in

Cuma Berbekal Sendok Karatan, 6 Orang Napi Palestina Bisa Kabur dari Penjara Ketat Israel

Kaburnya enam napi Palestina dari penjara super ketat di Israel sempat menggerkan dunia belakangan ini. Terlebih saat terungkap jika para napi tersebut hanya memanfaatkan sendok berkarat, yang disembunyikan di balik poster yang ada di sel mereka. Mereka dengan telaten membuat lubang di belakang wastafel hingga mencapai sistem drainase penjara.

Hebatnya, para napi berhasil menghindari sekitar 40 sipir penjara, tiga menara pengawas, melewati dua tembok penjara, dua tembok kawat berduri, sampai kawanan anjing pelacak. Para napi yang dijatuhi hukuman seumur hidup tersebut setidaknya berusia antara 26 hingga 49 tahun. Berikut adalah ulasan selengkapnya tentang kaburnya para napi Palestina tersebut.

Kronologi kaburnya napi

Layanan penjara Gilboa di Israel tengah menyelidiki insiden kaburnya para napi tersebut. Menurut petugas, kamera pengawas sempat mendokumentasikan pelarian tersebut, namun sipir penjara dan juga penjaga tidak memperhatikan tayangan kamera saat kejadian. Penyelidikan awal menunjukkan enam tahanan keluar dari sel saat dini hari, sekitar pukul 01.30 waktu setempat dengan menggali lubang di lantai kamar mandi mereka.

Lubang tanah [sumber gambar]
Begitu berhasil keluar, mereka berganti pakaian di dalam sebuah mobil, yang kemudian membawa mereka kabur. Pukul 01.49, polisi akhirnya menerima laporan warga yang berkendara di sekitar penjara Gilboa. Saat itu, warga tersebut melihat beberapa orang mencurigakan tengah memindahkan barang-barang dan akhirnya melaporkannya. Pukul 02.14, polisi kembali menerima laporan bahwa mereka melihat napi di dekat penjara.

Pembobolan terbesar sejak 23 tahun silam

Written by Nikmatus Solikha

Dulu Sebut Profesi Penyanyi Haram Kini ke Borobudur Juga Haram, Siapa Ustaz Sofyan Chalid?

Sejak Kecil Suka Belajar, Ini Adhara Si Jenius yang Kuliah 2 Jurusan Meski Baru 10 Tahun