Di era yang maju ini banyak orang saling berlomba-lomba membangun rumah yang luar biasa. Mulai dari yang tinggi menjulang hingga berteknologi tinggi. Semua dilakukan karena memang kadang rumah jadi cerminan dari sang pemiliknya sehingga dibuatkan yang terbaik.

Nah, di sisi lain dunia ternyata ada loh bukannya membangun rumah dengan gaya super modern atau megah luar biasa. Yang ada mereka malah membuat rumah yang berada di sebuah gua. Lalu kenapa para orang-orang ini melakukan itu? Simak ulasan berikut.

Penduduk gua yang sudah ada sejak zaman dulu

Entah sejak kapan, namun yang jelas mereka penduduk gua di Spanyol ternyata sudah ada di sana sebelum 1963. Hal itu karena pada tahun itu pemerintah melakukan penggusuran pada orang-orang gua ini agar tidak ditinggal di sana.

Manusia gua [sumber gambar]
Hal ini karena adanya hujan deras dan banjir yang membuat tanah longsor dan beberapa bencana di perkotaan. Namun siapa sangka kalau para penduduk ini entah bagaimana caranya bisa kembali ke sana untuk bermukim. Bahkan beberapa keluarga sukses meminta izin resmi untuk tinggal di gua sehingga banyak pula yang lain mengikuti hidup di sana.

Siapa sebenarnya para penduduk gua ini

Siapa sangka kalau sebenarnya sebagian besar dari penduduk yang memilih untuk hidup dalam gua itu kebanyakan adalah para imigran gelap dari Albacin. Pun demikian tidak semuanya imigran ada pula keluarga yang memang hidup di sana atau penjelajah yang ingin merasakan hidup di sana.

Banyak yang imigran [sumber gambar]
Oleh sebab itu jangan menganggap kalau kehidupan di gua sana sepenuhnya lekat dengan kemiskinan, melainkan banyak pula yang sebenarnya ekonominya berada. Seperti yang dilansir dari Vice. Enrique Carmona salah satu penduduk di sana yang ternyata punya bar mewah sendiri di dalam gua. Dan tentu bar itu pun dijadikan salah satu penarik turis agar datang ke sana.

Sempat dilanda isu yang tak biasa agar segera pindah

Akan tetapi, ternyata tak semua itu untuk para penduduk hidup di sana, pasalnya ada beberapa isu yang tidak benar yang sering dihembuskan. Salah satunya adanya berita kalau komunitas gua di sana hidup erat dengan kekerasan, penyalahgunaan narkoba  dan orang-orang yang mengalami penyakit kronis.

terancam gusur [sumber gambar]
Hal inilah yang seolah membuat para orang gua ini harus tertempel stigma negatif dari para penduduk kota. Tentunya para penduduk gua itu tidak akan tinggal diam dan akan terus meyakinkan kalau kabar yang banyak beredar itu tidak benar karena mereka sama-sama menjaga lingkungannya dari hal seperti itu.

Masalah lain adalah rawan penggusuran

Seperti yang diketahui sebelumnya ternyata tinggal di gua salah satu daerah di Spanyol ini sempat dilarang. Ya itu semua memang berdasarkan beberapa pertimbangan yang matang, namun tetap ada saja yang kembali ke sana. Hingga seperti sekarang banyak yang sudah hidup lumayan lama di sana.

Bagian dalam megah [sumber gambar]
Namun siapa sangka kalau tempat ini rawan mengalami penggusuran. Pasalnya hal ini berhubungan dengan rencana pemerintah untuk menjadikannya warisan budaya. Semisal yang terjadi pada tahun 2013 dimana penduduk di gua itu harus mengalami penggusuran tanpa adanya pemberitahuan. Dan hal ini tentunya bisa terjadi kapan saja.

BACA JUGA: Mbah Sakijem, Nenek yang Sudah 49 Tahun Memilih Hidup di Gua Laut Selatan Dibanding Rumah Sendiri

Masyarakat gua di Spanyol ini ternyata memiliki kehidupan yang lumayan layak namun memang beberapa masalah harus dihadapi. Salah satunya adalah masalah penggusuran yang memang selalu ada di setiap negara. Tentunya hal ini harus dipikirkan karena bagaimana pun mereka adalah penduduk bagian dari negara.