Sebagai wanita normal yang mengalami menstruasi setiap bulan, kamu tentu sangat akrab dengan berbagai mitos yang masih dipercaya hingga kini. Tak hanya di Indonesia saja loh, mitos-mitos ini berkembang di banyak negara. Di Nepal misalnya, perempuan yang sedang mengalami haid harus diasingkan karena dianggap akan membawa kesialan.

Di Indonesia memang tidak separah itu sih, mitos yang berkembang hanya sebatas tidak boleh melakukan kegiatan tertentu saja. Anehnya lagi, meski hanya sebatas mitos, para perempuan percaya akan hal tersebut. Apa saja sih? Yuk, kepoin terus ulasannya berikut ini.

Lemas yang sering dirasakan karena darah yang keluar selama haid

Pernah enggak sih saat sedang menstruasi, kamu merasa badan lebih lemas dari biasanya? Bawaannya ingin tiduran dan leyeh-leyeh terus, tak ingin melakukan aktivitas lain? Nah, banyak yang percaya bahwa rasa lemas tersebut datang karena banyaknya darah haid yang dikeluarkan. Faktanya, saat sedang haid, perempuan paling banyak mengeluarkan darah sebanyak satu cangkir.

Lemas saat haid [sumber gambar]

Jika memang merasa lebih lemas, mungkin tubuhmu kurang asupan gizi. Kamu bisa banget siasati anemia saat mens ini dengan konsumsi tablet penambah darah, Sangobion Femine contohnya. Dengan mengkonsumsi tablet ini, kamu akan lebih semangat dan tidak kekurangan darah saat menstruasi.

Pembalut bisa menyebabkan gatal dan kanker

Pembalut adalah problem yang dihadapi oleh para wanita yang sudah menstruasi sejak dulu. Ada banyak sekali orang yang takut memakai pembalut karena konon banyak yang bahannya berasal dari kertas daur ulang yang dicampur dengan zat pemutih. Sehingga, merk tertentu yang murah bisa menyebabkan gatal dan bisa saja kanker –kalau terus menerus dipakai. Bagaimana solusinya? Nah, sebagian orang kemudian nyaman memakai pembalut kain.

Avail dan menstrual cup [sumber gambar]

Akan tetapi, bagi mereka yang darahnya cukup ‘deras’, memakai pembalut kain bisa saja cepat tembus. Oleh karenanya, sekarang kamu bisa memilih memakai pembalut herbal Avail –yang aman dipakai dan enak baunya. Atau, jika mungkin kamu punya uang lebih, kamu bisa mencoba menstrual cup, Lunette atau Higea direkomendasikan. Memakai menstrual cup, selain aman dan terasa seperti tak pakai pembalut, kamu juga sudah membantu meminimalisir sampah plastik.

Rambut sering lepek karena perempuan haid tak boleh keramas

Mitos lain adalah, perempuan yang sedang haid tidak boleh sering keramas. Mengapa? Karena, ketika berada dalam masa haid, pori-pori kulit kepala akan membesar, sehingga bisa menyebabkan sakit kepala. Padahal, faktanya, sakit kepala yang sering datang itu merupakan efek dari PMS (premenstrual syndrome). Keramas justru bisa membuat kamu lebih merasa segar dan fresh.

Keramas saat menstruasi [sumber gambar]

Nah, kalau misal memang tetap tak mau keramas dan juga tak mau rambut menjadi lepek, kamu bisa menggunakan shampoo yang anti-lepek dan membuat rambut wangi tahan lama. Ada banyak kok merk yang bisa kamu pakai, dari Pantene, Makarizoo, atau bahkan Dove Volume Nourishment Shampoo.

Menstruasi yang telat tak melulu karena hamil dan tak sehat

Nah, masalah dari banyak wanita nih, sering telat datang bulan. Sehingga timbullah pikiran yang aneh dan merasa bahwa dirinya tidak sehat. Untuk mereka yang sudah menikah, menstruasi yang telat mungkin saja memang menandakan bahwa perempuan tersebut sedang hamil, namun kalau mereka yang belum berumah tangga?

Period Tracker [sumber gambar]

Jangan panik dulu ya, girls. Setiap orang itu punya siklus yang berbeda, dan kadang memang ada hanya ‘dapet’nya hanya satu kali dalam dua bulan. Untuk memantau siklus inilah kamu mungkin perlu aplikasi yang bisa ‘meramal’ kapan kamu seharusnya mengalami menstruasi. Ada banyak sekali kok yang bisa kamu install, ada Flo Period & Ovulation Tracker, Clue Period Tracker, hingga My Calendar – Period Tracker.

BACA JUGA: Dimasukkan Gubuk atau Hutan, Begini Potret Pengasingan Wanita Menstruasi di Nepal yang Miris

Jadi, jangan panik lagi ya saat kalian sedang menstruasi. Kamu bisa membaca panduan-panduan serta hal apa saja yang harus kamu lakukan saat sedang haid. Bacaan ini tersedia banyak benget kok di jejaring internet. Nah, untuk kamu yang mengalami haid tidak teratur, dan jarang sekali ‘dapet’, cobalah untuk periksa ke dokter dan jangan dibiarkan begitu saja. Menjadi perempuan itu adalah anugerah, pun haid bagi perempuan juga merupakan hal yang istimewa.