Sebuah hasil penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine mengklaim bahwa vegetarian hidup lebih lama dibanding dengan non vegetarian. Ancaman penyakit ganas seperti kanker setidaknya berkurang.

Ini adalah topik perdebatan yang hangat dikalangan ilmmuan. Sebagian besar penelitian fokus pada tingkat penyakit yang diderita dua kelompok vegan dan non vegan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa banyak ilmuan percaya bahwa vegetarian hidup lebih lama daripada non-vegetarian.vegetarian

Berikut 7 manfaat menjadi vegetarian:

Artikel Lainnya
Lindswell Kwok Jadi Peraih Emas Kedua, 15 Netizen Twitter Ini Ndagel Tentang Dirinya
70 Tahun Berada dalam Konflik, Ini Momen Bersejarah Saat Korea Mengusung Bendera Persatuan

1. Tekanan darah rendah:

Diet Vegetarian memberikan manfaat penuh kepada tubuh dari khasiat sayuran baik hidangna yang sudah dimasak maupun mentah. Sebagian besar sayuran adalah tanpa lemak ekstra atau kolesterol. Dan, sayuran tidak menuntut terlalu banyak garam untuk membuatnya menjadi enak. Ini adalah salah satu alasan mengapa vegetarian bisa berumur hidup lebih lama dengan tekanan darah stabil dan terhindar dari komplikasi penyakit.

2. Jantung sehat:

Gaya hidup dan makanan dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda, manfaat menjadi vegetarian diperluas ke aspek ini. Vegetarian memiliki peluang yang relatif lebih rendah dari peningkatan kolesterol dan penyumbatan arteri.

Dengan demikian resiko untuk terkena serangan jantung sangat kecil. Jika Anda sudah vegetarian, maka tinggal membiasakan dengan gaya hidup sehat saja untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental:

Sayuran dan buah-buahan menyediakan banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan mental Anda dan stabilitas emosional. Penggunaan obat-obatan dalam proses pembesaran dan penggemukan sapi membuat perubahan hormon pada sapi dan itu berpengaruh pada kita jika mengonsumsi daging sapi yang demikian ini.

Jenis buah dan sayuran yang mengandung senyawa aktif yang dibutuhkan oleh syaraf untuk memperlancar jaringan syaraf berdampak baik bagi emosional, dengan demikian mental kita menjadi stabil.

4. Menurunkan Resiko Kanker:

Saat ini, penelitian terutama berfokus pada pencarian obat kanker dari sayuran dan buah-buahan. Vegetarian yang dianggap memiliki risiko lebih rendah terkena kanker bila dibandingkan dengan mereka yang mengambil makanan non-vegetarian setiap hari. Ini adalah salah satu alasan mengapa vegetarian hidup lebih lama.

Makanan dari daging sapi yang berpenyakit cenderung mempunyai resiko untuk menularkannya kepada manusia jika dimasak dengan kondisi yang kurang sempurna, apalagi jika dibakar maka matangnya sulit untuk merata. Sedangkan pada vegetarian tidak menularkan penyakit ke manusia melalui gen sayuran atau tumbuhan tersebut.

5. Terhindar dari Obesitas:

Obesitas bisa terjadi karena faktor gen,  tapi gen tidak melulu menjadi alasan obesitas karena kebiasaan makan yang salah dan terlalu over menjadi biang keladinya. Kaum vegetarian cukup beruntung! Vegetarian memiliki kesempatan yang lebih rendah untuk menjadi mengalami berat badan. Peningkatan kalori dalam makanan non-vegetarian menempatkan orang-orang yang mengkonsumsinya dalam kategori risiko yang tinggi untuk obesitas.

Jadi, masih ingin menurunkan berat badan? menjadi vegetarian adalah salah satu solusinya.

6. Keseimbangan Hormon:

Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa daging dan produk daging adalah salah satu alasan utama dari ketidakseimbangan hormon. Penyakit ovarium Polcystic yang merupakan salah satu di antara penyakit akibat ketidakseimbangan hormon adalah contohnya. Ini membuktikan manfaat vegetarian begitu banyak.

Datangnya penyakit memang tidak bisa diprediksi, namun demikian jika Anda seorang vegetarian setidaknya resiko penyakit bisa diminimalisir, dan umur bisa lebih panjang.

7. Penurunan Sindrom Metabolik:

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menunjukkan bahwa diet vegetarian dikaitkan dengan penurunan faktor risiko metabolik. Karena sindrom metabolik adalah penyebab utama dari banyak penyakit kronis, penurunan risiko sindrom metabolik pada vegetarian menambah penyebab mengapa vegetarian hidup lebih lama.

Kesimpulan

Begitu banyak bukti bahwa menjadi vegetarian sangat bermanfaat. Salah satu manfaatnya adalah merupakan idaman semua orang didunia ini yaitu berumur panjang. Dari ulasan diatas adalah merupakan salah sedikit dari aspek-aspek manfaatnya.

Umur ada ditangan tuhan, tapi setidaknya kita telah berusaha untuk membuat hidup lebih baik. Bukankah tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum tersebut tidak mau mengubah nasibnya sendiri! so, tunggu apalagi