in

Terlihat Sepele, Ternyata 5 Perbuatan Ini Dapat Mengurangi Pahala Saat Berpuasa

Di bulan yang suci ini, semua umat Islam berlomba-lomba berbuat kebaikan. Mulai dari hal kecil sampai yang besar. Misalnya saja berbagi makanan dengan tetangga ataupun sekedar berbicara tentang kebaikan-kebaikan yang dilakukan oleh orang lain. Namun, untuk hal membicarakan kebaikan orang lain, kalian harus hati-hati lho. Alasannya karena bisa saja kita tanpa sadar membicarakan keburukannya juga.

Mungkin sih kita merasa kalau hal itu tidak dilakukan dengan sengaja. Akan tetapi, siapa sangka kalau perbuatan tersebut ternyata bisa mengurangi pahala puasa. Pasti kalian tidak mau kan pahala puasa terkurangi hanya gara-gara hal sepele? Lalu, ada hal lain lagi yang ternyata bisa kurangi atau bahkan menghilangkan pahala puasa. Jadi, simak terus ulasan dari Boombastis.com berikut ini.

Berbicara kasar kepada orang lain

Di dalam kehidupan sehari-hari, kita memang tak pernah bisa lepas dari yang namanya berbicara. Ya karena itu adalah salah satu cara komunikasi kita kepada orang lain. Namun terkadang, kita tidak bisa menahan diri untuk berbicara kasar ketika sudah kesal dengan sesuatu.

Nah, jika kita melakukan hal tersebut di kala berpuasa, pahala kita bisa berkurang lho Saboom (Sahabat Boombastis). Jadi, sebisa mungkin harus menjaga lisan supaya tidak berbicara kasar di kala melakukan ibadah puasa. Cukup diam dan ucapkan istighfar supaya hati kalian menjadi tenang kembali.

Bertengkar dengan orang lain

Nah, hal yang satu ini biasanya tidak pernah kita sadari. Hal tersebut adalah bertengkar dengan orang lain. Mungkin kita tak bertatap muka secara langsung dengan orang yang dimaksud, namun itu ternyata bisa kurangi pahala puasa. Sebab, ibadah puasa bertujuan untuk membersihkan diri dari hal-hal yang negatif termasuk marah kepada orang lain.

Bertengkar dengan orang lain [Sumber Gambar]
Kalau kalian masih ada benci, dendam atau semacamnya di dalam hati, berarti kamu masih mengikuti nafsu setan. Sehingga bagi kalian yang masih ada rasa kesal terhadap orang lain, wajib untuk meminta maaf ya. Jangan tunggu orang tersebut minta maaf kepadamu duluan karena masalah tidak akan selesai jika tak ada yang mau mengalah. Seperti pepatah, jika ada masalah kepada orang lain potonglah persoalannya, bukan silaturahminya.

Iri melihat orang lain berbahagia

Iri memang tak bisa dihindarkan dari seseorang karena itu adalah sifat yang sudah tertanam di dalam diri. Akan tetapi, jika kita iri melihat kebahagiaan orang lain saat bulan puasa seperti ini, harus segera dihilangkan Saboom. Sifat tersebut ternyata bisa mengurangi pahala puasa karena itu termasuk salah satu dari penyakit hati.

Iri melihat kebahagiaan orang lain [Sumber Gambar]
Kalau iri tiba-tiba datang di dalam hati kita, wajib sekali untuk segera minta maaf kepada Allah dan segera menyebutkan istighfar. Untuk menghilangkan penyakit hati yang satu ini caranya adalah dengan memperbanyak bersyukur.

Tidur sampai waktu berbuka

Pasti kalian sudah tidak asing dengan kalimat “tidurnya orang puasa itu adalah ibadah”. Kalimat tersebut sampai saat ini memang jadi perbincangan karena katanya ada hadist yang menuliskan seperti itu. Padahal, dilansir dari eramuslim.com kalau hadist tersebut hanyalah isapan jempol belaka. Sehingga, bisa dikatakan kalau orang tidur ketika puasa tidak menambahkan pahala apapun.

Tidur sampai waktu berbuka [Sumber Gambar]
Lalu, kalau kalian tidur sampai waktu berbuka, pahala puasa akan semakin berkurang. Jadi, mulai sekarang jangan menghabiskan waktu puasa kalian hanya dengan tidur. Gunakanlah waktu sebaik mungkin dengan aktivitas yang bermanfaat, misalnya mengaji, olahraga ringan atau bisa juga mengikuti kegiatan sosial.

Lebih mengutamakan urusan duniawi

Di bulan puasa ini kita wajib sekali untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ya bagaimana tidak, hanya di bulan inilah pintu ampunan dibuka selebar-lebarnya. Kemudian, hal baik yang kita lakukan sekecil apapun akan berlipat-lipat ganda pahalanya. Akan tetapi tanpa disadari, kita sering kali mengutamakan urusan dunia daripada akhirat.

Mengutamakan urusan duniawi [Sumber Gambar]
Buktinya saja kita lebih memilih menyelesaikan pekerjaan daripada tepat waktu dalam urusan sholat. Hal tersebut bisa mengurangi pahala puasa kita lho Saboom. Usahakan tepat waktu dalam melaksanakan ibadah dan kesampingkan sedikit urusan duniawi.

Menjalankan puasa tidak hanya menahan lapar dan haus saja, tapi juga melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Maka dari itu, yuk jauhi perbuatan-perbuatan yang bisa mengurangi pahala puasa seperti di atas. Pasti tidak mau kan puasa kita sia-sia hanya karena hal sepele tersebut? Sehingga, selagi masih di Bulan Ramadan, jangan sia-siakan kesempatan emas untuk mengumpulkan pahala ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Di Tengah Hiruk Pikuk Stadion, Inilah 7 Potret Suporter yang Tidak Melupakan Sholat

Tak Melulu Ngebom dan Membunuh, Inilah 4 Jihad Terbaik yang Bisa Dilakukan di Zaman Modern