5 Fakta Mengejutkan Dibalik Penjajahan Belanda yang Wajib Kamu Ketahui

oleh Anas Anas
07:00 AM on Jul 21, 2016

Indonesia tentu tidak akan lupa terhadap sejarah penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Belanda dan Jepang. Belanda dulunya datang ke Indonesia karena mencari rempah-rempah, sementara Jepang datang ke Indonesia karena berhasil mengalahkan sekutu dalam Perang Pasifik. Indonesia yang ketika itu masih merupakan jajahan Belanda secara otomatis berganti status menjadi jajahan Jepang. Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun, sementara Jepang menjajah sekitar 3,5 tahun.

Baca Juga :5 Alasan Kenapa Pasukan Dayak Sangat Ditakuti Oleh Serdadu Elit Belanda

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Nah, khusus untuk penjajahan Belanda, tahukah kamu sebenarnya kondisi internal Negara Belanda saat itu sedang dirundung banyak masalah? Namun, anehnya mereka tetap saja terlihat superior jika dibaca dari buku sejarah selama ini. Nah, untuk itu berikut kami ulas 6 fakta mengejutkan dibalik penjajahan Belanda yang wajib kamu ketahui.

1. Belanda Menjadi Negara Penjajah dan Dijajah di Saat yang Sama

Dahulunya, Belanda merupakan wilayah yang menjadi bagian dari penjajahan Bangsa Spanyol. Kemerdekaan mereka diawali oleh perang yang disebut sebagai Perang Delapan Puluh Tahun (1566-1648). Perang ini merupakan sebuah pemberontakan 17 provinsi di wilayah Belanda terhadap Raja Spanyol. Setelah sekian lama berperang, mereka kemudian memperoleh kemerdekaan tahun 1648.

penjajahan belanda
Perang delapan puluh tahun [Image Source]
Sejarah berlanjut ketika tahun 1795 Belanda menjadi satelit Negara Perancis Raya dan kemudian di tahun 1810 Perancis secara resmi menjajah Belanda dibawah kekuasaan Napoleon Boneparte. Artinya, Belanda yang ketika itu sedang menjajah Indonesia, ternyata di saat yang sama mereka juga menjadi jajahan negara lain. Peristiwa ini terjadi bertepatan dengan masa Gubernur Jendral Daendels yang bertugas di Indonesia. Pendudukan Perancis baru berakhir di tahun 1815.

2. Belanda Masih “Berperang” dengan Masalah Banjir Ketika Menjajah Indonesia

Salah satu hal yang menarik dari Belanda adalah wilayahnya yang berada di bawah permukaan air laut. Hal ini sejalan dengan nama resmi negara Belanda yang disebut sebagai Nederland yang secara harfiah berarti ‘tanah rendah’. Dalam Bahasa Belanda, ‘Neder’ artinya ‘rendah’, ‘Land’ berarti ‘tanah’. Kondisi unik ini memang sedari awal sudah disadari oleh para pendiri Negara Belanda. Oleh karena itu, mereka rela berjibaku membangun wilayah itu demi terbebas dari penjajahan Bangsa Spanyol.

banjir jaman belanda
Bendungan laut di Belanda [Image Source]
Kaitannya dengan Indonesia, meskipun Belanda tampak superior ketika menjajah Indonesia, ternyata di saat yang sama mereka harus berjibaku dengan berbagai banjir yang menimpa mereka. Rakyat Belanda harus berjuang keras untuk bertarung dengan lautan yang berada di atas mereka. Perlawanan itu baru usai setelah Indonesia merdeka, yakni ketika mereka mulai membangun bendungan raksasa di tahun 1958 dan baru selesei di tahun 1997.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA