in

Jadi Tradisi di Indonesia, Inilah Akibat Jika Menggoyangkan Motor Ketika Isi Bensin

Bagi yang sering ke pom bensin, pasti sudah enggak asing dengan pemandangan unik satu ini. Adalah menggoyangkan motor saat mengisi bahan bakar. Hal ini dilakukan karena katanya supaya bensin bisa mengisi keseluruhan dari tanki motor. Entah pemikiran dari mana, tapi hampir seluruh pengendara bermotor pasti melakukan hal tersebut ketika mengisi bahan bakar.

Cukup unik memang, tapi hal ini masih dipercaya hingga sekarang. Padahal, kalau kita pikir-pikir lagi, hal tersebut sangat tidak berpengaruh. Alasannya ya karena jumlah bensin akan tetap sama meskipun motor digoyangkan sampai si pengendara berkeringat. Namun karena hal itu terlanjur tertancap di pikiran, jadi masih dilakukan sampai saat ini.

https://www.youtube.com/watch?v=ovVxphN31eY

Padahal, fenomena menggoyangkan motor ini memiliki dampak buruk. Menurut Sales Executive Retail Wilayah XII Pertamina, Wahyudi mengungkapkan kalau tindakan tersebut hanyalah sugesti semata. Justru menggoyangkan motor ketika mengisi bahan bakar dapat menyebabkan kebakaran lho. Itu terjadi karena ujung nosel besi dari alat pengisi bensin bergesekan dengan ujung tangki.

Lalu kebakaran tersebut juga dikarenakan adanya listrik statis. Jika ada dua titik yang berbeda muatan saling bertemu, maka terdapat loncatan listrik tak terlihat. Nah, ketika ada loncatan listrik, maka potensi terjadinya kebakaran akan semakin besar. Hanya karena tindakan kecil seperti itu bisa menimbulkan kebakaran.

Menyebabkan kebakaran [Sumber Gambar]
Kemudian, dampak selanjutnya kalau menggoyangkan motor saat mengisi bahan bakar adalah bisa mengakibatkan bensin berbuih. Mungkin kita menganggapnya biasa, tapi hal tersebut bisa membuat bensin lebih mudah untuk meluber keluar. Alhasil, bensin akan terbuang sia-sia, padahal kalian baru membelinya beberapa detik lalu.
Nah, sudah tahu kan kalau ternyata memggoyangkan motor saat mengisi bahan bakar itu tidak ada gunanya.

Malahan membuat beberapa risiko yang menyebalkan sekaligus bisa membahayakan diri sendiri. Pasti kalian tidak mau kan bensin terbuang sia-sia sekaligus kebakaran hanya gara-gara menggoyangkan motor secara tidak jelas? Jadi, mulai sekarang hentikanlah kebiasaan menggoyangkan motor ketika isi bensin. Beritahu juga keluargamu, kerabatmu dan yang lain supaya tidak melakukan tindakan mubadzir tersebut.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Ingin Indonesia Jauh Lebih Baik, 5 Sosok Ini Tinggalkan Dunia Keartisan dan Jadi Pejabat

6 Hal yang Boleh dan Terlarang Dilakukan Pilot Saat Mengudara, Salah Satunya Adalah Tidur