in

Bukan Hanya Buahnya, Daun Mangga Ternyata Bisa Dikonsumsi dan Banyak Khasiatnya

Siapa yang tidak tahu mangga? Buah berwarna kuning yang paling difavoritkan hampir semua orang. Alasannya ya karena rasanya sangat manis dan menyegarkan pula. Kemudian, pohonnya pun juga sangat mudah didapat di mana-mana.

Namun, selama ini kita cuma tahu kalau mangga hanya bisa dikonsumsi buahnya saja. Tapi ternyata, bagian lain dari buah mangga bisa dikonsumsi lho Sahabat Boombastis. Bagian yang dimaksud adalah daun dari pohon mangga. Bahkan, daun mangga ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika diolah lebih lanjut.

Daun mangga [Sumber Gambar]
Salah satu manfaat dari daun mangga ini adalah dapat menyembuhkan cegukan. Jika kalian sering mengalami cegukan, bisa pakai daun mangga ini untuk metode pengobatannya. Caranya adalah dengan bakar daun mangga tersebut dan kemudian hirup asapnya. Akan tetapi, menghirupnya jangan terlalu dalam karena bisa menyebabkan batuk berlebihan. Asap dari bakaran daun mangga ini dapat menyembuhkan cegukan lantaran bisa melegakan sistem pernapasan. Alhasil, cegukan akan hilang dengan sendirinya.

Bisa obati cegukan [Sumber Gambar]
Selanjutnya, daun mangga ini juga dapat berfungsi sebagai pencegah segala penyakit perut. Cocok banget nih untuk kalian yang mempunyai masalah pada perut. Contohnya seperti sakit lambung, buang air besar kurang lancar, kembung dan lain sebagainya. Kalau kalian tertarik menggunakan daun mangga untuk mencegah beragam penyakit perut, cara mengolahnya sangat mudah. Letakkan daun mangga dalam air hangat dan kemudian tutup wadahnya sampai esok hari. Jika sudah, minum ramuan tersebut saat perut belum terisi makanan atau minuman apapun. Niscaya, penyakit perut akan menghindari kalian secara perlahan-lahan.

Dapat mencegah penyakit perut [Sumber Gambar]
Manfaat selanjutnya yang bisa kalian dapatkan dari daun mangga ini adalah bisa mengobati sakit telinga. Biasanya, orang-orang ketika sakit telinga memutuskan untuk pergi ke dokter saja karena itu sangat mengganggu pendengaran. Tapi, dengan adanya daun mangga, kalian tak perlu lagi menghabiskan uang untuk ke dokter. Cukup rebus daun mangga dan lalu air sisanya gunakan sebagai obat tetes telinga.

Khasiat dari daun mangga di atas bisa sekali kalian praktekkan di rumah. Namun, sebelum menggunakannya untuk diolah, jangan lupa dicuci terlebih dahulu ya. Baru deh kalian bisa memakainya dengan bebas. Kalau kalian mengetahui fungsi lain dari daun mangga ini, bisa dibagikan di kolom komentar ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

4 Kisah Sedih di Balik Pilkada, Mulai Guru yang Dipecat hingga Meninggal Usai Nyoblos

4 Fakta di Balik Tenggelamnya KM Lestari Maju di Perairan Selayar Sulawesi Selatan