Sebelum kita bernostalgia dengan cara unik anak zaman dahulu mendengarkan musik, Boombastis.com mau bertanya dulu, sekarang kalian mendengarkan musik dengan aplikasi apa? Mungkin, sebagian dari kalian akan menjawab Spotify, Apple Music, Joox, Dezzer, atau mungkin YouTube.

Aplikasi streaming ini memang masuk ke Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, kalau mau mendengarkan musik-musik dari musisi favorit pasti larinya ke Inbox, atau mungkin ada beberapa tempat download lagu yang lebih jadul lagi. Buat generasi 90-an, yuk bernostalgia dengan beberapa cara menikmati musik di tahun tersebut.

Stafaband, siapa nih yang dulunya berlangganan di sini?

Website Stafaband [sumber gambar]
Salah satu tempat nongkrong anak-anak musik dari zaman 90-an adalah Satafaband. Hingga sekarang, Stafaband ini masih terus update lagi-lagu hits terbaru, kamu bisa buka di m.stafabandid.info kalau mau mengunduh satu atau dua lagu. Stafaband ini tak pernah lenyap dari dulu karena memang statusnya yang hanya sebagai agregator buat tracking data lagu. Lagu-lagu yang tersaring sendiri merupakan lagu dari YouTube, serta gudang musik yang lain.

4Shared, tempat di mana kamu bisa berbagi bersama orang lain

4Shared [sumber gambar]
Sesuai dengan namanya, website 4Shared ini memungkinkan kamu mengunggah dan mendownload file dan membaginya bersama orang lain. File tersebut bisa saja musik, foto, aplikasi, atau bahkan buku. Melalui m.4shared.com, kamu bisa masuk dan membuat akun sendiri kalau mau mendownload atau mungkin berbagai musik di sini. Ada yang masih suka berkunjung ke sini?

MP3Juices, tak hanya musik, ceramah pun bisa ditemukan di sini

Tampilan Mp3 Juice [sumber gambar]
Website lawas yang ketiga adalah mp3juices.cc. Mp3Juices ini sebenarnya sama seperti stafaband, agregator yang menyediakan berbagai macam konten dari media lain seperti YouTube –kebanyakan sih YouTube. Nantinya, kalau tak ada versi MP3-nya, website ini akan menyaring dari YouTube lalu meng-convert-nya langsung ke bentuk MP3. Nah, di sini tak hanya lagu yang bisa kamu temukan, berbagai audio seperti ceramah agama dan tausiyah juga bisa kamu unduh. Paket lengkap karet dua pokoknya deh~

Miss Hacker, dari dulu hingga sekarang masih bertahan

Miss Hacker [sumber gambar]
Melalui misshacker.net, kamu bisa menemukan lagu-lagu yang masuk dalam kategori lawas. Jika mau dibandingkan dengan 4 website sebelumnya, Miss Hacker ini memang bank lagunya lebih sedikit. Pada bagian Home, kamu akan diperlihatkan deretan lagu yang masuk dalam daftar populer selama satu minggu itu. Biar enggak penasaran kepoin langsung deh!

BACA JUGA: Perbedaan Kebiasaan Anak-Anak Zaman Dulu dan Kekinian yang Bikin Ngelus Dada

Jadi, dari 4 jenis surganya mengunduh lagu gratis di atas, mana nih yang pernah kamu pakai dulu –atau mungkin juga masih hingga saat ini? Atau mungkin kamu tak pernah memakai empat-empatnya?