Industri musik tanah air bisa dibilang sedang mengalami sedikit kemerosotan. Bagaimana tidak, adanya pembajakan dan kurangnya apresiasi dalam negeri membuatnya seolah layu. Jangankan didengar, banyak anak zaman sekarang yang lebih memilih lagu luar ketimbang dalam negeri. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak musisi yang ogah-ogahan berkarya.

Sebaliknya, ternyata beberapa negara malah menggandrungi musik Indonesia loh. Bayangkan saja, mulai dari negeri tertutup seperti Korut hingga yang maju layaknya Jepang akrab dengan musik kita. Lalu benarkah seperti itu? Biar gak penasaran simak ulasan berikut.

Rusia yang ternyata akrab dengan lagu lawas Indonesia

Naik Delman dan Rayuan Pulau Kelapa adalah dua lagu lawas Indonesia yang sampai saat ini masih sering diperdengarkan. Namun siapa sangka tidak hanya negeri kita yang akrab dengan lagu tersebut, namun negara lain pun juga hafal. Ya, Rusia ternyata sangat akrab dengan lagu-lagu tersebut bahkan sejak dulu.

Usut punya usut, sempat terjadi pertukaran budaya yang salah satunya menggunakan lagu Indonesia pada zaman dulu. Dan uniknya lagi, meskipun memiliki nada yang sama persis, namun dua lagu tersebut di bahasa Rusia-kan, tentu dengan padanan atau kata pengganti yang cocok dengan keadaan di negeri beruang merah sana.

Lagu Indonesia yang sudah akrab di telinga sebagian anak Korut

Kita mungkin mengenal Korea Utara sebagai salah negara yang tertutup. Namun demikian hubungan Indonesia dengan negara tersebut sangatlah baik bahkan sejak dulu. Jadi jangan kaget kalau Korut sendiri selalu menyambut baik kerjasama dengan negeri kita lantaran hubungan yang langgeng itu. Namun ternyata di sana juga banyak anak-anak yang hafal lagu Indonesia loh.

Tepatnya di sekolah kerja sama antara kedua negara, sejak kecil mereka diajarkan mengenai budaya kedua negara. Tak terkecuali lagu-lagu populer yang ada di tanah air. Bahkan dalam salah satu postingan di media sosial menunjukkan bagaimana fasih dan merdunya anak-anak menyanyikan Tanah Airku. Wah bangga juga kita lihatnya ya.

Bahkan negeri matahari terbit juga hafal dengan lagu Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan lagu Bengawan Solo, ciptaan Gesang yang jadi salah satu master piece Indonesia. Ternyata bukan hanya orang dari negara kita yang menikmatinya namun juga di luar sana. Ya, Jepang ternyata sangat hafal dengan lagu yang satu ini meskipun lirik lagunya sudah diubah dan disesuaikan.

Bukan hanya itu, bahkan Bengawan Solo mungkin sudah sangat akrab di telinga orang Jepang lantaran sering dinyanyikan. Bahkan uniknya lagi, Jepang ternyata rajin dalam membayarkan royalti pada Gesang sekitar 100 juta tiap tahunnya. Namun lantaran almarhum Gesang sendiri tak punya keturunan, maka uang tersebut akan disumbangkan.

Taiwan yang paling doyan dengan lagu Indonesia

Meteor Garden mungkin jadi salah satu penanda munculnya demam drama mandarin di Indonesia. Bahkan banyak dari anak muda zaman itu yang langsung semangat jika harus belajar bahasa Mandarin agar ingin bisa menyanyikan lagunya. Namun siapa sangka beberapa tahun selanjutnya malah kejadian sebaliknya yang terjadi.

Bagaimana tidak, pasalnya banyak lagu asal Indonesia yang ternyata ‘dibeli’ oleh artis dari Taiwan agar bisa diubah lirik dan dinyanyikan di negaranya sana. Kita ambil contoh Sempurna dari Andra and The Backbone, Sephia dari Sheila On Seven dan lain-lain. Hal itu membuktikan kalau karya orang Indonesia memang diakui.

BACA JUGA: Siapa Sangka Ternyata Lagu Nasional Kita Pernah Dijiplak Lho, Ini Buktinya!

Adanya beberapa negara yang ternyata tahu dan hafal dengan lagu Indonesia ini tentunya membuat kita bangga. Hal ini membuktikan kalau karya kita memang diakui oleh dunia. Bukan hanya itu, mungkin inilah saatnya kita lebih mengapresiasi karya anak bangsa.