Di Kolombia Orang Miskin Dapat Fasilitas Eskalator Gratis

oleh Alfry
08:42 AM on Mar 24, 2015

Mendengar nama Kolombia yang ada di benak para orang tidak jauh dari gembong narkoba. Memang tidak salah akan tetapi kini sedikit demi sedikit negara tersebut mulai berbenah dimulai dengan penegakan hukum serta pemolesan kota-kota kumuhnya menjadi kota yang cantik.

Lingkungan Comuna 13 contohnya, ini merupakan suatu kawasan pemukiman di pinggiran kota Medellin, kota terbesar kedua di Kolombia. Kawasan ini terkenal sebagai salah satu bagian kota yang termiskin ditambah angka kriminalitas yang tinggi.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

Comuna 13 via Dailymail
Comuna 13 via Dailymail

Selama rezim Pablo Escobar, seorang gembong obat bius Kolombia yang terkenal berkuasa banyak warga yang melarikan diri dari kota menuju perbukitan. Akhirnya terjadilah kelebihan populasi yang mengakibatkan makin kompleksnya masalah yang datang mulai dari kekurangan pasokan listrik, air, polisi, transportasi hingga menjadikan kualitas hidup mereka berada pada titik terendah.

Namun selama beberapa dekade terakhir, kota ini telah bertransformasi menjadi lebih baik. Mereka bekerja keras untuk memulihkan diri dari masa kekerasan dengan meningkatkan penegakan hukum dan membuat berbagai inovasi. Salah satunya dengan membangun eskalator raksasa yang bisa mengantarkan warganya menuju rumah-rumah mereka yang berada di perbukitan.

Eskalator di Comuna 13 via Dailymail
Eskalator di Comuna 13 via Dailymail

Comuna 13 sendiri merupakan kawasan yang ada di daerah perbukitan, selama ini warga yang hendak melakukan kegiatannya di luar rumah harus berjalan kaki melalui tangga yang jumlahnya sangat banyak atau setara dengan menaiki tangga gedung 28 lantai. Sehingga warga yang sudah tua tidak mampu lagi keluar rumah walau hanya sekedar mau jalan-jalan.

Kini warga tidak perlu bersusah payah naik turun tangga sebab kota telah menyediakan fasilitas eskalator untuk mereka. Fasilitas yang dibangun tahun 2011 ini memakan biaya sekitar USD 6,7 juta dan menjadikannya eskalator luar ruangan untuk publik pertama di dunia.

Foto via Dailymail
Foto via Dailymail

Tujuan dari pembangunan fasilitas ini tidak lain adalah untuk menanggulangi kemiskinan, mengurangi tingginya angka kriminalitas dan membantu para manula untuk kembali menjalani aktifitasnya sehingga kualitas hidup warga di Comuna 13 bisa terangkat kembali. Fasilitas ini secara gratis disediakan pemerintah.

Sayang beberapa pihak yang tak bertanggungjawab ada yang memalaki para pengguna dengan tarif tertentu. Kini pemerintah menempatkan petugas kepolisian di eskalator tersebut untuk memastikan para warga nyaman menggunakan fasilitas gratis tersebut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA