MUI Himbau Umat Muslim Rayakan Tahun Baru Islam

oleh didi
10:46 AM on Oct 25, 2014

Jakarta — Pada hari Minggu (26/10/2014), Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengajak seluruh umat Islam untuk menghadiri perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriah di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

“Saya mengajak seluruh umat Islam untuk sama-sama memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram di GBK pada hari Ahad. Ayo datang ajak kawan, keluarga, saudara, ke Gelora Bung Karno dengan bernuansa putih,” kata Din di Gedung MUI, Jakarta, Jumat (24/10).

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Din mengatakan, agar perayaan Tahun Baru Islam dirayakan secara meriah. Karena selain untuk menjadi pembuktian kebesaran umat Islam di Indonesia, perayaan tersebut juga dilakukan untuk menunjukkan Tahun Baru Islam tidak kalah dengan perayaan tahun baru lainnya.

“Tahun baru masehi selalu meriah dengan kembang api, tahun baru Imlek juga meriah bahkan generasi muda Islam juga lebih merayakan hari Valentine daripada 1 Muharram,” katanya.

Din mengimbau agar masyarakat Islam tidak perlu memperdebatkan perkara tentang boleh atau tidaknya merayakan dan memperingati Tahun Baru Hijriyah. “Para umat Islam tidak perlu mengembangkan polemik tentang boleh atau tidaknya, halal haramnya memperingati Tahun Baru Hijriyah. Saya kira itu hanya akan menghabiskan waktu,” ujar Din.

Menurutnya, perayaan Tahun Baru Hijriyah ini merupakan syiar Islam yang juga akan diisi dengan sejumlah tausyiah dari beberapa tokoh agama. Terkait dengan perayaan di GBK, umat Islam yang hadir dihimbau untuk mengenakan busana bernuansa putih dikarenakan melambangkan kesucian agama Islam. “Pakai busana bernuansa putih yang melambangkan kesucian Islam,”tuturnya.

MUI Himbau Umat Muslim Rayakan Tahun Baru Islam
MUI Himbau Umat Muslim Rayakan Tahun Baru Islam

Terkait dengan kehadiran Presiden Joko Widodo pada perayaan tersebut, Din mengatakan hal tersebut masih bersifat tentatif. “Secara langsung Presiden mengatakan kepada saya sangat ingin sekali datang, tapi baru saja tadi Sekertaris Negara menginfokan masih belum bisa memastikan,” jelasnya. Namun demikian, dia memaklumi kondisi Presiden yang sedang sibuk menentukan susunan kabinet pemerintahan Indonesia yang baru.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA