Teka-Teki Menebak Warna Pil, Setelah Kontroversi Warna Gaun

oleh Centralismo
16:14 PM on Apr 8, 2015

Beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan sebuah gaun bergaris-garis yang berwarna ‘saru’. Sebagian menyebut gaun tersebut berwarna putih dengan garis-garis keemasan, dan sebagian lagi menyebut gaun tersebut berwarna biru bergaris hitam. Hingga saat ini netizen masih belum satu suara soal warna gaun mini tersebut.

Sebuah percobaanpun dilakukan oleh Michael Abrash, seorang ilmuwan yang bekerja di perusahaan yang masih berada di kepemilikan Facebook. Dalam sebuah konferensi yang diselenggarakan Facebook di San Fransico, Abrash menunjukkan kepada publik apa yang disebutkan sebagai ‘kenyataaan virtual’ alias ‘virtual reality’.

Baca Juga
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia
Dulu Dikenal Kanibal, Beginilah Nasib Sumanto yang Sempat Dikabarkan Jadi Penceramah Kondang

Michael Abrash (c)Youtube
Michael Abrash (c)Youtube

Abrash menjelaskan bahwa, “Meskipun dibuat dengan teknologi yang sangat terbatas, saya sangat mengagumi film Matrix yang mengajarkan kita soal apa itu virtual reality.” Menurut Abrash kita hanya mampu melihat dengan dua dari tiga sensor warna. Itu sebabnya kita tidak bisa melihat sinar inframerah atau ultraviolet dengan mata telanjang.

pil warna apa yang anda lihat
pil warna apa yang anda lihat

Jadi, ketika kita melihat gaun tersebut, otak kita berusaha menerjemahkan warna sesuai dengan pendapat kita dan hasil terjemahan masing-masing orang berbeda. Inilah yang dinamakan dengan perspektif. Sama halnya jika kita melihat seseorang yang langsing. Bagi sebagian orang dia terlihat terlalu kurus atau terlalu gemuk. Dalam kasus gambar pil di atas, sebenarnya tidak ada pil merah atau biru. Keduanya masih dalam kategori warna abu-abu.

warna latar mempengaruhi warna benda (C)Facebook
warna latar mempengaruhi warna benda (C)Facebook

Sekarang mari kita perhatikan gambar rubik dengan dua warna background berbeda. Anda bisa melihat bahwa di gambar berbackground kuning, tanda panah mengarah pada keping biru. Namun, ketika background diganti menjadi biru, keping tadi berubah menjadi warna kuning. Nah, jadi kini anda tidak perlu khawatir lagi soal warna gaun tersebut karena semuanya adalah soal perspektif (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA