Kahiyang Ayu Dapat Nilai 300 Poin, Terancam Tidak Lolos CPNS

oleh didi
10:38 AM on Oct 25, 2014

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu baru saja mengikuti tes seleksi CPNS 2014 yang bertempat di Gedung Bakorwil II Surakarta, Kamis (23/10). Sesuai informasi dari Sekretaris Pelaksana Tes CPNS Pemkot Solo, Lancer Naibaho, putri Presiden Jokowi ini datang tepat waktu. Kahiyang mendapat perlakuan sama, terbukti dengan rela mengantri saat registrasi. “Dia duduk mengantre, tidak ada perlakuan khusus. Semua sesuai protap. Saat tes juga tidak didampingi Paspampres,” terang Lancer.

Usai menjalani tes, nilai peserta bernomor 337205600491005 tersebut langsung bisa dicek. Kahiyang masuk urutan ke-105 dari 196 peserta CPNS yang mengikuti ujian dalam tes ketiga untuk formasi pemeriksa pertama. Dia berhasil meraih nilai sebesar 300 poin dengan rincian 50 poin untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 95 poin untuk Tes Intelegensi Umum (TIU), dan 155 poin untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Berdasarkan peraturan CPNS, setiap peserta akan dinyatakan lolos ketika memenuhi passing grade tes kemampuan dasar (TKD) dengan rincian nilai 70 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 75 untuk Tes Intelegensi Umum (TIU) dan 126 poin untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Merujuk pada batasan tersebut, nilai Kahiyang untuk berada di bawah passing grade.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Hari Prihatno ketika dikonfirmasi mengenai skor nilai tersebut, mengaku tidak bisa memastikan apakah dengan nilai 300 maka Kahiyang dianggap lulus ujian. Dia mengatakan tahap penilaian peserta ujian merupakan kewenangan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).“Kami tidak berhak ikut campur. Setelah ujian digelar, semua hasil kami serahkan ke sana,” ucapnya.

Sekretaris Panitia Seleksi CPNS 2014 Pemkot Solo, Lancer Naibaho menambahkan dalam ujian Kahiyang harus bersaing dengan sekitar 2.500 pelamar lain untuk bisa diterima sebagai pemeriksa pertama. Lancer mengatakan minimal angka passing grade peserta harus 271.

Kahiyang Ayu Dapat Nilai 300 Poin
Kahiyang Ayu Dapat Nilai 300 Poin

“Kalau sudah lebih dari angka passing grade minimal ya sudah aman. Tapi harus lihat hasil tes yang lain bagaimana. Tergantung nilai peserta lainnya. Tetapi yang penting nanti Panselnas yang menentukan. Kita hanya sebagai pelaksana,” tuturnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA