Mencapai usia hingga lebih dari 100 tahun tentu sangat jarang terjadi pada manusia. Hanya mereka yang beruntung bisa merasakan umur yang terbilang panjang tersebut. Hal inilah yang dialami oleh beberapa para sepuh di Indonesia. Umur mereka jauh di atas rata-rata harapan hidup orang kebanyakan.

Salah satu dari para sepuh tersebut yang sempat viral adalah Mbah Arjo Suwito yang berasal dari Dusun Sukomulyo, Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Rahasia hidup dirinya yang sangat sederhana, mengantarkannya menjadi manusia tertua di Indonesia. Tak hanya Mbah Arjo, beberapa sepuh di bawah ini juga berusia hingga 100 tahun.

Mbah Gotho yang sudah persiapkan nisan sejak 1992

Sodimedjo alias Mbah Gotho dikenal sebagai salah satu manusia tertua di Indonesia yang berusia hingga 146 tahun. Berdasarkan keterangan yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya, dirinya lahir di Klaten, Jawa Tengah, 31 Desember 1870 lampau. Meski berusia panjang, Mbah Gotho ternyata mempersiapkan nisan untuk kematiannya sejak 1992.

Bagi dirinya, kematian adalah sebuah hal yang dinantikannya. Hingga pada Minggu (30/4/2017, Mbah Gotho sempat dirawat beberapa kali di RSUD Sragen karena sakit akhirnya meninggal dunia. Berita tentang kematiannya bahkan diliput oleh media asing ternama seperti Channel News Asia, The Sun, BBC, The Guardian, dan The Independent.

Nenek Suparni yang masih kuat beraktivitas

Manusia tertua lainnya datang dari kalangan perempuan. Adalah nenek Suparni yang mengaku berusia 117 tahun. Dengan umurnya yang telah mencapai 100 tahun lebih, wanita asal Dusun Sadhang, Kelurahan Tanjungharjo, Kecamatan Naggulan, Kabupaten Kulon Progo, itu tetap giat bekerja mencari nafkah.

Nenek Suparni mengisi hari-harinya dengan berjualan anyaman tali tambang, membuat jamu dan wedang uwuh, serta gula merah. Semua hal itu ia lakukan guna mencukupi kebutuhan hidupnya. Nenek Suparni juga hobi minum wedang uwuh agar tak merasa linu dan nyeri sendi, juga tak gemar dengan makanan tertentu.

Rahasia umur panjang Nenek Anami

Selain Nenek Suparni, wanita tertua lainnya adalah Nenek Anami yang berusia 140 tahun. Warga Kampung Bungur Sarang, RT08/04, Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat itu diketahui pernah menikah sebanyak empat kali dan merasakan hidup di era penjajahan Belanda maupun Jepang.

Uniknya, sang nenek rupa-rupanya memiliki kebiasaan yang diyakini warga sekitar sebagai rahasia umur panjangnya, yakni rajin beribadah. “Aktivitas tiap hari biasa saja, pagi mandi salat dhuha, terus nge-wirid sampai jam 10 atau 11 siang, terus siang salat lagi, nge-wirid lagi, duduk di luar, makan.” ucap sang cucu Fikri Firmansyah yang berusia 30 tahun.

Mbah Arjo yang jadi manusia tertua di Indonesia

Di antara para sepuh di atas, Mbah Arjo bisa dibilang sebagai manusia tertua di Indonesia yang umurnya mencapai 193 tahun. Menurut catatan dari balai desa di tempat tinggalnya, pria yang tinggal di sebuah tempat yang dikenal dengan Candi Wringin Branjang, itu lahir pada 19 Januari 1825. Mbah Arjo bahkan disebut-sebut sering bertemu Bung Karno dan Supriadi, pahlawan Pembela Tanah Air (Peta).

Dengan rentang usia yang sedemikian panjangnya, Mbah Arjo telah melintasi beragam peristiwa yang terjadi di Indonesia. Mulai dari zaman penjajahan Belanda, Jepang, era revolusi, hingga kemerdekaan. Namun pada Selasa (21/5/2019), Mbah Arjo tutup usia setelah sebelumnya dirawat di rumah sakit.

BACA JUGA: Resep Panjang Umur Paling Aneh dari Mereka yang Berusia Lebih dari 100 Tahun

Kisah para sesepuh di atas memang cukup menarik. Terutama pencapaian mereka hingga mampu menggapai usia 1 abad. Meski beberapa telah meninggal dunia, keberadaan mereka telah menjadi bukti nyata bahwa Indonesia pernah memiliki para sepuh yang ditahbiskan sebagai manusia tertua.