in

Menguak Fakta Kopi Sumatera yang Ternyata Paling Digemari Masyarakat di Seluruh Dunia

Hampir di seluruh dunia, ngopi adalah salah satu kebiasaan yang dekat dengan masyarakat. Mulai dari masyarakat biasa hingga konglomerat gemar mengonsumsi minuman satu ini.  Tak heran jika di setiap sudut-sudut negeri di mana pun kamu berada, pasti nggak bakal kesulitan mencari kedai kopi.

Nah, para pecinta kopi pasti tahu dong perusahaan kedai kopi terbesar di dunia yang memiliki jaringan global, Starbucks. Gerai ini menjual beragam jenis kopi yang berasal dari berbagai negara mulai dari Ethiopia, Kenya, Columbia, hingga Sumatra.  Dan siapa sangka, Starbucks mengklaim bahwa biji kopi yang paling banyak digemari adalah kopi Sumatera asal tanah air. Seperti apa sih kopi istimewa yang tumbuh di tanah air kita? Yuk simak beberapa faktanya.

Kopi Sumatera memiliki karakter rasa yang kuat dan seimbang

Ilustrasi biji kopi [sumber gambar]
Keunikan Kopi Sumatera adalah karakter rasanya yang kuat, yaitu lebih pahit tanpa rasa asam seperti kopi-kopi lainnya. Selain itu, Kopi Sumatera juga cocok dicampur dengan bahan lain seperti krim, gula, dan susu tanpa mengubah karakter rasa dan aromanya. Sebaliknya, kopi ini mampu berpadu dengan bahan-bahan tambahan dan menyajikan rasa khas yang semakin nikmat.

Kopi Sumatera tetap lezat meski dinikmati dalam kondisi dingin

Ilustrasi secangkir kopi [sumber gambar]
Kebanyakan kopi, akan mengalami penurunan rasa setelah dalam kondisi dingin. Namun tidak sama halnya dengan Kopi Sumatera yang memiliki konsistensi rasa yang baik meski dalam keadaan dingin. Hal ini disebabkan oleh faktor genetik dan teknik pengolahan yang berpengaruh besar pada tingginya kualitas kopi Sumatera ini.

Kopi Sumatera diolah dengan teknik khusus

Ilustrasi pengolahan kopi [sumber gambar]
Untuk mempertahankan karakter rasa, Kopi Sumatera diolah dengan teknik pengolahan tersendiri. Yaitu teknik semi wash yang dilakukan dengan aktivitas penggilingan dalam keadaan kadar air 30 persen. Tindakan ini membuat rasa kopi yang memiliki warna hitam kehijauan itu lebih kuat dan full bodied.

Beberapa hal yang mempengaruhi rasa Kopi Sumatera

Kopi Sumatera [sumber gambar]
Sejak masih berbentuk tanaman, Kopi Sumatera memang dirawat dengan baik dan hati-hati. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas mulai dari pemilihan varietas tanaman, tempat pohon kopi tumbuh, kesehatan tanaman, cara petik, serangan hama penyakit, cara pengolahan, roasting (sangrai), hingga brewing (cara seduh) semua diawasi dengan baik. Karena itulah tak heran jika rasa kopi menjadi lebih kaya dan kuat.

Kopi Sumatera mengalahkan kopi-kopi lain dari seluruh dunia

Anthony Cottan selaku Direktur Starbucks Indonesia menyatakan bahwa kopi Sumatera menduduki jajaran kopi terlaris pertama. Hal ini bukan hanya berlaku di Indonesia saja, tapi juga di Starbuck seluruh dunia. Kopi Sumatera dengan rasa kuatnya berhasil menyisihkan jenis kopi Amerika Latin yang ringan, dan kopi Afrika yang terlalu floral atau fruity.

Ilustrasi kopi [sumber gambar]
Keberhasilan ini membuat hubungan Starbucks dan para petani kopi di Sumatera semakin kuat. Perusahaan ini pun memiliki Starbucks Farmer Support Centre yang memfasilitasi petani kopi berbagai pelatihan dan pengetahuan terkait pengembangan kopi. Selain itu, Starbucks juga memberikan 10% penjualan yang disumbangkan untuk kesejahteraan warga di lingkungan perkebunan kopi di Sumatera.

Kekayaan sumber daya alam Indonesia memang beragam ya guys. Jika dikembangkan dengan baik, tentu akan memberikan keuntungan bagi masyarakat dan negara kita. Seperti Kopi Sumatera yang kini menjadi kopi favorit di dunia. Ngomong-ngomong, kamu sudah pernah coba belum kopi lezat ini?

Written by Aini Boom

Leave a Reply

7 Fakta Jungkook BTS, Member Termuda Boyband Korsel yang Siap Bikin Hati Wanita Deg-Deg Ser

7 Jajanan Jadul Berhadiah Ini Bakal Bikin Kamu Bersyukur Pernah Tumbuh Jadi Generasi 90-an