Trypophobia, Kondisi Psikologi Misterius Saat Berhadapan dengan Lubang-Lubang Kecil

Berbeda dengan apa yang ada di internet, hasil penelitian masih belum bisa menjelaskan secara pasti tentang kondisi ini

oleh Aisyah Putri
08:00 AM on Aug 3, 2017

Akhir-akhir ini, di dunia maya tersebar secara viral foto objek-objek dengan banyak lubang. Foto tersebut disertai artikel atau caption tentang trypophobia yaitu ketakutan terhadap lubang-lubang kecil. Singkatnya, pembaca yang merasa ngeri atau jijik setelah melihat foto-foto tadi bisa jadi memiliki kondisi psikologi yang unik tadi.

Foto dan istilah trypophobia bukan hanya populer di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Semua orang ingin mengetahui apakah ia memiliki fobia tersebut atau tidak. Banyak yang mendiagnosa dirinya sendiri sebagai seseorang yang fobia pada lubang kecil, tapi mereka belum paham betul apa itu trypophobia. Sebelum menentukan apakah kamu memang memilikinya, yuk simak dulu penjelasan tentang fobia yang sedang populer ini.

Baca Juga
Pengendali Cuaca Hingga Waktu, Inilah 4 Kesaktian Kim Jong Un yang Dipercaya Warga Korut
5 Fakta Misterius Hutan Kalimantan yang Bikin Orang Tak Berani Menjelajah Meskipun Sangat Indah

Bukan sebuah penyakit

Benda berlubang bukanlah ancaman sehingga tidak ada penjelasan pasti mengapa mereka terlihat menakutkan bagi sebagian orang [Image Source]
Trypophobia memang bisa mengganggu kehidupan seseorang. Bayangkan saja kamu harus geli saat melihat busa di cangkir kopi atau merasa ingin muntah saat melihat lubang-lubang di bika ambon yang akan kamu makan. Meski keadaan ini bikin kamu nggak nyaman, namun secara medis, trypophobia belum digolongkan sebagai sebuah penyakit. Beberapa penelitian yang dilakukan belum bisa mengambil kesimpulan bahwa kondisi ini cukup serius untuk disebut sebagai sebuah penyakit.

Reaksi berbeda-beda

Lubang-lubang di kue serabi sudah cukup membuat seorang trypophobic gemetar [Image Source]
Lima belas persen dari populasi manusia memiliki trypophobia. Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap objek dengan lubang-lubang kecil. Ada yang menganggapinya biasa saja, ada yang merasa geli, ada yang gemetar, hingga sesak nafas. Seorang psikolog dari Universitas Essex menyebutkan bahwa reaksi-reaksi tersebut lebih cenderung kepada rasa jijik daripada takut sehingga belum pas jika disebut sebagai fobia.

Penyebabnya belum dapat dipastikan

Berbagai hipotesis dan asumsi dikeluarkan untuk mengira-ngira apa yang bisa menyebabkan trypophobia. Fobia yang sebenarnya biasanya disebabkan oleh kejadian masa lalu yang menakutkan. Namun trypophobia belum resmi disebut sebagai fobia sehingga penyebabnya bisa jadi tidak terkait dengan masa lalu.

Gurita cincin biru memiliki pola yang mirip dengan lubang-lubang kecil [Image Source]
Dalam sebuah penelitian, salah seorang informan yang memiliki trypophobia mengungkapkan ketakutannya pada gurita cincin biru. Peneliti kemudian menyimpulkan salah satu penyebab dari trypophobia bisa jadi diakibatkan oleh kemiripan sebuah objek berlubang-lubang dengan hewan berbisa. Seperti yang kita tahu, hewan-hewan berbahaya memiliki kulit dengan pola yang menarik. Insting kita bisa jadi memberi tahu bahwa segala sesuatu dengan pola yang menarik adalah benda berbahaya dan harus dihindari.

Tidak mudah dideteksi dari internet

Beberapa foto yang disebar untuk melihat apakah seseorang mengalami trypophobia biasanya berupa gambar kulit tangan yang berlubang. Padahal trypophobia tidak ada hubungannya dengan kulit tangan. Bukan hanya mereka yang memiliki trypophobia saja, tapi semua orang akan merasa jijik jika melihat kulit yang berlubang atau gambar sebuah objek yang dipenuhi jamur.

Trypophobic juga mengalami ketidaknyamanan saat melihat gelembung di cangkir kopi atau teh [Image Source]
Selain itu, foto yang diunggah di internet mengalami editing agar terlihat lebih kontras dan tajam sehingga lebih mudah memancing rasa takut dan jijik seseorang dibandingkan saat mereka melihat objek yang sebenarnya. Beberapa di antaranya bahkan hanyalah sebuah gambar rekayasa yang tidak akan kita temui di dunia nyata. Foto-foto tersebut tidak bisa mendeteksi apakah kita memiliki trypophobia atau tidak.

Tidak mudah dihilangkan

Asalkan telaten, berbagai permasalah psikologi bisa disembuhkan [Image Source]
Trypophobia tidak bisa dihilangkan begitu saja. Seperti fobia dan kondisi psikologi lainnya, seseorang harus mengikuti sesi terapi dan hipnotis untuk menghilangkan ketakutannya pada lubang-lubang kecil. Waktu yang dibutuhkan memang cukup lama, namun sangat efektif.

Meski sangat populer, namun secara ilmiah, trypophobia masih dianggap sebagai sebuah kondisi yang misterius. Penyebabnya belum diketahui secara pasti dan reaksinya cukup unik untuk disebut sebagai sebuah fobia. Satu hal yang pasti, kondisi ini bisa dihilangkan dari diri kita dengan bantuan psikolog sehingga kamu yang merasa memiliki trypophobia nggak perlu khawatir.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA