Kembang kantil atau cempaka putih sering kita temukan saat pernikahan. Bunga yang berwarna putih ini biasanya dipakai untuk hiasan sanggul perempuan dan hiasan di keris yang dipegang oleh pengantin lelaki (jika memakai senjata keris).

Selain sebagai pelengkap pernikahan, di Bali bunga ini digunakan untuk berbagai upacara adat dan sering menghiasi area makam. Singkatnya, bunga kantil dianggap memiliki aura mistis tersendiri. Tapi apakah memang begitu, Sahabat? Yuk, temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Bunga yang disukai oleh makhluk halus

Tanaman kantil [Sumber gambar]
Bunga kantil biasanya bisa ditemukan di sekitar area pemakaman. Tak heran jika ia kerapkali diakaitkan dengan hal-hal mistis. Selain itu, kantil konon juga disebut sebagai rumah favorit makhluk halus, karena mereka menyukai aroma manis dan wangi dari bunga kantil. Yang sering disebut sering menghuni pohon kantil adalah kuntilanak. Jadi, kalau lewat tengah malam dan mencium aroma kantil, jangan buru-buru mencari sumber bau ya!

Memakan kantil bisa membuat awet muda

Ilustrasi Nyi Roro Kidul [Sumber gambar]
Sering kan mendengarkan ada orang yang suka memakan bunga-bunga sebagai syarat agar awet muda, seperti yang dilakukan oleh Nyi Roro Kidul. Hal ini ternyata memang bukan mitos belaka, salah satunya adalah bunga kantil. Melansir dari anehdidunia.com, menurut penelitian sains, orang yang rutin mengkonsumsi kantil akan sulit menua dan senantiasa terlihat lebih muda dari usianya. Bunga ini ternyata juga bisa menyembuhkan vertigo, keputihan, sinusitis, serta radang saluran pernapasan.

Bisa dijadikan sebagai media pelet

Bisa dijadikan media pelet [Sumber gambar]
Menurut cerita sebagian orang nama kantil sendiri berasal dari kata ‘kemantil-mantil’ yang artinya selalu terngiang-ngiang (teringat). Selain untuk syarat kecantikan, kantil juga digunakan sebagai media pelet. Wanita bisa menggunakan bunga ini untuk memikat hati orang yang ia cintai, sehingga orang tersebut akan selalu mengingatnya. Namun, untuk membuat pelet bekerja, seseorang haruslah melakukan beberapa ritual seperti puasa mutih, bersemedi, serta memakai mori (kain kafan). Susah juga kan?

Bunga penangkal sawan anak kecil

Anak kecil yang sawan [Sumber gambar]
Bagi kalian yang belum mengerti apa itu sawan, hal tersebut merupakan kejadian yang biasanya dialami oleh anak kecil. Mereka akan lebih rewel, menangis terus, serta panas suhu tubuhnya padahal tidak bermasalah secara medis. Nah, di Jawa, orang percaya bahwa anak kecil yang sawan tak lain karena diikuti atau digoda oleh makhluk halus. Oleh karenanya makhluk tersebut bisa diusir menggunakan bunga kantil. Sehingga sang makhluk akan lepas dan membuat anak kecil tenteram.

BACA JUGA: Sering Ditemukan di Pekuburan, Ternyata Ini Fakta Ilmiah Kamboja yang Menjadi Bunga Makam

Tetapi kembali lagi ke diri masing-masing ya Sobat. Namanya juga mitos, ada yang percaya ada juga yang tidak. Karena hal ini sudah dipercaya turun temurun dari zaman nenek moyang kita, maka ada banyak sekali yang menuturkan bahwa mereka memang pernah membuktikan kebenarannya. Kalau menurut pendapat kalian bagaimana nih?