in

10 Manusia Cyborg yang Beneran Ada di Dunia Nyata

10. Hybrid Assistive Limb (HAL)

Jepang adalah juaranya dalam sebuah inovasi unik. Kali ini sebuah perusahaan bernama Cyberdyne bekerja sama dengan Tsukuba University membuat sebuah alat bernama HAL. Alat ini berupa eksoskeleton atau tulang luar yang mampu orang lumpuh mampu berdiri dan berjalan dengan baik. Alat ini menerima sensor dari kulit manusia dan langsung akan merespon dengan membuat manusia mampu berdiri.

Hybrid Assistive Limb  [image source]
Hybrid Assistive Limb [image source]
Alat yang masih dalam perkembangan ini dikenal mampu memberikan energi lebih pada manusia. Kita dapat mengangkat berat hingga lima kali berat yang mampu diangkat manusia normal. Bayangkan jika suatu saat alat ini diproduksi massal dan digunakan dalam sebuah militer. Bakalan tak terkalahkan tentara di negara Jepang.

Baca Juga : Robot Mirip Perempuan Asli, Cantik Atau Seram?

Itulah sepuluh manusia cyborg yang benar-benar ada dan nyata. Sebagian besar dari mereka merupakan korban kecelakaan hingga harus mengganti tubuhnya dengan bagian dari robot. Terlihat keren memang, namun jika bisa memilih mungkin mereka lebih menginginkan tubuh aslinya kembali. Karena tidak ada yang lebih menyenangkan memiliki tubuh yang utuh tanpa ada kurangnya sama sekali.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Tips Persiapan Mudik Lebaran 1

7 Langkah Persiapan Mudik Agar Hati Tenang Saat Meninggalkan Rumah

Tips Mudik Lebaran Menggunakan Kereta Api

6 Langkah Mudik Nyaman dengan Naik Kereta Api, Tuut..tuut…tuuuutt…