Nilai mata uang satu negara bisa saja punya nilai lebih tinggi atau lebih rendah dari negara lain. Nilai tersebut dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran negara tersebut. Indonesia sendiri, biasanya berpatokan pada nilai US Dolar.

Untuk saat ini, nilai mata uang dolar sedang menguat terhadap rupiah. Satu dolar saja sudah setara dengan 14 ribu rupiah, padahal sebelumnya hanya menyentuh titik 10-12 ribu saja. Namun, ternyata rekor mata uang tertinggi dan bisa bikin kaya saat ditukar dengan rupiah bukanlah dolar Amerika loh. Apa saja, mari simak sampai selesai dalam uraian berikut!

Dinar Kuwait, 1 dinar senilai 47 ribu rupiah

Dinar Kuwait [Sumber gambar]
Di Indonesia, jika kamu seorang pekerja yang memiliki gaji 5 juta per bulan, maka kamu termasuk ke dalam kelompok ekonomi menengah. Dengan uang itu, cukup untuk membayar sekolah anak, membayar uang kontrakan, atau mungkin membayar cicilan motor. Tapi beda lagi halnya jika kamu hidup di Kuwait. Dengan gaji 5 juta dinar, kamu akan bisa membeli puluhan mobil Lamborghini, membangun istana, dan menjadi orang terkaya, fantastic bukan? Tingginya mata uang Kuwait ini karena pengaruh minyak yang hampir 94 persennya diekspor ke luar negeri.

Dinar Bahrain, 1 dinar senilai 38 ribu rupiah

Dinar Bahrain [Sumber gambar]
Selanjutnya adalah Dinar Bahrain, satu dinar ini bisa dihargai 38 ribu rupiah. Jika mau dibandingkan dengan Dolar Amerika masih tiga kali lipatnya bukan? Kuatnya Dinar Bahrain ini sama saja seperti Dinar Kuwait. Keduanya adalah negara yang berada di Timur Tengah dan mengandalkan minyak sebagai sumber daya pendapatan. Tentu saja kebutuhan akan Dinar semakin besar seiring dengan banyaknya permintaan minyak bumi.

Rial Oman, 1 rial senilai 37 ribu rupiah

Rial Oman [Sumber gambar]
Setelah Bahrain, Oman adalah negara timur tengah yang juga memiliki nilai tukar tinggi terhadap rupiah. Satu Rial Oman bisa setara 37 ribu rupiah. Seperti kedua negara sebelumnya, Oman juga mengandalkan minyak bumi sebagai sumber finansial mereka. Karena semakin banyak permintaan akan minyak, dengan sendirinya ia berpengaruh terhadap mata uang. Akibatnya, nilai rial menjadi meningkat.

Dinar Yordania, 1 dinar senilai 20 ribu rupiah

Dinar Yordania [Sumber gambar]
Lagi-lagi masih berada di negara Timur Tengah,yaitu Yordania. Negara bermata uang dinar ini bisa bernilai 20 ribu per 1 dinarnya. Berbeda dari ketiga negara sebelumnya, Yordania bukanlah negara yang berpatokan pada penghasilan minyak. Mahalnya nilai mata uang mereka tak lain karena ekonomi negara yang stabil. Faktor lain lagi, Yordania berpatokan pada Dolar, jika dolar menguat dan mahal, maka mata uang mereka juga akan menguat.

Pounsterling Inggris dan Gibraltar, 1 Pounsterling senilai 19 ribu rupiah

Mata uang Pound [Sumber gambar]
Poundsterling Inggris adalah mata uang terkuat kelima di dunia. 1 Pounsterling setara dengan 19 ribu rupiah, hal tersebut terjadi setelah Inggris memutuskan untuk berpisah dari Uni Eropa atau lebih dikenal dengan Brexit. Selain Inggris, Gibraltar adalah negara lain yang juga menggunakan Pound, 1 Pound ini juga senilai 19 ribu rupiah. Negara ini berada di wilayah seberang laut Britania yang dekat dengan Afrika, namun masuk dalam persemakmuran Inggris. Yah, wajah saja jika mata uang mereka punya nilai yang sama.

Nah, itulah 6 besar negara dengan nilai tukar paling tinggi dan lebih jika dibanding dengan US Dolar. Jika kamu kebetulan punya mata uang tersebut dalam jumlah banyak, maka bisa diinvestasikan agar nanti bisa ditukar dengan rupiah. Tetapi, untuk modal awal investasi memang tak mudah dan butuh dana yang juga tak sedikit.