Menjadi dokter ahli bedah tidaklah mudah. Selain bermodalkan kecerdasan dak ketelitian, dibutuhkan  jiwa pemberani untuk bisa mengalahkan rasa takut saat berhadapan dengan pisau saat melakukan pembedahan. Dan tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan anatomi tubuh manusia ini. Apalagi, para calon ahli bedah ini juga dituntut berani melakukan praktikum dengan tubuh orang yang sudah meninggal.

Baca Juga: Fungsi Minuman Cola Selain untuk Diminum

Yang lebih mengerikan lagi ketika Anda mengetahui seperti apa potret training para dokter di awal tahun 1900an. Para dokter ahli bedah dengan tanpa takut berpose dengan mayat dan tanpa rasa jijik, mereka bermain dengan tengkorak dan tulang belulang mayat. Simak foto-foto yang dilansir dari viralnova.com berikut yuk!

1. Berpose dengan mayat

Seperti sudah tidak memiliki rasa takut dan ngeri lagi, para dokter ini dengan santai melakukan foto-foto dengan mayat. Bahkan, mereka berfoto dengan mayat seakan sedang berpose menunjukkan barang unik. Padahal, yang berada di antara orang-orang ini tak lain adalah mayat dengan kondisi fisik yang mengerikan.

Berpose dengan mayat | copyright viralnova.com
Berpose dengan mayat | copyright viralnova.com

Seperti yang terlihat pada foto di atas. Delapan calon dokter sedang berpose santai dengan mayat di depan mereka. Nampak bagian perut mayat tersebut sudah mengalami percobaan pembedahan. Parahnya lagi, kaki mayat dikondisikan seolah ikut berpose juga.

Selanjutnya: Merokok Saat Melakukan Pembedahan

2. Merokok saat melakukan pembedahan

Sering melihat larangan  untuk tidak merokok di kawasan pelayanan kesehatan. Rumah sakit, puskesmas, praktik dokter, praktik bidan, apotek, dan tempat pelayanan kesehatan lainnya. Begitu pula dengan ruang operasi yang harus steril dan tanpa adanya asap rokok.

Melakukan pembedahan sambil merokok | copyright viralnova.com
Melakukan pembedahan sambil merokok | copyright viralnova.com

Sebaliknya, di era 1900an, asap rokok menyelimuti ruang praktik. Para dokter ini bahkan tidak bisa meninggalkan yang namanya rokok saat melakukan pembedahan. Di era tersebut, melakukan pembedahan sambil merokok dianggap suatu hal yang keren lho.

Selanjutnya: Ruang Bedah yang Menyeramkan

3. Ruang bedah yang menyeramkan

Mengalahkan kamar mayat yang identik dengan tempat menyeramkan, ruang praktik para dokter bedah ini juga membuat bulu kuduk berdiri melihat suasana yang dipenuhi dengan tubuh orang yang sudah tidak bernyawa.

Suasana ruang yang menyeramkan | copyright viralnova.com
Suasana ruang yang menyeramkan | copyright viralnova.com

Di foto tersebut, terlihat mayat berjejeran dengan kondisi mengerikan setelah dijadikan bahan percobaan. Suasana ruangan pun terlihat begitu menyeramkan. Konon katanya, banyak arwah gentayangan di sekitar ruang praktik ahli bedah ini.

Selanjutnya: Bermain dengan Tengkorak

4. Bermain dengan tengkorak

Parahnya lagi, mereka bahkan sering bermain dengan tengkorak dan tulang belulang mayat. Tanpa rasa jijik dan ngeri, mereka menyentuk tengkorak mayat yang mereka jadikan bahan percobaan.

Bermain dengan mayat | copyright viralnova.com
Bermain dengan mayat | copyright viralnova.com

Mereka menyentuh mayat tersebut seolah sedang bermain dengan boneka. Dan dengan santai pula, mereka berpose sambil bermainan mayat. Ngeri kan?

Selanjutnya: Melumpuhkan Mayat

5. Melumpuhkan mayat

Sudah bisa dipastikan, mayat yang dijadikan bahan percobaan para dokter ahli bedah era 1900an ini berujung dengan kondisi yang mengerikan. Tubuh mereka tidak hanya disayat dengan pisau dan alat operasi, akan tetapi beberapa di antaranya hancur setelah proses pembedahan.

Kondisi mayat yang hancur | copyright viralnova.com
Kondisi mayat yang hancur | copyright viralnova.com

She lived for others but died for us. “Dia (mayat) hidup untuk orang lain dan mati untuk kita (ahli bedah)” tulis pada meja tempat mayat dijadikan bahan percobaan. Di foto tersebut terlihat sangat jelas kondisi tubuh mayat yang sudah hancur.

Demikian potret mengerikan praktik pembedahan para dokter ahli bedah di tahun 1900 an.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Malaysia, Negara Tetangga Yang Sering Rebutan Hak Paten Dengan Indonesia