Situs Resmi Maskapai Penerbangan Malaysia Airlines Diretas

oleh Adys Disty
08:10 AM on Jan 29, 2015

Lizard Squad yang mengaku sebagai khalifah cyber resmi telah meretas situs resmi maskapai penerbangan Malaysia Airlines. Pada situs maskapai penerbangan tersebut, terlihat gambar kadal memakai topi dan jas tuxedo bertuliskan “404-Plane Not Found”.

Pesan 404 adalah kode respons standar yang akan ditampilkan saat sebuah situs tidak dapat dimuat. Meski situsnya telah diretas, pihak Malaysia Airlines memastikan data pemesanan penumpang tetap aman tidak terpengaruh karena tidak ada server yang dibobol oleh para peretas.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Situs Resmi Maskapai Penerbangan Malaysia Airlines Diretas
Situs Resmi Maskapai Penerbangan Malaysia Airlines Diretas

Pada awalnya muncul tulisan “ISIS akan menang” di halaman pencarian, tetapi kemudian tulisan tersebut sudah dihapus. Melalui akun Twitter, kelompok itu juga menyatakan bahwa mereka akan menyebarkan data dari Malaysia Airlines tanpa rincian informasi tentang data yang mereka dapatkan.

Pihak maskapai penerbangan juga menyatakan domain name system (DNS) situsnya telah dibajak dengan mengarahkan pengakses situs tersebut ke situs web yang sebelumnya telah dibuat oleh peretas. Maskapai ini mengatakan sistem yang diretas itu dapat dipulihkan dalam 22 jam.

Masih belum jelas alasan mengapa Malaysia Airlines menjadi sasaran serangan internet oleh kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS. Sebelumnya, kelompok peretas Lizard Squad ini pernah mengklaim pihaknya telah mengacaukan situs Sony dan Microsoft sehingga membuat pengguna tidak dapat mengakses Xbox Live dan Play Station pada Natal 2014 silam.

Seperti diketahui, dua bencana menimpa Malaysia Airlines seperti MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014 dan MH17 yang jatuh tertembak di kawasan Ukraina pada Juli 2014 lalu.
Pesawat MH370 menghilang dari pantauan radar dan diduga kuat jatuh di lokasi berjarak 1.800 kilometer dari pantai barat Australia. Sedangkan pesawat MH17 ditembak jatuh dari langit Ukraina.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA