in

Hadirkan ‘Masjid Keliling’, Inilah Bukti Bahwa Jepang juga Ramah Terhadap Muslim

Masjid keliling [Sumber gambar]

Masjid adalah rumah ibadah yang memegang peran penting bagi kaum muslimin di seluruh dunia, tak terkecuali bagi negara yang minoritas islam. Nah, mengenai hal ini sepertinya Jepang memiliki terobosan baru terkait masjid keliling yang nantinya mempermudah umat islam untuk melaksanakan ibadah.

Masjid keliling ini sebenarnya juga bertepatan dengan agenda untuk menyambut pengunjung di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 mendatang.  Penyelenggara olimpiade mengatakan bahwa ruang salat Muslim akan tersedia di desa para atlet tetapi tidak di stadion atau tempat kompetisi lainnya, seperti dilansir dari republika.co.id.

Model Masjid keliling oleh Yasuharu Inoue [Sumber gambar]
Masjid keliling ini berbentuk sebuah truk besar berwarna putih dan biru yang berhenti di bagian luar stadion di Jepang. Bagian belakang truk seberat 25 ton tersebut dimodifikasi dengan menambahkan pintu masuk, kemudian dua sisi truk bisa meluncur ke samping dan melipatgandakan lebar truk. Keseluruhannya, luas ruangan mencapai 48 meter persegi.

Dari segi fasilitas, masjid truk ini sudah sangat mumpuni, dilengkapi dengan AC dan bisa menampung sekitar 50 jamaah. Nantinya juga akan dipasang kompas yang mengarah ke kiblat, sehingga tak perlu ribet menentukan arah kakbah. Untuk air, masjid ini juga sudah menyediakan keran sebagai tempat wudhu’nya.

Masjid keliling [Sumber gambar]
Masjid ini adalah sebuah terobosan untuk membantu mengatasi kekhawatiran para pengunjung dan atlet Muslim, yang harus salat lima kali sehari. Menurut CEO Yasu Project, tempat ibadah ini bisa berpindah ke lokasi olimpiade yang berbeda-beda, sehingga umat Muslim tidak kesulitan mencari tempat ibadah.

Diresmikan pada awal Juli lalu di Toyota Stadium, tempat perhelatan utama ajang sepak bola J-League di Toyota City, masjid truk mendapat respon baik dari berbagai kalangan. Salah satu tamu bernama Tatsuya Sakaguchi juga memberikan pernyataan bahwa semoga hal ini bisa membuka pikiran semua umat muslim seluruh dunia bahwa Jepang adalah negara yang ramah muslim meski bukan mayoritas, seperti terlansir dalam laporan tempo.co.

Peresmian di Toyota Stadium [Sumber gambar]
Ya, hal semacam ini tentu wajib kita apresiasi. Sebagai umat muslim tentu kita semua merasa bangga, masih banyak orang yang saling menghargai, memilih berbagai kemudahan terhadap umat muslim agar mereka tidak susah dan bingung ketika hendak beribadah. Semoga negara atau daerah lain, termasuk di Indonesia juga bisa mencontoh dari Jepang ini ya Sahabat Boombastis.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Tembus Miliaran! Begini Melimpahnya Bonus yang Diterima para Atlet Kita di Asian Games 2018

Bunyikan Klakson Jangan Asal Pencet, Ada Etikanya yang Wajib Kamu Ketahui