in

Mengenang Tragedi Sampit, Konflik Berdarah Paling Mencekam yang Pernah Terjadi di Tanah Kalimantan

5. Rumor Kesaktian Dayak yang Mistis

Ngeri memang membayangkan situasi Sampit kala itu, namun mungkin banyak juga yang merasa penasaran. Terutama akan rumor yang mengatakan jika magisnya orang-orang Dayak benar-benar terjadi sangat nyata kala itu.

Mandau terbang [Image Source]
Mandau terbang [Image Source]
Mulai dari mandau yang terbang sendiri dan mengincar kepala, sampai kemampuan mencium bau seseorang, menjadi sisi lain konflik yang juga cukup sering jadi topik pembicaraan tentang tragedi Sampit. Terlepas dari ini, apa pun yang terjadi saat itu, kita sangat berharap agar kejadian ini tidak terulang untuk kedua kalinya.

BACA JUGA: 5 Pasukan Asing yang Pernah Berhadapan dengan TNI

Konflik Sampit memang membawa luka lama, namun lewat kejadian ini kita bisa belajar. Konflik memang akan mudah terjadi apalagi pemicunya adalah hal sensitif. Namun di sini lah kedewasaan dan kematangan emosi diuji. Ingat, bangsa kita dikagumi karena dikenal sangat ramah. Jangan sampai hal ini hilang dan musnah. Mudah-mudahan pula tidak akan pernah ada etnis yang berkonfrontasi seperti ini. Kita adalah satu negara, maka bersatulah.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

fi

Nih, 4 Bukti Bahwa Sebenarnya Cinta itu Tidak Buta

6 Tingkah Istri Presiden yang Bikin Suaminya Malu Setengah Mati