Berbicara tentang mobil langka, sepertinya pepatah “makin tua makan makin jadi” tepat untuk disematkan kepadanya. Hal ini bukanlah tanpa alasan, pasalnya kendaraan roda empat yang masuk usia uzur, pada umumnya semakin melambung harganya. Bahkan mungkin saat ini menjadi saingan dengan deretan mobil-mobil terbaru zaman ini. Sejarah dan statusnya yang langka menjadi salah satu penyebabnya.

Contoh dari fakta tersebut adalah BMW M1, kendaraan roda berlabel rare yang kabarnya dilelang dengan biaya minimum mendapatkannya sebesar US$327 ribu atau bila dirupiahkan setara dengan 46 jutaan. Itu baru harga terbawah, kalau sudah masuk lelang diprediksi bisa capai angka ratusan miliaran. Lalu seperti apakah kendaraan langka itu sebetulnya?

Kendaraan roda empat miliki sejarah emas

Selain punya harga lelang mahal seperti telah disebutkan tadi, kendaraan ternyata diam-daim juga memiliki riwayat yang manis. Di mana kabarnya pernah menciptakan sebuah rekor kecepatan. Dilansir Boombastis dari Gridoto.com, pada tahun 1981, mampu menjadi kendaraan yang melaju hingga batas kecepatan mencapai 300 km/ jam. Angka yang pastinya membuat kendaraan bisa kalah.

Ilustrasi BMW M1 Kecepatan [Sumber Gambar]

Usut punya usut, yang menjadikan kendaraan satu ini kencang adalah penambahan turbocharger twin KKK 3,5 liter pada mesin enam silinder, oleh pembalap Harald Ertl. Alhasil, yang sebetulnya ketika pertama muncul kecepatannya hanya sampai 273 dk ,menjadi 410 dk. Namun, terkait pemecahan rekor kecepatan hingga kini, tidak ada catatan resmi yang dapat mendukung klaim tersebut.

Mobil yang telah masuk kategori uzur

Seperti telah diungkapkan di awal tadi, jika kendaraan ini telah masuk usia senja. Dalam perjalanannya ternyata sudah muncul untuk pertama kali pada 38 tahun silam, tepatnya 1981. Dan dari penelusuran penulis, membutuhkan waktu sampai 2 tahun untuk membuatnya. Dimulai pada 1978 sampai bisa sempurna digunakan pada 1981.

BMW M1 Series lama [Sumber Gambar]
Dari penelusuran yang dilakukan oleh penulis, BMW M1 bukanlah alat transportasi darat yang tidak di produksi banyak. Tercatat hanya mencapai angka 453 unit, dengan yang 20 diantaranya digunakan untuk adu cepat di lintasan balap. Selain itu, awalnya merupakan kendaraan yang dibangun sebagai supercar bermesin tingkat menengah.

Transportasi langka yang memiliki saudara-saudara gahar

Kalau dilihat-lihat lagi, BMW M1 bukanlah satu-satunya mobil seri M yang punya performa tinggi. Saudara-saudara rupanya juga punya kemampuan gahar dalam masalah adu kecepatan. Contohnya adalah BMW M3-Series E90, yang berbentuk lebih modern dan punya tenaga mencapai 420 PS, dan torsi maksimum 400 Nm, yang memuncak pada 3.900 rpm.

Mobil series terbaru [Sumber Gambar]
Lalu ada BMW M135i-F21, kendaraan series dari pabrikan Jerman yang konon menjadi mobil paling dicari versi sekarang. Sebab, dengan dijejali mesin N55 (salah sat mesin standar BMW dengan performa tertinggi) 6 silinder segaris berkapasitas 3,0 liter, M135i menghasilkan lontaran tenaga yang tidak bisa dikatakan biasa.

BACA JUGA: Bikin Jantungan, Pajak Mobil “Wah” Ini Bisa Buat Sedekah Orang Sekampung

Kalau menilik kehebatannya tersebut, agaknya tidak salah meski tua dan tidak canggih BMW M1 menjadi roda empat yang punya harga mahal. Apalagi juga mempunyai sejarah bagus, tentunya sangat lazim kalau kendaraan bersejarah ini menyimpan angka-angka besar di dalamnya. Tapi, terlepas dari itu, apa yang dialami oleh BMW M1 adalah bukti kalau sejarah sebuah benda tidak main-main nilainya.