Selain topeng monyet, kera kerap kali digunakan untuk mengemis di pinggir jalan. Seperti yang diunggah oleh akun facebook Eris Riswandi, monyet tersebut bersusah payah meminta kepada pengguna jalan untuk meminta uang. Dengan memakai topeng sambil menggendong anak, hewan mamalia ini mampu menarik belas kasihan dari para pengguna jalan untuk memberikannya segelintir rupiah.

Kalau kejadian tersebut ada di depan mata, mungkin kita akan memberikannya uang secara langsung. Tapi sepertinya kebiasaan tersebut perlu kita hilangkan karena alasan-alasan ini.

Menyiksa monyet itu sendiri

Sadarkah kalian kalau kita terus memberikan uang kepada pengemis menggemaskan ini akan banyak merugikan? Salah satunya adalah menyiksa si monyet itu sendiri.

Menyiksa monyet [Sumber Gambar]
Pasalnya, jika monyet menghasilkan banyak uang, maka ia setiap hari akan disuruh untuk melakukan kegiatan tersebut. Bayangkan saja, seekor monyet yang seharusnya hidup bebas di alam liar malah banting tulang dan tentunya bergulat dengan asap kendaraan serta teriknya matahari. Apa Sahabat Boombastis tega?

Membuat si pemilik monyet jadi kaya raya

Kita memang memberikan uang untuk membantu si monyet. Tapi pada kenyataannya, kita menyumbangkan uang tersebut untuk si pemilik hewan tersebut. Ya tentu saja, monyet tidak akan mengerti untuk apa uang dipergunakan.

Ilustrasi pemilik monyet akan kaya raya [Sumber Gambar]
Jadilah uang tersebut diberikan kepada sang empunya. Mungkin monyet hanya diberi makan seadanya supaya tetap sehat dan bisa menghasilkan uang sebanyak-banyaknya setiap hari. Tapi si pemilik, justru mendapatkan penghasilan berlipat-lipat dari hewan yang seharusnya haram untuk dipelihara.

Pemilik monyet malas untuk mencari pekerjaan

Tidak hanya menjadi kaya, pemilik monyet juga tentunya malas untuk bekerja. Ia yang sudah mendapatkan uang banyak dari peliharaannya, tentunya sudah tidak ingin mencari pekerjaan.

Ilustrasi pemilik malas mencari pekerjaan [Sumber Gambar]
Dirinya merasa tak perlu menguras tenaga dan pikiran seperti kita semua yang sibuk mencari nafkah. Dengan cara memberi si monyet uang, secara tidak langsung kita akan mendidik satu orang menjadi pemalas. Selain itu, kita juga akan menyiksa monyet tersebut. Duh, semakin bertambah aja tuh dosa kita.

BACA JUGA : Balada Topeng Monyet, Pertunjukan Sirkus Lawas yang Menuai Kontroversi Masyarakat

Niat kita memang untuk membantu, tapi ada baiknya untuk memperhatikan terlebih dulu siapa yang ingin diberi. Jangan asal sekedar kasihan, lalu kita memberikan uang kepadanya tanpa perhitungan. Stop eksploitasi hewan! Kalau kita ingin membantu monyet tersebut, ada baiknya langsung membawanya ke balai perlindungan hewan. Dengan begitu, kita akan membantu monyet untuk hidup secara bebas tanpa ada tekanan dari manusia.