Bandara-bandara yang akan Anda baca berikut ini memiliki nama yang aneh, lucu dan unik. Berbeda dengan bandara komersil lainnya di dunia yang memiliki nama-nama keren yang memang sengaja diberikan untuk menambah kehebatan bandara yang bersangkutan, bandara berikut malah menggunakan nama-nama yang bikin para turis mengernyitkan dahi mereka.

Baca Juga: 7 Lagu Indonesia yang Dinyanyikan Musisi Dunia

Ada yang diberi nama Mafia hingga Eek yang pasti bikin Anda tertawa. Kebanyakan dari bandara tersebut hanya melayani penerbangan domestik saja. Berikut daftar bandara dengan nama paling aneh yang dilongok dari situs pencarian traveling Skyscaner.

1. Bandara Batman – Turki

Jauh sebelum tokoh superhero yang memakai kostum kelelawar dikenal masyarakat, Turki telah mematenkan nama pahlawan ini sebagai nama salah satu bandaranya. Batman, itulah nama sebuah bandara yang ada di kota sebelah tenggara Turki yang kebetulan juga merupakan nama kota itu sendiri yaitu kota Batman.

Jangan beranggapan bahwa pemberian nama kota ini terinspirasi dari film Hollywood Batman ya sebab kota ini tidak ada sangkut pautnya dengan tokoh superhero yang tinggal di Kota Gotham itu. Kota ini bernama demikian jauh sebelum tokoh Batman diciptakan.

Bandara Batman (c) blog.exitotravel.com
Bandara Batman (c) blog.exitotravel.com

Bandara Batman bukanlah bandara internasional, bendara ini hanya melayani rute domestik saja. Beberapa maskapai yang singgah di bandara ini antara lain Turkish Airlines, SunExpress dan Pegasus Airlines. Karena namanya yang unik dan sama dengan tokoh Batman maka para turis yang datang ke sana selalu menyempatkan berfoto di depan bandara yang bertuliskan Batman.

Selanjutnya: Bandara Mafia – Tanzania

2. Bandara Mafia – Tanzania

Dari namanya saja sudah membuat turis was-was, jelas saja karena nama bandara ini adalah Bandara Mafia. Letaknya ada di pulau yang memiliki nama yang sama dengan bandara tersebut, Pulau Mafia. Pulau ini masuk dalam wilayah negara Tanzania di Afrika Timur.

Penampakan bandara tidak seseram namanya. Tidak ada gerombolan mafia yang membawa senjata di sana. Hanya saja kondisi bandara masih sangat sederhana dengan atap terbuat dari seng. Wajar saja sebab bandara ini hanya melayani penerbangan perintis dengan landasan pacu tak lebih dari satu setengah kilometer saja.

Bandara Mafia (c) static1.mydestination.com
Bandara Mafia (c) static1.mydestination.com

Dengan menggunakan cat berwarna putih, nama Mafia tertulis jelas di atap yang terbuat dari seng tersebut. Nah untuk menuju Pulau Mafia melalui bandara Mafia, pelancong harus terbang selama 45 menit dari kota Dar Es Salaam. Pulai yang punya nama aneh ini memiliki berbagai resor dan pantai yang menarik.

Selanjutnya: Bandara Useless Loop – Australia

3. Bandara Useless Loop – Australia

Bandara memiliki fungsi yang sangat penting sebagai tempat pesawat mendarat dan lepas landas. Namun anehnya bandara di Australia ini malah dinamakan Useless Loop. Padahal useless sendiri berarti sia-sia, inilah yang membuat turis geleng-geleng kepala.

Bandara Useless Loop berada di kawasan Shark Bay, Gascoyne, Western Australia. Bandara ini bukanlah sebuah bangunan megah seperti pada umumnya. Ini hanyalah sebuah hamparan tanah kering dan berpasir saja. Tidak ada namanya menara ATC atau lounge maskapai yang megah di kawasan ini.

Bandara Useless Loop (c) i1.wp.com
Bandara Useless Loop (c) i1.wp.com

Pesawat yang bisa mendarat di sana juga hanya pesawat kecil yang biasanya mengangkut beberapa turis, dan pemerhati satwa yang hendak menuju Shark Bay. Nah, Shark Bay sendiri merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO yang mana perairannya menjadi rumah bagi kawanan dugong dan lumba-lumba.

Selanjutnya: Bandara Black Tickle – Kanada

4. Bandara Black Tickle – Kanada

Bandara Black Tickle, sebuah nama yang menggelitik buat digunakan sebagai nama bandara. Namun bandara ini benar-benar ada, letaknya ada di Provinsi Newfoundland and Labrador, kawasan di utara Kanada dan dekat Benua Arktik.

