5 Mitos Tentang Cewek Sunda yang Masih Dipercayai Hingga Hari ini

oleh Rizal
07:00 AM on Dec 16, 2015

Siapa sih yang bisa menolak pesona seorang cewek Sunda? Tak hanya cantik dan juga punya fisik aduhai, mereka juga berperangai halus dengan tutur katanya yang lemah lembut, bikin hati seakan lumer ketika mendengarnya. Dengan kelebihan ini, praktis wanita Sunda masuk dalam daftar calon istri idaman pria di Indonesia. Kita bisa bilang wanita Sunda sangat diminati, namun ternyata ada satu suku yang justru menghindari wanita-wanita jelita tersebut. Ya, benar sekali, Jawa.

Sejak dulu sudah ada semacam hukum tidak tertulis yang berlaku di antara dua suku ini. Intinya memang tidak boleh ada pernikahan antara keduanya karena satu dan lain hal. Waktu berlalu, aturan ini sering dianggap mitos saja yang keberadaannya antara ada dan tiada. Beberapa orang masih memegang teguh hal tersebut, namun banyak pula yang menganggap jika aturan semacam ini cukup menggelikan.

Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

Nah, berikut adalah mitos-mitos yang beredar di masyarakat soal hubungan wanita Jawa dan Sunda.

1. Pria Jawa Jangan Pernah Menikah dengan Wanita Sunda

Seorang pria yang terlahir dengan darah Jawa bebas untuk memilih calon pendamping hidupnya. Namun, jangan pernah jatuh hati dengan wanita Sunda. Kira-kira begitu pengajaran yang diberikan oleh orangtua Jawa dulu. Bahkan jika masih keukeuh, maka ancaman pernikahan tanpa restu pun bakal diberikan sebagai ganjaran.

Menurut mitos pria Jawa jangan pernah menikahi wanita Sunda [Image Source]
Menurut mitos pria Jawa jangan pernah menikahi wanita Sunda [Image Source]
Begitu pula dengan wanita Sunda. Menurut cerita, sejak kecil mereka didoktrin untuk tidak memilih pria Jawa sebagai pasangan. Alasannya macam-macam, namun pada intinya hanya satu yakni kehancuran rumah tangga. Di era sekarang masih ada kah yang melakukan praktik ini? Mungkin masih ada, tapi mungkin banyak pula yang sudah tak menggubris lagi hal semacam ini.

2. Pasangan Sunda-Jawa Menikah Maka Pernikahannya Rusak

Konon banyak yang beranggapan jika benar-benar terjadi pernikahan antara pria Jawa dan wanita Sunda, maka pernikahan keduanya takkan pernah langgeng. Akan selalu muncul konflik-konflik sehingga bikin rumah tangga seperti di neraka. Untungnya, mitos ini tidak benar-benar terbukti. Banyak kok pasangan Jawa-Sunda yang masih adem ayem sampai tua.

Inilah yang akan terjadi jika memaksa untuk menikah [Image Source]
Inilah yang akan terjadi jika memaksa untuk menikah [Image Source]
Orang-orang dulu bilang faktor ketidakharmonisan pasangan ini lantaran keduanya beda kultur dan kebiasaannya. Pria Jawanya besar dengan ajaran di tempatnya dibesarkan begitu pula dengan sebaliknya. Gesekan kultur ini yang ditengarai sebagai pemicu retaknya hubungan rumah tangga. Tapi, bukankah memang sudah tugasnya cinta untuk mempersatukan segala perbedaan?

3. Anggapan Kalau Wanita Sunda Materialistis

Masih menurut mitos yang sama, konon alasan kenapa pria Jawa tak boleh menikahi wanita Sunda karena mereka materialistis. Hanya mau dengan pria kaya dengan tujuan untuk menguras habis hartanya. Atau kalau tidak terlalu kaya, si suami akan dipaksa untuk terus bekerja keras kemudian si istri yang menikmati hasilnya.

Mitos ini juga tentang wanita Sunda yang katanya materialistis [Image Source]
Mitos ini juga tentang wanita Sunda yang katanya materialistis [Image Source]
Ada anggapan juga kalau menikahi wanita Sunda jangan harap mereka mau dibawa ke Jawa. Yang ada justru pria Jawanya yang mau tak mau mengikuti kemauan si istri dan tak bisa kembali lagi ke tanah kelahiran. Sekali lagi, ini hanya mitos yang kebenarannya masih dipertanyakan.

4. Wanita Sunda Suka Sekali Berhias

Mitos yang beredar juga menyebut tentang kebiasaan wanita Sunda yang suka berhias. Lalu apa hubungannya dengan dilarangnya pernikahan Jawa dan Sunda? Ini sering dikaitkan dengan filosofi wanita Sunda yang tak mau diajak susah. Ya, mereka dianggap hanya jago bersolek saja namun tidak mau bekerja keras.

Wanita Sunda juga konon menurut mitos hanya memperhatikan penampilan saja [Image Source]
Wanita Sunda juga konon menurut mitos hanya memperhatikan penampilan saja [Image Source]
Sang suami pun harus bekerja keras untuk bisa mencukupi kebutuhan istri yang suka dandan. Memang cantik, namun kebiasaan wanita Sunda yang suka sekali berdandan, menurut mitos adalah alasan kenapa para pria Jawa harus menghindari mereka.

5. Perang Bubat Menjadi Awal Perseteruan ini

Banyak yang berkeyakinan jika mitos satu ini diurutkan ke atas, maka akan sampai kepada peristiwa pecahnya Perang Bubat. Perang ini adalah perseteruan antara Kerajaan Majapahit dan Padjajaran yang menurut beberapa versi terdapat intrik dan muslihat di dalamnya. Intinya, Padjajaran merasa dikhianati oleh Majapahit, hingga akhirnya kejadian ini membuat Padjajaran marah dan bersumpah keturunannya tidak akan pernah berhubungan dengan orang-orang Majapahit.

Perang Bubat konon jadi awal dari mitos ini [Image Source]
Perang Bubat konon jadi awal dari mitos ini [Image Source]
Kejadian ini kemudian dipercaya sebagai awal mitos larangan pernikahan Sunda Jawa tersebut. Sebagian percaya jika melanggar sumpah tersebut akan terkena bala atau sial. Namun yang lebih moderat menganggap ini hanya bagian sejarah saja.

Beginilah mitos tentang Sunda Jawa yang konon masih saja dipercaya di era kekinian seperti sekarang ini. Memang tiap-tiap orang berhak menentukan hidupnya sendiri, termasuk percaya dengan mitos semacam ini. Hanya saja, alangkah sayangnya jika gara-gara sesuatu yang seperti ini kesempatan untuk mendekati wanita Sunda yang jelita itu harus terpaksa dihilangkan.

Jodoh adalah ketentuan Tuhan, kalau Dia menakdirkan kita untuk menikah dengan orang Sunda lalu apakah harus ditentang? Tapi, lagi-lagi, hal semacam ini kembali lagi kepada masing-masing orang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA