Kisah Inspiratif Elvis Presley, Sang Raja Rock & Roll

oleh Norman Duarte
22:00 PM on Aug 15, 2015

Untuk anak muda jaman sekarang, nama Elvis Presley mungkin tidak berarti apa-apa. Tetapi bagi orang tua atau kakek-nenek kita, nama Elvis adalah superstar terbesar yang pernah hidup di muka bumi.

Tampan, suara macho abis, dan baik hati. Kisah perjalanan hidupnya cukup memberi inspirasi bagi kita yang sedang berjuang menjalani hidup.

Baca Juga
Menelisik Perjalanan Karir Ayu Ting Ting VS Via Vallen, Duo Ratu Dangdut yang Bikin Sosmed Gempar
Lama Menghilang, Beginilah Kabar Mawar AFI yang Dulu Pernah Jadi Idola Semua Orang

1. Lahir dari Keluarga Miskin

Elvis lahir dari keluarga yang sangat miskin. Ayahnya yang bernama Vernon hanya bekerja serabutan, dan bahkan harus masuk penjara gara-gara kasus penipuan sebesar $4. Sebenarnya Elvis mempunyai saudara kembar, tetapi adik kembarnya ini meninggal saat mereka dilahirkan.

Lahir dari Keluarga Miskin
Lahir dari Keluarga Miskin [ImageSource]
Masa remaja Elvis diisi dengan bekerja berat di bengkel dan menjadi sopir truk. Sebagai anak satu-satunya, Elvis sangat dekat dengan ibunya yang bernama Gladys Love. Kasus penipuan yang dilakukan ayah Elvis, sempat membuat mereka kehilangan rumah dan harus numpang tinggal di rumah salah satu keluarga mereka. Saat hidup semakin berat, mereka akhirnya harus pindah dari daerah kelahiran Elvis di Tupelo, ke Memphis.

2. Jadi Bahan Ejekan di Sekolah

Sebagai anak yang pendiam dan pemalu, Elvis tidak memiliki teman di sekolah. Satu-satunya sahabatnya hanya sebuah gitar butut. Elvis belajar sendiri cara memainkan instrumen ini. Di sekolah, tak ada seorang wanita pun yang mau kepadanya. Bahkan cewek-cewek ini akan menangis malu jika ada orang yang berkata “Elvis suka kamu”.

Jadi Bahan Ejekan di Sekolah
Jadi Bahan Ejekan di Sekolah [ImageSource]
Saat sendirian, Elvis hanya bermain gitar untuk menghibur hatinya. Ia malu untuk bernyanyi. Di kelas, Elvis bahkan gagal dalam mata pelajaran musik. Semua orang termasuk gurunya menganggapnya sebagai anak yang tidak memiliki bakat musik. Ia bahkan ditolak saat mendaftar sebagai anggota paduan suara gereja.

3. Awal Karir

Suatu hari seseorang mendengar Elvis bernyanyi dan terkesima dengan suaranya yang gagah banget. Orang ini meminta Elvis untuk mengikuti kontes bakat yang biasa diadakan di kota Memphis. Mulai saat itu, namanya mulai dikenal kalangan musisi.

Elvis lalu diundang untuk bernyanyi di radio. Suaranya yang berat dan gaya bernyanyi yang bluesy membuat banyak para pemirsa mengiranya sebagai seorang kulit hitam. Hal ini menjadi permasalahan tersendiri, karena saat itu di Amerika ras kulit putih dan kulit hitam agak sedikit dibedakan. Radio kulit putih tidak lagi mau mengundang Elvis karena suaranya seperti orang kulit hitam. Sebaliknya, radio kulit hitam pun tidak mau mengundangnya karena Elvis adalah seorang kulit putih.

Pemuda ini tidak menyerah. Ia menabung agar bisa rekaman di studio. Awalnya ia ingin merekam sebuah lagu sebagai hadiah untuk ibunya yang sangat dekat dengannya. Saat Elvis rekaman di studio, pemilik studio mendengar suaranya dan terkagum-kagum pada suaranya yang dahsyat.

Pemilik studio kemudian mengontraknya untuk membuat album. Dengan album inilah nama Elvis mulai dikenal. Ia mulai sering diajak manggung di mana-mana dengan band penggiringnya sendiri. Namanya menanjak, dan perusahaan rekaman besar mulai meliriknya. Elvis kemudian dikontrak oleh sebuah label rekaman yang terkenal.

4. Menaklukkan Dunia

Lagu-lagunya sering diputar di radio dan Elvis mendapat banyak tawaran manggung. Gayanya yang khas di atas panggung, membuat gadis-gadis mulai tertarik padanya. Gaya joget Elvis yang khas ini mulai ditiru banyak orang di kotanya. Kota-kota lain pun mulai mengundang Elvis untuk tampil.

Saking terkenalnya di panggung-panggung, Elvis akhirnya diundang tampil di TV nasional. Penampilannya ini membuat dunia terpukau. Gaya jogetnya digemari anak muda, tetapi orang tua menganggap gayanya ini terlalu sensual. Kontroversi ini malah membuat nama Elvis jadi lebih terkenal.