Nama bandara ini sama dengan nama kota dimana tempat ini berada. Meski arti tickle adalah menggelitik namun suasana di bandara ini tidak selucu namanya. Bandara ini cukup berbahaya untuk dilandasi pesawat, pasalnya landasan pacu pesawat berupa daratan bersalju.

Bandara Black Tickle (c) AFP
Bandara Black Tickle (c) AFP

Sejauh mata memandang hanya ada hamparan salju putih dan pegunungan yang berjajar yang juga diselimuti salju. Fasilitas di sekitar bandara pun hanya ada beberapa bangunan layaknya rumah yang digunakan untuk tempat istirahat para turis yang datang. Bandara ini adalah pintu gerbang untuk menjelajahi Benua Arktik.

Selanjutnya: Bandara Moron – Mongolia

5. Bandara Moron – Mongolia

Anda tahu apa artinya Moron? Benar sekali artinya adalah bodoh. Entah apa yang dipikirkan oleh si pembuat bandara di Mongolia ini hingga ia menamakan bandara di sana dengan nama Bandara Moron. Mungkin bukan salah yang memberi nama sebab nama bandara ini diambil dari nama kota dimana bandara ini berada yaitu Kota Moron.

Bandara Moron berada di Kota moron, Provinsi Khovsgol di Mongolia. Ternyata meski memiliki nama yang aneh, bandara ini memiliki fungsi ganda selain untuk penerbangan komersil juga digunakan pula untuk penerbangan militer.

Bandara Moron (c) photosmongolia.com
Bandara Moron (c) photosmongolia.com

Bagi para turis yang hendak ke Kota Moron via bandara ini, mereka bisa menggunakan jasa dari maskapai Aero Mongolia dan Hunnu Airlines. Bagi Anda mungkin nama itu terkesan aneh tapi sebenarnya dalam bahasa Mongolia, kata Moron memiliki dua titik di atas huruf o, namun karena pangucapannya sama maka banyak turis yang melongo membaca nama bandara ini.

Selanjutnya: Bandara Pickle Lake – Kanada

6. Bandara Pickle Lake – Kanada

Bagi traveler yang hobi berkuliner pasti tidak menyangka jika ini adalah nama sebuah bandara. Saat pertama mendengar mungkin yang ada di benak mereka tempat ini adalah pusat kuliner yang menyajikan aneka jenis acar. Bagaimana tidak nama bandara ini adalah Pickle Lake yang jika diartikan adalah danau acar.

Bandara Pickle Lake (c) Facebook
Bandara Pickle Lake (c) Facebook

Seperti bandara lain yang ada dalam daftar nama ini diambil dari nama kota di mana bandara berada yaitu Kota Pickle Lake yang ada di Ontarion, Kanada. Bandara ini hanya melayani penerbangan domestik saja itupun hanya bisa jika turis naik maskapai North Star Air dan Wasaya Airways saja.

Selanjutnya: Bandara Brest – Prancis

7. Bandara Brest – Prancis

Siapa yang tidak geleng-geleng kepala saat sepintas membaca nama bandara ini. Kata brest sekilas mirip dengan breast yang artinya dalam bahasa indonesia adalah salah satu bagian tubuh wanita. Maka tak heran jika bandara yang memiliki nama sama dengan kotanya menjadi bahan olok-olokan orang.

Bandara Brest (c) blink.brunner-group.com
Bandara Brest (c) blink.brunner-group.com

Meski demikian masyrakat yang tinggal di kota Brest, Prancis tidaklah tersinggung. Nama boleh saja aneh tapi bandara ini bukanlah bandara kecil seperti dalam daftar nama bandara aneh. Ini satu-satunya bandara internasional yang memiliki nama aneh. Bandara ini melayani negara-negara sekitar Eropa seperti ke Inggris dan Spanyol.

Selanjutnya: Bandara Eek – Amerika Serikat

8. Bandara Eek – Amerika Serikat

Bagi masyarakat Indonesia nama ini jelas sangat aneh dan terkesan menjijikkan. Tidak perlu dijelaskan lebih mendalam kenapa nama bandara ini dikatakan aneh. Bandara Eek termasuk di dalam kawasan Bethel Census Area, Alaska, AS.

Bandara Eek (c) Wikipedia
Bandara Eek (c) Wikipedia

Bandara ini hanya melayani penerbangan di sekitar Alaska saja dan juga hanya pesawat perintis saja yang bisa singgah di bandara ini. Beberapa maskapai dengan pesawat perintis yang bisa mengakses bandara ini antara lain Aero Flight, Flight Alaska dan Yute Air.

Banyak bandara yang diberi nama sesuai dengan kota dimana bandara tersebut berada. Namun kadang nama tersebut menjadi aneh buat orang-orang yang berada di daerah lain yang mempunyai kata sama dengan arti yang berbeda.

Baca Juga: 5 Pulau Berbahaya Tapi Turis Tetap Nekat Berkunjung ke Sana