in

Cara Menghadapi Pasangan yang Kerap Berbicara Kasar Menurut Islam

Memiliki pasangan yang berperilaku sopan dan berkata lembut adalah impian banyak orang. Namun, terkadang kita dihadapkan oleh pasangan yang kasar dalam hal berperilaku maupun tutur kata. Sebagai manusia biasa, pasti ada rasa jengkel dan sakit hati saat mendengar kata-kata kasar tersebut.

Masalah kecil bisa berubah menjadi besar karena perkataan kasar dari pasangan. Lalu, bagaimana menghadapi situasi tersebut? Berikut cara menghadapi pasangan yang kerap berkata kasar menurut Islam.

Menasihati pasangan tanpa memukul

Komunikasi pasangan suami istri [sumber gambar]
Seorang sahabat pernah meminta saran Rasulullah SAW, bagaimana menghadapi istrinya yang berkata sangat kasar dan menyakitkan. Nabi menyuruh untuk menceraikan istrinya tersebut. Tapi sang sahabat mengatakan bahwa ia masih mencintai istrinya. Kemudian Nabi menyarankan untuk menasihati istrinya namun tidak boleh memukul.

Kekerasan bukanlah jalan keluar

KDRT [sumber gambar]
Dalam buku 60 Hadist Shahih, Faqihuddin Abdul Kodir menjelaskan Rasul tidak pernah menjadikan kekerasan sebagai solusi dari sebuah permasalahan. Rasul justru menganjurkan sang sahabat memberikan nasihat kepada istrinya. Nasihat itu diharapkan dapat meluluhkan hati sang istri sehingga menghilangkan tabiat buruknya. Namun, memberikan nasihat juga diperlukan kesabaran dan keikhlasan karena sangat jarang seseorang bisa berubah setelah sekali dinasihati.

Islam melarang suami membentak istri

Pasangan suami istri dalam Islam haruslah berkata dan bersikap yang baik. Bahkan Rasul melarang seorang suami membentak istrinya. Seorang istri memiliki peran yang besaar dalam keluarga. Ia mengandung, melahirkan, dan merawat anak.

Suami membentak istri [sumber gambar]
Selain itu, wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok sehingga tempat wanita dekat dengan hati yang harus selalu dicintai. Wanita bisa saja kuat melakukan pekerjaan rumah tangga, melayani suami, dan merawat anak, namun ia tak akan kuat jika dibentak oleh orang yang dicintai.

Perpisahan lebih baik dibanding kekerasan

Perceraian [sumber gambar]
Masih dalam buku yang sama, Faqihuddin Abdul Kodir menyebutkan jika memberi nasihat sudah tidak mempan. Dibandingkan melakukan kekerasan, pilihan terbaik adalah berpisah. Melakukan kekerasan adalah hal yang dilarang dalam Islam. Perbuatan tercela ini tidak sesuai dengan prinsip rumah tangga Islami yang seharusnya membawa keberkahan.

BACA JUGA: 5 Kisah Harmonis 1 Keluarga 3 Agama Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Memang Sangat Toleran

Rumah tangga yang ideal akan membawa kebahagiaan dan ketenangan bagi para penghuninya. Pasalnya, suami dan istri saling menghargai dan menghormati. Jika suami istri memahami dan menerapkan prinsip Islam dalam berumah tangga, seharusnya tidak ada lagi pasangan yang bersikap maupun berkata kasar.

Written by F A Agustina

Masjid Al-Fatah di Sragen yang telanjur dirobohkan. [Sumber Gambar]

Masjid di Sragen Telanjur Dirobohkan, Janji Donatur 1,3 Miliar Tertunda

Rahasia Gelap Pangeran Arab Saudi, Penjarakan Sang Ibu hingga Terlibat Rencana Pembunuhan