in

Meski Rasanya Maknyus, Ternyata Kopi Instan Punya 4 Bahaya Ini Bagi Kesehatan

Kopi yang jadi minuman favorit anak muda, kini mulai diperbarui supaya tidak membosankan. Salah satunya adalah dengan menjadikan kopi-kopi tersebut dalam bentuk instan. Sehingga para remaja kalau ingin ngopi enggak perlu repot, cukup seduh dengan air panas dan akhirnya minuman tersebut jadi dalam sekejap. Selain itu, rasanya yang bermacam-macam menjadi suatu hal menarik bagi remaja.

Namun, di balik praktis dan enaknya, kopi instan ini mempunyai banyak bahaya bagi kesehatan lho. Jadi untuk kalian yang sudah mulai kesengsem dengan kopi bentuk sachet ini harus lebih waspada lagi. Untuk contoh bahayanya, bisa kalian simak ulasan dari Boombastis.com berikut ini.

Bisa menjadi pemicu dari penyakit kanker

Jadi pemicu penyakit kanker [Sumber Gambar]
Mungkin kalian akan berkaget ria jika mengetahui kalau kopi instan bisa jadi penyebab kanker. Ya, meskipun hal ini masih menjadi polemik dari berbagai kalangan, tapi para peneliti juga tak menyanggah tentang hal tersebut. Alasannya karena ada beberapa bahan yang bisa menyebabkan kanker jika dicampurkan menjadi satu. Bahan tersebut adalah gula dan minyak nabati. Jika keduanya diekstraksi menggunakan bahan kimia secara bersamaan, penyakit mematikan tersebut kemungkinan besar akan muncul pada tubuh kita lho. Ihh.. ngeri banget kan.

Jadi penyebab timbulnya penyakit darah tinggi

Penyakit darah tinggi [Sumber Gambar]
Penyakit lainnya yang bisa ditimbulkan gara-gara mengonsumsi kopi instan adalah hipertensi atau darah tinggi. Ini disebabkan kandungan krimer pada kopi instan tidak bisa dicerna oleh tubuh dengan sempurna. Kemudian, risiko lainnya adalah bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Sehingga bisa dibayangkan kalau kopi instan ini dikonsumsi setiap hari, kalian yang masih muda bisa menderita penyakit darah tinggi. Bahkan penyakit ini bisa mematikan kapan saja jika tidak segera ditangani.

Memperbesar risiko munculnya penyakit jantung

Memperbesar risiko sakit jantung [Sumber Gambar]
Kalian pasti sering mendengar kalau minum kopi berlebih bisa membuat penyakit jantung. Hal itu memang benar adanya dan bukan isapan jempol belaka. Penyakit tersebut bisa timbul lantaran kandungan kafein di dalam kopi instan itu. Jika kopi diminum secara terus menerus, risiko untuk terkena penyakit jantung lebih besar. Biasanya penyakit ini ditandai dengan denyut jantung yang tak beraturan atau menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Nah, kalau sudah ada gejala seperti itu di tubuh kalian, lebih baik jangan diteruskan lagi minum kopi instannya.

Penyakit diabetes yang tidak bisa untuk dihindari

Meningkatkan risiko diabetes [Sumber Gambar]
Diabetes ternyata juga muncul jika terlalu sering mengonsumsi kopi instan ini lho. Penyakit tersebut dapat timbul karena adanya bahan pemanis buatan pada kopi sachet. Nah, apapun yang terbuat dari bahan pemanis buatan sangatlah tidak baik kalau dikonsumsi secara terus menerus. Bahkan, tidak hanya diabetes saja, tapi banyak penyakit lain yang akan menunggu kalian. Seperti kencing manis dan obesitas. Jadi apa kalian masih mau untuk mengonsumsi minuman kopi ini secara berlebihan?

Kopi instan yang rasanya enak dan praktis pembuatannya ternyata bisa mengundang berbagai penyakit di tubuh kita. Sehingga untuk kalian yang hobi sekali minum kopi sachet ini harus segera dikurangi ya. Paling tidak harus memperhatikan dosis minumnya seperti satu kali saja dalam sehari. Lalu harus mengimbangi juga dengan minum air putih supaya menetralisir kandungan racun dalam kopi.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Dikenal Jago Berbisnis, Inilah Sosok Gibran Rakabuming yang Suksesnya Melebihi Presiden RI

Mengenal Agama Maradona, Ketika Sang Tukang Sihir Lapangan Diagungkan Layaknya Tuhan