7 Negara Berdaulat yang Ada di Dunia ini Justru Menghilang di Abad ke-20

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Jan 25, 2016

Dunia selalu berubah setiap saat, perang, perpecahan wilayah hingga kehancuran secara internal membuat suatu negara yang semula ada menjadi hilang begitu saja. Bahkan sisa-sisa keberadaan mereka telah dilupakan oleh semua penduduk di dunia. Padahal, banyak dari mereka merupakan negara yang besar dan sangat berdaulat.

Baca Juga :7 Negara Baru yang Diprediksi Akan Muncul di Masa Depan

Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

Inilah daftar tujuh negara berdaulat yang ada di bumi ini tapi hilang di abad ke-20. Saat ini mereka berubah menjadi negara baru, hancur atau bergabung dengan negara lain. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Kekaisaran Turki Ottoman

Kekaisaran Turki Ottoman adalah sebuah kerajaan Islam terbesar di dunia. Mereka ada dan bertahan di bumi ini selama 600 tahun lebih. Di masa lalu kerajaan ini pernah menduduki tiga wilayah benua yang berbeda. Mereka berhasil memperluas wilayah kekuasaan mulai dari Mesir, Yunani, Suriah hingga negara-negara di kawasan Arab.

Ilustrasi orang yang hidup di kerajaan Turki Ottoman [image source]
Ilustrasi orang yang hidup di kerajaan Turki Ottoman [image source]
Sayangnya setelah bertahan selama 600 tahun kerajaan ini akhirnya hilang dan berubah menjadi Turki modern yang banyak kita kenal saat ini. Seandainya, kerajaan ini terus ada hingga sekarang, Turki Ottoman akan menjadi wilayah yang dihormati baik di Asia dan juga Eropa. Apalagi wilayah itu merupakan jalur perdagangan penting antara Eropa dan Asia.

2. Sikkim

Sikkim adalah sebuah wilayah kerajaan kecil yang terletak di antara India, Tibet, dan Tiongkok. Kerajaan ini telah ada sejak abad ke-8 dan bertahan hingga tahun 1975. Selama lebih dari seribu tahun kerajaan ini telah melakukan banyak sekali upaya untuk bertahan dari masalah internal dan juga eksternal dari serangan negara tetangganya.

Wilayah kerjaan Sikkim [image source]
Wilayah kerajaan Sikkim [image source]
Sayangnya mereka menyatakan bubar dan bergabung dengan India modern. Kerajaan ini tidak mampu lagi menjalankan segala pemerintahan dengan baik karena banyak sekali mengalami gangguan. Keuangan negara semakin menipis hingga banyak sektor harus dihentikan secara permanen. Jika mereka masih ada sampai sekarang, Sikkim akan menjadi kerajaan tertua di dunia yang masih bertahan menghadapi modernisasi.

3. Tibet

Tibet adalah wilayah yang berada di area Pegunungan Himalaya. Wilayah ini telah terkenal sejak ribuan tahun. Namun baru pada tahun 1913 mereka menyatakan diri sebagai negara yang berdaulat di bawah kepemimpinan Dalai Lama. Ketengan negara ini akhirnya terganggu atas adanya penyerangan dari Tiongkok yang saat itu dipimpin oleh Mao Zedong. Akhirnya wilayah Tibet menjadi bawahan dari Tiongkok pada tahun 1951.

Salah satu bangunan bersejarah di Tibet [image source]
Salah satu bangunan bersejarah di Tibet [image source]
Setelah di kuasai oleh Tiongkok, banyak sekali warga di Tibet yang melakukan protes. Mereka akhirnya melakukan aksi brutal dan menyebabkan Tiongkok kembali melakukan serangan pada tahun 1959. Dari sini, wilayah Tibet dicaplok Tiongkok dan pemerintahan dibubarkan hingga sekarang. Tibet saat ini menjadi wilayah penting bagi Tiongkok, namun mereka masih mengusahakan untuk menjadi merdeka sekali lagi.

4. Austro-Hungary

Austro-Hugary adalah sebuah kerajaan besar yang terletak di Eropa. Sayangnya saat perang dunia pertama selesai negeri ini justru jadi hancur dan pecah menjadi negara-negara kecil seperti Austria, Hungaria, Czechoslovakia, dan Yugoslavia. Padahal jika dilihat dari segi kekuatan dan kedaulatan kerajaan ini sangatlah besar jika dibandingkan Jerman atau negara lainnya.

wilayah Austro-Hungary [image source]
wilayah Austro-Hungary [image source]
Ternyata masalah dari kerajaan ini adalah adanya krisis identitas dan bahasa. Di kawasan ini banyak sekali etnik, dan kelompok suku yang tidak bisa disatukan. Belum lagi masalah perbedaan keyakinan yang sangat sensitif. Jika saja Austro-Hungary bisa seperti Indonesia yang bersemboyan Bhinneka Tunggal Ika sepertinya mereka tidak perlu terpecah menjadi banyak negara baru.

5. Yugoslavia

Yugoslaia adalah sebuah negara yang terbentuk setelah perpecahan Austro-Hungarian akibat kalah di perang dunia pertama. Akhirnya Yugoslavia membentuk sebuah negara sendiri dan dengan menggunakan monarki sebagai sistem pemerintahannya. Namun pada tahun 1941 Nazi yang dipimpin oleh Hitler datang dan mengobrak-abrik negeri ini hingga akhirnya harus menyerah dan menjadi bawahan Jerman.

Yugoslavia [image source]
peta wilayah Yugoslavia [image source]
Saat Jerman kalah dalam perang di tahun 1945, Yugoslavia akhirnya bisa mengembalikan kedaulatan negerinya secara penuh. Meski demikian mereka tetap waspada akan serangan komunis dari Rusia. Saat negeri ini mulai membangun kadaulatannya lagi, justru saat itu pula konflik internal terjadi. Masalah suku, ras, dan agama akhirnya menjadi pemicu negeri ini hancur dan pecah menjadi beberapa negara kecil seperti Slovenia, Croatia, Bosnia, Serbia, Macedonia, dan Montenegro.

6. Uni Soviet

Uni Soviet adalah negara hebat yang sangat ditakuti selama ratusan tahun. Negeri ini banyak sekali melakukan penyerangan ke wilayah-wilayah Asia dan Eropa. Penduduk yang berada di wilayah itu akhirnya ditangkap dan dimasukkan ke kamp pengungsian untuk dijadikan budak hingga tewas secara mengenaskan.

Wilayah Uni Soviet [image source]
Wilayah Uni Soviet [image source]
Pada tahun 1991, Uni Soviet akhirnya hancur karena banyak faktor hingga wilayah yang menjadi jajahannya menyatakan diri untuk merdeka. Setelah mengalami masa sulit selama masa transisi, Uni Soviet akhirnya menjadi negara baru dan berganti nama menjadi Rusia.

7. Czechoslovakia

Czechoslovakia adalah salah satu negara yang terbentuk setelah Kerajaan Austro-Hungarian hancur dan terpecah menjadi banyak sekali wilayah. Sayangnya, sejak terbentuk di 1918, Czechoslovakia banyak sekali mengalami keadaan berat karena beberapa kali diserang oleh negara besar seperti Inggris dan Prancis. Setelah dua negara ini mundur Jerman ikut menyerang dan membuat wilayah negara ini dihapuskan dari peta.

Salah satu wilayah di republik Ceko [image source]
Salah satu wilayah di republik Ceko [image source]
Lambat laun karena tak bisa mempertahankan wilayahnya dengan baik. Czechoslovakia terpecah menjadi dua wilayah yaitu Republik Ceko di wilayah barat dan Slovakia di sebelah timur. Setelah terpecah menjadi dua wilayah, Czechoslovakia akhirnya resmi menghilang dari peta dunia.

Baca Juga :5 Negara Super Rahasia yang Mungkin Namanya Baru Kamu Dengar Sekali ini

Tujuh negara di atas menjadi contoh jika membentuk dan mempertahankan suatu negara adalah hal yang sulit. Banyak hal yang bisa terjadi dan membuat negara menjadi terpecah, dicaplok, atau bahkan berganti sistem pemerintahan. Anyway, dari tuju negara di atas, mana yang kira-kira memiliki nasib paling buruk?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA