Ramadan tahun ini jelas berbeda dari biasanya. Tersebab, kita para umat muslim menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi covid-19. Meski berat, yang harus diingat adalah kita tidak sendiri menjalani cobaan ini. Jadikan momen di rumah saja sebagai perbaikan kualitas hubungan dengan keluarga di rumah. Sebagai pengingat saja, mungkin di ramadan sebelumnya kita lebih banyak menghabiskan waktu bukber dengan teman gaul ketimbang dengan ayah ibu di rumah.

Lupakan soal harapan bisa makan di restoran atau cafe. Toh, masih bisa menikmati makanan enak tiap hari dengan modal irit salah satunya dengan bahan-bahan daging ayam. Berikut adalah beberapa variasi menu serba ayam agar sahur dan bukamu selalu berselera.

Ayam geprek, menu simple ala warung lesehan

Menu ayam satu ini selalu jadi pujaan warga +62. Cita rasa daging ayam yang dipukul dengan ulekan di atas cobek memang memanjakan lidah. Nggak heran jika warung-warung lesehan di pinggir jalan selalu jadi lokasi padat pengunjung, sebelum adanya pandemi covid-19 pastinya.

Ayam geprek [sumber gambar]
Untuk mengobati rasa rindu nongkrong di warung lesehan, kalian bisa bikin sendiri ayam geprek di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga super sederhana, barangkali semua sudah tersedia di kulkas masing-masing. Tutorial bikinnya juga banyak tersedia di YouTube. Yang perlu diingat, saat momen puasa gini sebaiknya kalian mengurangi makanan yang terlalu pedes ya. Bisa diturunin level saat ngulek sambel.

Steak ayam, biar berasa di restoran

Salah satu menu restoran yang paling dirindukan adalah steak. Bahkan di Indonesia udah banyak banget food court yang khusus menjual menu satu ini. Jika kamu merupakan salah satu penggemar steak, nggak ada salahnya kalau bikin sendiri di rumah. Menu ini juga cocok buat makan sahur atau pun berbuka.

Chicken Steak kekinian [sumber gambar]
Karena harga daging sapi yang mahal, ada baiknya mengganti daging sapi dengan daging ayam yang jauh lebih murah. Asal dibumbui dengan komposisi yang tepat, rasa steak ayam nggak bakal kalah sama steak daging yang ada di restoran. Kuy, segera browsing resepnya di Google!

Sate Ayam, menu enak buat yang lagi gabut

Pernah nggak sih ngerasa bingung mau ngapain? Kalo dulu, jelas buka puasa kalian pasti ngabuburit sambil jalan-jalan nyari takjil. Kalau sekarang? Demi keamanan bersama, jadinya harus tetap di rumah saja. Daripada kalian pada gabut nungguin waktu buka yang terasa sangat lama, bisa banget nih coba bikin sate.

Sate ayam [sumber gambar]
Primadona kuliner Indonesia ini emang agak ribet bikinnya, karena harus melalui proses yang cukup panjang. Tapi situ juga letak serunya, kalian bisa ngisi waktu nunggu waktu buka puasa bareng keluarga dengan bakar-bakar sate. Sisa menu buka puasa juga bisa disimpan dalam kulkas dan tinggal dihangatkan saat sahur.

Bakso ayam kuah

Hampir semua orang Indonesia ngefans sama bakso, kamu juga mungkin? Daripada bingung masak apa buat buka puasa, kenapa nggak cobain aja bakso ayam kuah?

bakso ayam kuah [sumber gambar]
Kalau biasanya suka menikmati bakso warung atau abang-abang yang lewat, kali ini coba masak sendiri bakso home made yang terbuat dari daging ayam. Apalagi makanan berkuah hangat paling cocok dinikmati saat santap sahur mau pun berbuka.

BACA JUGA: Resep Ayam Goreng Kremes untuk Lebaran

Berdiam diri di rumah mungkin bikin puasa tahun ini terasa berbeda. Tapi jangan sampai kamu boring dan nggak menikmati  bulan penuh berkah ini. Semoga beberapa variasi menu serba ayam di atas bisa bantu menginspirasi.