Sembelit merupakan hal yang selalu ada saat kita menjalankan ibadah puasa. Ya bagaimana lagi, kurangnya kita mengonsumsi cairan dan makanan berserat menyebabkan sulitnya buang air besar. Dari kejadian itulah, banyak orang yang aktivitasnya menjadi sedikit terganggu.

Eits, tapi sembelit ini sebenarnya bukan karena puasanya lho. Penyakit yang bikin perut begah ini bisa muncul karena pola makan kalian selama sahur dan berbuka tidak sehat. Kali ini Boombastis.com akan memberikan solusi untuk menghindari sembelit di kala kita sedang menjalankan ibadah puasa. Jadi, simak terus ulasan di bawah ini.

Menerapkan minum dengan formasi 2-4-2

Minum saat berbuka dan sahur [Sumber Gambar]
Saat menjalankan puasa, jangan pernah alasan deh untuk kurang minum air putih. Karena mengonsumsi air putih bisa dilakukan saat berbuka dan sahur. Bahkan, ada aturannya juga lho yaitu formasi 2-4-2. Jadi, minumlah dua gelas air putih saat berbuka. Lalu, empat gelas di malam hari setelah sholat tarawih. Selanjutnya, konsumsi dua gelas saat sahur. Nah, lakukan itu selama kalian menjalankan ibadah puasa. Dijamin deh, kegiatan buang air besar kalian akan lancar jaya seperti hari-hari biasanya.

Mengonsumsi makanan yang penuh dengan serat

Makan kurma saat berbuka [Sumber Gambar]
Faktor selanjutnya yang bisa membuat perut kita sembelit adalah kurangnya mengonsumsi makanan berserat. Jadi, ketika kita sahur dan berbuka wajib sekali untuk mengonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan atau sayur. Nah, yang paling ampuh sih biasanya adalah buah kurma. Lantaran buah yang berasal dari Arab tersebut mengandung banyak serat di dalamnya, sehingga aman jika masuk ke dalam pencernaan kita. Selain itu, kurma juga bisa membuat kalian kenyang lebih lama. Enggak ada ruginya deh kalau makan buah satu ini.

Hindari minum teh ataupun kopi

Jangan minum teh atau kopi [Sumber Gambar]
Teh dan kopi yang jadi minuman favorit bagi beberapa orang, ternyata harus disingkirkan dulu selama berpuasa. Lantaran kedua minuman berkafein tersebut memicu munculnya sembelit di perut. Kandungan kafein pada kopi memiliki sifat diuretik yang dapat menyerap cairan pada tubuh. Sedangkan teh yang mengandung zat tanin juga berpotensi membuat sembelit menjadi tambah parah. Jadi, selama puasa kalian harus menahan untuk tidak mengonsumsi kedua minuman berkafein tersebut ya.

Hindari juga mengonsumsi susu saat sahur

Jangan konsumsi susu [Sumber Gambar]
Mungkin banyak dari kalian yang pada saat sahur menyamakan makanannya seperti ketika sarapan. Salah satunya adalah minum susu. Minuman tersebut memang baik untuk kesehatan, namun tidak dianjurkan jika dikonsumsi ketika sahur. Karena susu bisa menghambat proses pencernaan kalian lho. Sehingga sembelit akan datang secara tiba-tiba di perut kalian. Ini juga berlaku dengan makanan dan minuman yang berasal dari susu seperti yoghurt atau keju.

Rajin olahraga supaya sembelit tidak datang menghampiri

Olahraga ringan saat puasa [Sumber Gambar]
Kalau sudah puasa, pasti kita malas untuk berolahraga. Bagaimana tidak, badan lemas dan bisa membuat haus itulah yang jadi penyebabnya. Namun ternyata kurang olahraga saat puasa bisa jadi pemicu munculnya sembelit. Hal tersebut bisa terjadi karena lemak dan kalori tidak terbakar. Jika dilansir dari Brunei Times, olahraga ringan sebelum berbuka bisa menghindari gas berlebih yang jadi faktor penyebab sembelit. Oleh karena itu, wajib deh untuk kalian berolahraga saat berpuasa. Tapi yang ringan-ringan saja ya seperti lompat tali, bersepeda atau sekedar jalan santai.

Dengan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, sembelit tidak akan berani datang ke tubuh kalian. Akan tetapi, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah menjaga pola makannya. Jika pola makan kita saat berbuka dan sahur sudah terjaga, maka dijamin deh penyakit apapun juga ogah singgah ke tubuh kita. Semoga artikel ini bermanfaat ya.