in

Cara Merawat Kucing Anggora, Biar Semakin Sehat dan Menggemaskan!

cara merawat kucing anggora
Kucing anggora putih dan anak kucing anggora. [Sumber gambar]

Anggora atau dalam istilah asing Turkish Angora adalah ras kucing yang cukup diminati untuk dipelihara di Indonesia. Tampilan kucing angora memang menawan dan terlihat anggun, tentunya juga menggemaskan. Selain itu, cara merawat kucing anggora lumayan mudah daripada kucing ras lain seperti persia, siam, dan kucing bulu pendek.

Seperti kucing lainnya, kamu perlu melakukan grooming rutin pada anggora. Nggak lupa untuk memperhatikan asupan makanan bergizi agar anggora sehat. Boombastis akan membahas lebih lanjut tentang cara merawat kucing anggora agar makin sehat, lincah, dan menggemaskan.

Sejarah kucing anggora

Kucing anggora mata biru dan emas. Sumber gambar Wikimedia Commons Franzioseph
Kucing anggora mata biru dan emas. [Sumber gambar]

Sebelum beranjak ke cara merawat kucing anggora, kamu perlu tahu sekilas sejarah kucing ras satu ini. Anggora dipercaya sebagai kucing yang muncul secara alami, bukan sengaja dikembang biakkan manusia. Konon, kucing ini berasal dari Turki tepatnya Ankara pada abad ke-15. Dulu, nama Ankara adalah Angora. Mungkin dari situlah awal mula nama kucing anggora.

Ciri-ciri kucing anggora

Kucing anggora betina bulu putih coklat. Sumber gambar Wikimedia Commons Himbeerchen
Kucing anggora betina bulu putih coklat. [Sumber gambar]

Ciri khas kucing anggora di antaranya adalah bulunya selembut sutra, panjang, dan mengkilap. Warna bulu dominan putih dengan aksen lavender dan coklat. Keindahan anggora bisa dilihat pada warna matanya yang biru terang, biru gelap seperti permata safir, biru kehijauan, dan hijau emas. Bahkan ada yang dua lensa matanya berwarna beda.

Rata-rata berat kucing anggora antara 2 sampai 4 kilogram. Panjang kucing anggora antara 30 sampai 40 sentimeter. Masa hidup anggora bisa sampai 13 tahun bahkan lebih.

Cara grooming kucing anggora

Kucing anggora putih hitam. [Sumber gambar]
Kucing anggora putih hitam. [Sumber gambar]

Bulu

Kucing anggora punya bulu tunggal, maksudnya nggak berlapis. Jadi bulunya nggak gampang kusut atau ruwet. Makanya, cara grooming atau perawatan kucing anggora termasuk mudah. Kamu cukup menyisir bulu anggora seminggu sekali untuk menghilangkan debu. Mandikan seperlunya aja, kalau bulu kotor banget. Serunya, anggora suka air dan perenang alami. Nggak bakal kesusahan memandikannya.

cara merawat kucing anggora
Kucing anggora putih dan anak kucing anggora. [Sumber gambar 1 | Sumber gambar 2]

Gigi

Sama seperti manusia, gigi kucing anggora juga perlu dibersihkan. Menyikat gigi anggora memang bisa setiap hari tapi lebih baik lagi seminggu sekali. Tujuannya buat memberi perlindungan lebih pada gigi. Kalau nggak rutin dibersihkan, gigi anggora juga bisa sakit atau gangguan kesehatan lain.

Kucing anggora betina bulu putih coklat. Sumber gambar Wikimedia Commons TiffanyHaefliger
Kucing anggora betina bulu putih coklat. [Sumber gambar]

Telinga

Periksa sendiri telinga kucing anggora seminggu sekali. Cek apakah ada debu, serpihan, maupun tanda infeksi. Kalau kotor biasa, langsung bersihkan pakai kain lembut. Nggak usah dibersihkan sampai dalam, cukup bagian kelopak yang keliatan kotor.

Jangan bersihkan telinga kucing anggora pakai cotton bud soalnya bisa aja merusak jaringan telinga yang halus. Kalau bau telinga anggora aneh, segera periksakan ke dokter hewan. Karena bisa aja itu tanda infeksi telinga.

Mata

Kucing juga bisa belekan, kamu tinggal bersihkan mata kucing pakai kain bersih dan lembut. Pastikan buat memakai sisi kain berbeda untuk mengelap dua matanya. Supaya terhindar dari kemungkinan infeksi mata.

Kucing anggora betina bulu putih. Sumber gambar Wikimedia Commons Vinydeluz
Kucing anggora betina bulu putih. [Sumber gambar]

Olahraga

Anggora tergolong kucing lincah dan berenergi tinggi. Pastikan ia bergerak aktif secara rutin. Ajak ia olahraga selama 15 hingga 30 menit. Caranya ajak bermain misalnya menggunakan mainan kucing.

BACA JUGA: Mengenal Muezza, Si Kucing Kesayangan Rasulullah SAW yang Jarang Orang Ketahui

Setelah tahu cara merawat kucing anggora, kamu bisa mengadopsinya. Selain grooming, jaga juga kesehatan kucing anggora dengan memberikan makanan yang cukup. Jangan terlalu banyak agar nggak obesitas. Kamu udah siap memelihara kucing anggora?

Written by Galih Hayu

Sempat Dipakai India, Mengenal Ivermectin Obat yang Didistribusikan Buat Lawan COVID-19

10 Tulisan Iklan yang Viral di Medsos ini Mewakilkan Isi Hatimu yang Selama Ini Kamu Tahan