Setiap pemberitaan yang ada di televisi maupun media sosial di Indonesia pasti tak jauh-jauh dari pembahasan narkoba. Seperti kabar yang beredar akhir-akhir ini kalau ada 972 tersangka narkoba ditangkap selama Bulan November tahun 2018. Dilansir dari laman liputan6.com, penemuan tersangka narkoba ini kebanyakan berada di daerah perbatasan. Seperti Kalimantan Utara, Timur, Barat dan juga Timor Leste.

Cukup miris melihat fakta yang ada kalau di Indonesia masih banyak bertebaran barang haram tersebut. Apalagi penyebarannya pun bisa dibilang sangat gampang sehingga hampir semua usia dapat menikmatinya. Ini nih yang bikin generasi bumi pertiwi menjadi rusak. Belum dewasa aja, kehidupannya sudah hancur karena kecanduan narkoba. Lantas, apa yang menyebabkan Indonesia masih dipenuhi dengan barang terkutuk tersebut?

Kondisi geografis Indonesia yang mendukung peredaran narkoba

Indonesia yang terdiri dari banyak pulau dan juga laut membuat pengedar narkoba tertarik untuk menyebarkan barang haram tersebut di negara kita. Mereka biasanya menggunakan cara-cara tertentu supaya tak ketahuan pihak yang berwajib.

Kondisi geografis yang mendukung [Sumber Gambar]
Misalnya dengan membangun pelabuhan-pelabuhan tak berizin di suatu pulau yang tak berpenduduk. Maka dari itu Sahabat Boombastis, banyak pihak kepolisian yang tidak tahu menahu tentang pelabuhan ini. Diperlukan kerjasama dari warga-warga yang tinggal berdekatan dengan garis pantai, supaya narkoba bisa diberantas secepatnya.

Bisnis narkoba yang bisa mendongkrak ekonomi

Dollar yang sedang merangkak naik, membuat kondisi rupiah semakin melemah dari waktu ke waktu. Hal ini secara langsung mengakibatkan ekonomi Indonesia semakin terpuruk. Bahkan, dilansir dari laman kompas.com, jika kondisi ekonomi Negara Indonesia di tahun 2018 ini lebih buruk ketimbang 1998. Wah, rendah banget dong ya?

Bisnis narkoba yang cukup menjanjikan [Sumber Gambar]
Oleh sebab itu, banyak warga Indonesia mulai mencari-cari pekerjaan yang bisa membuat kantongnya bernafas lega. Tapi banyak juga yang memilih jalan haram supaya uang cepat terkumpul. Ya salah satunya dengan menjalankan bisnis jual beli barang haram ini. Pasalnya, bisnis narkoba ini hasilnya cukup menjanjikan. Harga per gramnya saja berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari jenisnya. Bisa dibayangin dong hasilnya gimana kalau bisnisnya berhasil?

Jumlah penduduk terbesar keempat sedunia

Selain memiliki banyak pulau, Indonesia juga dikenal dengan penduduknya yang cukup banyak. Dikutip dari laman okezone.com, Indonesia berada di peringkat keempat dunia dalam jumlah penduduk terbanyak.

Jumlah penduduk yang cukup banyak [Sumber Gambar]
Hal inilah yang membuat pebisnis barang haram tersebut tertarik dengan Indonesia. Semakin banyak narkoba terjual di Indonesia, akan semakin berlipat-lipat keuntungan yang didapat. Si pebisnis semakin kaya, warga Indonesia jadi hancur karenanya. Ckckck,,

BACA JUGA : Jangan Ditiru! Inilah 5 Alasan Kenapa Dunia Seleb itu Rawan Terjerumus Narkoba

Jadi itulah alasan mengapa narkoba masih menyebar di Indonesia sampai saat ini. Untuk itu kita sebagai warga Indonesia harus pintar untuk membentengi diri dari barang haram tersebut. Caranya adalah dengan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan dan kemudian menjaga pergaulan. Jika dua cara itu sudah kita terapkan, niscaya narkoba tidak akan berani mendekat kepada diri kita.