Jamblang. Mungkin kalian yang generasi 90-an tahu dengan buah ini. Yap, biasanya orang-orang Jawa menyebutnya dengan juwet. Buah satu ini dulu sangat terkenal lantaran jamblang sering tumbuh di pekarangan rumah.

Namun sayangnya, saat ini buah dengan warna gelap tersebut sudah hilang bak ditelan bumi. Entah mengapa itu bisa terjadi, padahal jamblang memiliki banyak peminat di muka bumi. Selain karena rasanya yang asam, juwet banyak disukai lantaran banyak kandungan manfaat di dalamnya. Bagi yang belum tahu khasiat jamblang apa saja, yuk deh simak ulasan dari Boombastis.com berikut ini.

Sebagai penghalang penyakit kanker

Seperti yang kita tahu, kalau kanker merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Maka dari itu, semua orang takut dengan penyakit satu ini lantaran proses pengobatannya sangat panjang. Selain itu, kanker juga bisa menyerang siapa saja, meskipun orang yang tidak mempunyai keluarga dengan riwayat penyakit berbahaya tersebut.

Sebagai obat untuk anti kanker [Sumber Gambar]
Namun, kita tak perlu lagi khawatir dengan itu Sahabat Boombastis. Alasannya karena buah jamblang mempunyai fungsi untuk mencegah sel kanker tumbuh di tubuh kita. Itu disebabkan buah yang mirip anggur tersebut mempunyai kadar antioksidan tinggi. Nantinya, antioksidan akan bekerja mengikat sel radikal bebas yang merupakan pemicu dari munculnya sel kanker.

Dapat menjaga kesehatan jantung

Sama halnya dengan kanker, serangan jantung juga jadi penyebab kematian paling banyak di seluruh penjuru dunia. Ini karena serangan jantung selalu datang secara tiba-tiba dan jarang menunjukkan gejala. Penyakit satu ini dapat muncul karena gaya hidup yang kurang sehat. Misalnya adalah kurang olahraga dan sering mengonsumsi makanan cepat saji.

Menjaga kesehatan jantung [Sumber Gambar]
Akan tetapi dengan adanya buah jamblang, serangan jantung bisa dicegah. Kandungan unsur kalium yang tinggi di dalam buah jamblang menyebabkan jantung akan selalu sehat sentosa. Selain itu, kalium dalam buah mungil ini bisa juga mencegah risiko terjadinya penyakit stroke dan tekanan darah tinggi.

Bisa membantu kesehatan kulit

Kulit memang menjadi hal yang paling diperhatikan oleh setiap orang. Khususnya untuk para ladies. Ya bagaimana tidak, ketika bertemu dengan seseorang, pasti yang dilihat pertama adalah kulitnya. Jika kulit kering ataupun bersisik, rasa percaya diri pasti akan berkurang berpuluh-puluh persen.

Menjaga kesehatan kulit [Sumber Gambar]
Oleh karena itu, bagi yang masih punya pohon jamblang di pekarangan rumah atau di latar tempat tinggal tetangga, bisa tuh buahnya dipetik. Buah jamblang juga bisa menjaga kesehatan kulit karena kaya akan senyawa antioksidan dan vitamin C. Dari sana, buah berwarna gelap itu akan membantu pembentukan kolagen di dalam kulit. Sehingga, kulit akan menjadi tampak lebih awet muda.

Daya tahan tubuh akan lebih terjaga

Mungkin beberapa orang sering mengalami yang namanya tidak enak badan. Ini bukan hobi, tapi karena imunnya memang sangat lemah. Meskipun sudah mengonsumsi makanan sehat, terkadang virus bisa saja masuk ke dalam tubuh sehingga dapat membuat sakit.

Daya tahan tubuh terjaga [Sumber Gambar]
Nah, kalian yang sakit-sakitan, bisa mencoba buah jamblang ini. Zat kalsium, kalium dan vitamin C bisa membantu kalian untuk menjaga kekebalan tubuh. Dengan begitu, kalian tak perlu lagi mencari bagaimana cara mencegah virus yang bisa kapan saja menyerang. Eits, tapi kandungan-kandungan tersebut tidak hanya berfungsi untuk menjaga dahan tubuh lho. Zat-zat itu juga bisa menguatkan tulang.

Organ hati juga dapat terjaga kesehatannya

Hati pada tubuh merupakan organ yang paling sering terkena penyakit. Bagaimana tidak, organ yang berfungsi untuk menetralisir racun tersebut terkadang lelah karena si empunya terlalu sering mengonsumsi makanan tak sehat. Salah satunya adalah kopi instan yang bisa membuat hati lama-lama terkena kanker.

Tidak gmpang terserang penyakit hati [Sumber Gambar]
Tapi, buah jamblang ternyata bisa mencegah terjadinya penyakit pada hati lho Sahabat Boombastis. Buah ini mengandung antioksidan dan flavonoid yang berperan besar untuk pemurnian darah. Alhasil, dapat membantu menjaga fungsi hati. Namun, buah jamblang tidak bisa menjaga hati yang lelah ataupun gundah gara-gara ditinggal mantan ya.

Itu tadi adalah manfaat-manfaat dari buah jamblang. Ternyata meskipun kecil, buah tersebut bisa membantu menjaga kesehatan. Kalau kalian ingin mencoba khasiatnya, buah jamblang bisa diolah dengan beberapa cara. Misal dijus, dicampurkan dengan buah lain untuk dijadikan manisan atau juga dapat dimakan secara langsung. Selamat mencoba Sahabat Boombastis.