Makna 17 Agustus Menurut Fatih Unru yang Akan Membuatmu Merenung

oleh Rizal
15:00 PM on Aug 15, 2015

Kamu yang berkutat di dunia stand up comedy atau setidaknya penikmat setia guyonan para komika, pasti tahu bocah bernama Fatih Unru. Yap, si anak umur 11 tahun ini adalah komik paling muda dan sudah punya jam terbang tinggi untuk anak seusianya. Punchline dan bitbit-nya sederhana, tapi tak semua orang memahami estetika bercandanya yang unik. Meskipun cuma bocah yang jago berkelit, kamu harus benar-benar cerdas untuk bisa memahami guyonannya.

Nah, berhubungan dengan Hari Kemerdekaan bangsa Indonesia, Fatih bakal membeberkan makna 17 Agustus versinya sendiri yang bisa dianggap mewakili anak-anak di negeri ini. Salah besar kalau kamu mengira ia bakal memberikan penjabaran yang biasa atau seperti yang sudah-sudah. Jadi, apa sih makna 17 Agustus bagi bocah ajaib ini? Temukan jawabannya video unik agak nylekit berikut.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Hari Ulang Tahun Tapi Tidak Ada Yang Mengucapkan Selamat

“Indonesia adalah hari keramat, hari lahirnya bangsa ini. Masa kalah sama ulang tahun anak kecil?” Ya, mungkin celotehan Fatih soal HUT RI ini memang ada benarnya. Mana pernah sih kita melakukan perayaan khusus untuk hari spesial itu? Berbeda banget kan ketika kita sendiri atau keluarga yang berulang tahun. Padahal kalau dipikir, kita bisa hidup nyaman menginjak tanah Indonesia karena bangsa ini sudah merdeka. Bangsa ini sudah lahir di 17 Agustus 1945.

Hari ulang tahun Indonesia tidak lebih meriah dari pada perayaan ulang tahun bocah [Image Source]
Hari ulang tahun Indonesia tidak lebih meriah dari pada perayaan ulang tahun bocah [Image Source]
Jadi, apa yang harus kita lakukan? “Tiup lilin kek, nyanyiin lagu ulang tahun kek, atau potong kue ulang tahun,” begitu menurut Fatih. Hari penting memang tidak seharusnya kalah dengan hari ulang tahun bocah, kan?

Kita Adalah Bangsa Yang Mudah Lupa

“Kalau nggak ada bambu runcing, mau pakai apa untuk mengusir penjajah? Emangnya kita bisa pakai gagang sapu?” Kalimat ini sederhana tapi memang mengena lho. Diakui atau tidak, bambu runcing adalah alat yang hebat dan sangat berjasa. Tapi, sekarang bagaimana nasib bambu-bambu yang berjasa itu. Kita menjadikannya alat pikul sampai tusuk sate.

"Masa mau mengusir penjajah pakai gagang sapu?" [Image Source]
“Masa mau mengusir penjajah pakai gagang sapu?” [Image Source]
“Kok bisa-bisanya kita melupakan jasa mereka? Harusnya kita menghormati seluruh pohon bambu,” ini adalah jawaban yang kamu cari jika pertanyaanmu adalah bagaimana seharusnya perlakuan kita terhadap para bambu-bambu berjasa ini. Bentuk penghormatannya Fatih menjelaskan dengan sangat gamblang. Permisi ketika lewat di rimbunan bambu, atau bisa juga hormat dulu kepada tusuk sate sebelum kita makan.

Menghormati Orangtua Para Pahlawan Juga Tak Kalah Penting

Sebelumnya mana pernah sih kita dengar wacana untuk memberikan penghormatan khusus terhadap orangtua para pahlawan? Tapi, ide unik ini mengalir begitu saja lewat ulasan Fatih yang tidak biasa tersebut. Memang benar lho, bagaimana mungkin kita merdeka jika mereka tidak melahirkan para pahlawan yang kemudian berjuang merebut tanah ini dari penjajah?

Kemerdekaan ini tidak akan pernah ada jika orangtua para pahlawan tidak pernah melahirkan mereka [Image Source]
Kemerdekaan ini tidak akan pernah ada jika orangtua para pahlawan tidak pernah melahirkan mereka [Image Source]
Harusnya kita juga patut memberikan penghormatan kepada mereka. Caranya? Sebut juga nama orangtua di belakang nama para pahlawan. Sayangnya sejak kecil kita tidak pernah disuruh untuk menyebutkan nama orangtua para pahlawan ini. Padahal sekali lagi keberadaan mereka sebenarnya bahkan lebih penting dari pahlawan itu sendiri.

Cukup menohok ya, namun harus diakui memang beginilah realita yang ada sekarang. Namun tidak ada kata terlambat untuk memulai perubahan ke arah yang baik. Mulai sekarang, biasakan untuk merayakan ulang tahun negara kita semeriah perayaan pribadi, hormati bambu-bambu dan jangan lupa selalu sematkan nama orangtua pahlawan ketika kita menyebutkannya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA