Mengemis Di Norwegia (akan) Dianggap Tindakan Kriminal

oleh venny
12:37 PM on Feb 7, 2015

Pemandangan pengemis yang meminta-minta di jalanan, emper toko, tempat umum di Negeri kita sangat umum. Meski pemerintah sudah menggalakkan sikap untuk tidak memberi mereka uang di jalanan khususnya bagi pengemis muda karena sikap itu dianggap tidak membantu mereka namun malah mendorong mereka untuk terus melakukan perbuatan mengemis tak juga membuat mereka meninggalkan “profesi” mereka di jalanan.

Tahukan anda bahwa di Negara Norwegia, pengemis akan dianggap perbuatan kriminal? Yak, kini Parlemen  Norwegia tengah mengusulkan undang-undang yang menuai pro dan kontra terkait penetapan mengemis di jalanan sebagai tindakan kriminal.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Di Norwegia mengemis akan dianggap tindakan kriminal
Di Norwegia mengemis akan dianggap tindakan kriminal

Pengemis yang meminta makanan ataupun perlindungan di Negara Norwegia akan dikenai tuntutan 6 bulan hingga satu tahun penjara, bahkan hukuman ini bisa menjadi lebih berat jika perbuatan mengemis dilakukan secara terorganisir, jika undang-undang ini jadi disahkan.

Tak hanya pengemis yang dihantui hukuman, orang yang membantu para pengemis, baik dengan memberi makan, uang atau perlindungan juga tak luput disasar hukuman.

Media Inggris, The Independent mengabarkan bahwa peraturan baru yang akan mulai diterapkan sebelum musim panas tahun 2015 ini telah membuat geger Pemerintah Kota Oslo. Mereka menilai keputusan parlemen terlalu tergesa-gesa untuk menetapkan peraturan yang berlaku secara nasional ini, karena waktu yang diberikan parlemen untuk  sosialisasi peraturan baru ini hanya sekitar 3 minggu, pada Februari 2015.

Namun Menteri Kehakiman Anders Anundsen mennyatakan dukungannya terhadap perberlakuan peraturan ini dan menganggapnya sebagai langkah yang perlu dilakukan untuk membasmi pelaku yang menjadikan kegiatan mengemis sebagai bisnis yang terorganisir.

“Kita harus memberikan polisi wewenang hukum untuk menindak orang-orang yang mengorganisir pengemis di jalan-jalan, bahkan sering kali dalam kelompok besar,” kata Anundsen, seperti dikutip dari The Independent, Jumat (6/2/2015)

Sebenarnya peraturan ini bukan hal baru, perdebatan mengenai pelarangan mengemis di Oslo ini sudah sejak tahun lalu dibahas di parlemen, karena jumlah pengemis di ibu kota Nprwegia ini terus meningkat. Bahkan ada beberapa daerah di Norwegia yang sudah menerapkan peraturan ini sejak 2014 lalu. Kali ini, Parlemen Norwegia akan menjadikan peraturan ini sebagai peraturan nasional. namun banyak sekali pihak yang memprotes kebijakan kontroversial ini. Bahkan ada yang menyebut pemerintah Norwegia tengah berusaha mengkriminalisasi kemiskinan.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA