in

Nostalgia Winamp, Music Player Populer Sebelum Era Musik Berbayar Merajalela

Winamp akan comeback [sumber gambar]

Nostalgia memang selalu bisa membuat kita tersenyum dan memutar ulang pita ingatan ke beberapa tahun silam. Nah, untuk kamu yang pada era ‘2000-an awal sudah main komputer atau laptop, pasti sudah enggak asing lagi dengan aplikasi pemutar Mp3 bernama Winamp Media Player, kan?

Yap, aplikasi music berlogo petir ini sangat populer pada masanya, karena hampir tak ada saingan lain. Sekarang, di era music yang serba berbayar, Winamp jelas tenggelam jauh bahkan tak lagi terdengar gaungnya. Padahal di zamannya, kalau sudah mendengarkan lagu melalui Winamp ini, wuih kamu udah keren banget.

Aplikasi yang hadir pada tahun 1997

Winamp bermula pada 1997 ketika Justin Fankel merilis Winamp dibuat oleh Nullsoft yang sekarang menjadi anak perusahaan AO. Winamp ini merupakan aplikasi pemutar musik mp3, yang terintergrasi dengan windows. Berbentuk persegi panjang abu-abu gelap, dengan tombol perak 3D, volume slider hijau merah, timer dalam huruf lampu LED hijau, dengan trackname, MP3 bitrate dan “mixrate” dalam warna hijau pula, ditambah playlist.

Winamp [sumber gambar]
Hingga tahun 2005 pengguna winamp terus meningkat hingga 57 juta pemakai. Winamp menjadi aplikasi pemutar media yang paling aktif kedua setelah windows media player di tahunnya, melansir dari website belajarteknologi.

Ditutup karena semakin menjamurnya aplikasi music berbayar

Pada tanggal 20 November 2013, AOL mengumumkan bahwa Winamp.com akan ditutup pada tanggal 20 Desember 2013. Perangkat lunak akan tidak lagi tersedia untuk diunduh atau didukung oleh perusahaan setelah tanggal tersebut. Perusahaan yang membawahinya dibeli oleh Radionomy.

Aplikasi musik berbayar [sumber gambar]
Winamp ini secara perlahan hilang dari peredaran karena semakin banyaknya aplikasi musik berbayar seperti Spotify, Deezer, Joox, Apple Music, dan lain sebagainya. Para penikmat music lebih memilih untuk membayar music yang mereka dengar, karena bank lagu yang ada di sana juga unlimited dan tinggal search saja.

Kabar baik karena Winamp akan comeback

Pada tahun 2018 lalu, berhembus kabar baik kalau Winamp akan memberikan ‘hal yang baru’ untuk para pendengarnya. Winamp pun saat ini sedang berusaha keras untuk “memberikan energi” untuk aplikasi tersebut agar dapat diunggah kembali oleh pengguna PC atau laptop masa kini.

Winamp akan comeback [sumber gambar]
Yang jelas, Winamp mungkin akan hadir dengan wajah baru, di mana ia berbentuk dalam aplikasi seluler yang penggunanya dapat mendengarkan musik dalam daftar putar podcast, streaming, hingga radio. Namun, dari pihak Radionomy belum memberikan secara detail akan seperti aplikasi ini nantinya. Kita lihat dan tunggu saja ya!

BACA JUGA: Ingat Wajah yang Suka Muncul di Mp3 Musik Ini? Ini Loh Identitas Sebenarnya

Sejauh ini, aplikasi music berbayar memang lebih dipilih karena jumlah lagu yang ada di dalamnya tak terbatas. Kalau Winamp bisa muncul dengan terobosan yang sama –atau mungkin lebih inovatif lagi—maka pasti deh banyak yang kembali mau menggunakannya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Rumah Mewahnya Dibeli Hary Tanoe, Inilah Bisnis Donald Trump yang Menggurita di Indonesia

5 Produk Nyeleh tapi Berguna yang Bisa Kamu Beli Langsung di Online Shop