki olahraga yang disukainya. Tak hanya itu, kita pasti ingat kalau presiden kita juga punya hobi lain yaitu memanah yang sampai sekarang pun masih ditekuni. Wah sepertinya pak Jokowi gak mau kalah dengan pemimpin lain ya.

BACA JUGA: Hobi Unik Para Pemimpin Dari Seluruh Dunia

Melihat beberapa pemimpin dunia ini ternyata mereka bukan orang sembarangan. Meskipun punya tanggung jawab mengatur negara, namun tak lupa untuk olahraga. Uniknya olahraga yang dipilih pun gak biasa. Salut dengan para presiden yang cinta olahraga  yang satu ini.