in

Tak Hanya Jadi Penghias, Bunga Sepatu Ternyata Punya Banyak Manfaat di Balik Keindahannya

Seperti yang kita tahu, bunga sepatu biasanya hanya untuk hiasan saja. Ya karena bunga sepatu memiliki warna yang indah dan bentuknya sangat cantik. Sehingga, tak jarang orang-orang menanam bunga satu ini untuk menghias pekarangannya agar tidak terlihat gersang.

Tapi di balik keindahannya tersebut ada hal yang tak pernah kita duga. Adalah bunga sepatu memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Jadi istilahnya tidak hanya fisik saja yang indah, namun ia juga bisa berfungsi untuk membantu manusia. Contoh manfaatnya seperti penjelasan di bawah ini.

Bunga sepatu punya banyak manfaat [Sumber Gambar]
Khasiat yang bisa kita dapatkan dari tumbuhan cantik ini yaitu sebagai penangkal radikal bebas. Dilansir dari manfaat.co.id, ini bisa terjadi karena pada bagian kelopak bunga sepatu yang berwarna merah tersebut mengandung senyawa polifenol dan itu dapat menghasilkan antioksidan tinggi. Nah, pastinya kita sangat membutuhkan manfaat ini dikarenakan seringnya berhadapan dengan sinar matahari dan polusi udara. Jadi, bagi kalian yang tertarik dengan bunga sepatu sebagai penangkal radikal bebas, bisa rebus kelopak tanaman tersebut. Kemudian minumlah air rebusan tersebut secara teratur setiap harinya.

Selain itu, dengan bunga sepatu kalian bisa menjaga kesehatan kulit lho. Sebab, minyak yang ada pada bunga sepatu dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, bunga sepatu juga mempunyai sifat anti inflamasi sehingga bisa mengatasi jerawat dan mencegah penuaan dini. Kalau kalian ingin menggunakannya untuk perawatan kulit, caranya cukup mudah kok. Ambil kelopak bunga sepatu kemudian remas sampai minyak keluar dari tumbuhan tersebut. Jika sudah, gosokkan di sekitar wajah dan leher lalu tunggu sampai minyaknya meresap ke dalam kulit. Kalau minyak sudah meresap, kalian bisa membilasnya dengan air.

Bisa bantu turunkan berat badan [Sumber Gambar]

Nah, bagi kalian yang sedang mengalami kesusahan untuk menurunkan berat badan, bisa lho menggunakan ramuan dari bunga sepatu ini. Tanaman satu ini bisa membantu menurunkan berat badan karena terdapat zat yang berserat tinggi di dalamnya. Oleh karena itu, hanya dengan merebus kelopak bunga sepatu dan tunggu hingga mendidih. Kemudian minum rebusan dari kelopak bunga sepatu tersebut setiap hari secara teratur.

Bunga sepatu yang kita kira hanya sebagai penghias saja ternyata bisa memiliki manfaat juga. Bahkan, khasiatnya tidak hanya untuk pengobatan saja tapi juga berfungsi sebagai perawatan kecantikan. Jadi, bagi kalian yang punya tanaman cantik ini di rumah, bisa dicoba membuat ramuannya. Selamat mencoba Sahabat Boombastis.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Anak Iis Dahlia Bikin Skandal, Netizen Hanya Bisa Geleng-geleng Kepala

Kisah Aldi Adilang, Nelayan Wori yang Hanyut dari Ternate Hingga Ditemukan di Jepang