Penampilannya di panggung kini lebih ramai lagi. Ribuan gadis akan berteriak histeris memanggil namanya saat ia bernyanyi. Elvis yang dulu dianggap buruk rupa, telah berubah menjadi seorang lelaki muda tampan yang diidolai semua wanita!

Tawaran bermain filmpun berdatangan pula. Dan semua film yang dibintangi Elvis laris manis!

5. Tetap Low Profile

Di puncak ketenarannya, Elvis harus tunduk pada pemerintah. Ia harus masuk wajib militer yang saat itu memang diwajibkan oleh pemuda seusianya. Ia dengan rela meninggalkan karirnya yang sedang berada di titik tertinggi dan bergabung dengan tentara dengan pangkat terendah.

Elvis lalu ditugaskan di beberapa tempat. Di setiap tempat itu, Elvis juga kadang tampil untuk menghibur teman-teman tentaranya dengan gratis. Saat ia ditugaskan di Jerman, Elvis bertemu dengan Priscilia Presley yang kemudian bakal menjadi istrinya. Priscilia adalah putri dari seorang kapten tentara yang kebetulan bertugas di Jerman pula.

Saat Elvis sedang betugas, ibunya sakit dan sekarat. Elvis meminta ijin untuk pulang ke Amerika untuk menemani ibunya yang sakit, sang ibu yang sangat dicintainya itu menghembuskan nafas yang terakhir. Dan Elvis akhirnya memboyong ayahnya untuk tinggal bersamanya di Jerman.

Ketika tugas militer selesai, Elvis pulang ke Amerika dan kembali pada karir menyanyinya. Meskipun ia meninggalkan dunia musik selama beberapa tahun,para penggemar masih tetap menunggunya. Karir Elvis semakin boombastis lagi. Konser-konsernya selalu sold out.

Satu yang tidak bisa hilang dari Elvis adalah sikap sederhananya. Ia juga seorang yang relijius. Tidak pernah menggunakan kata-kata kotor, juga sangat humoris dan rendah hati. Sebagai seorang superstar, tentu saja banyak cewek yang ingin kencan dengannya. Elvis tidak pernah mempergunakan kesempatan ini untuk meniduri gadis-gadis ini.

Banyak cerita yang mengatakan bahwa Elvis sering mengundang mereka masuk ke kamar hotelnya setelah selesai konser. Tetapi Elvis tidak pernah mengencani mereka. Ia malah bersikap sopan pada gadis-gadis ini. Menyanyikan mereka lagu yang romantis, mengajak mereka makan malam di restoran terkenal. Bahkan mengantar mereka pulang dan bertemu orang tua mereka dan bercakap-cakap dengan sopan.

Sebagai orang kaya, ia pun sangat rendah hati. Ia sering memberikan hadiah-hadiah mewah pada beberapa orang sahabatnya saat ia miskin dulu. Ia juga sering memberikan uang kepada orang-orang asing yang tidak dikenalnya. Ada cerita yang mengisahkan Elvis memberikan sebuah mobil mewah yang sedang dikendarainya kepada seorang tukang cat pagarnya. Dan Elvis harus pulang dengan naik taksi.

Begitu terkenalnya Elvis sampai-sampai para presiden dan raja-raja pun ingin kenal dengannya. Sering sekali Elvis diundang ke istana mereka untuk menyanyi atau sekedar makan malam. Dengan segala kemewahan ini, Elvis tetap tidak kehilangan sikap rendah hatinya, bahasa sopannya, dan senyumnya yang khas kepada semua orang.

6. Kehidupan Rumah Tangga yang Menyedihkan

Elvis kemudian menikahi Priscilia. Pernikahan ini sangat mesra pada awalnya dan menghasilkan seorang bayi cantik bernama Lisa Marie Presley (mantan istri mendiang Michael Jackson), tetapi karena jadwal manggungnya yang gila-gilaan, hubungan Elvis dan istrinya mulai renggang. Elvis kemudian selingkuh dengan seorang wanita, dan Priscilla pun selingkuh dengan pelatih karatenya.

Kehidupan Rumah Tangga yang Menyedihkan
Kehidupan Rumah Tangga yang Menyedihkan [ImageSource]
Keadaan ini menjadi begitu menyedihkan sehingga Elvis harus menceraikan Priscillia. Perceraian ini cukup menghancurkannya. Karena sejak itu, Elvis mulai mengkonsumsi obat penenang yang membuatnya ketagihan.

7. Akhir Karir Sang Raja Rock n Roll

Begitu Elvis ketagihan obat-obatan, penampilannya pun menurun dengan drastis. Ia menjadi bertambah gemuk. Bicaranya pun sering ngelantur. Terkadang ia tertidur seharian penuh dan harus dipaksa bangun agar bisa tampil.

Saat tampil Elvis tidak kehilangan kharismanya meskipun badannya sangat gemuk dan harus berusaha keras menyelesaikan konsernya. Gayanya yang ceria yang suka bercanda di atas panggung pun tidak hilang. Hanya saja ketika selesai, Elvis akan tidur berjam-jam sampai seluruh orang khawatir ia mungkin meninggal. Elvis pun sering sekali mengalami koma karena kombinasi obat penenang dan paksaan yang ia lakukan pada dirinya sendiri agar bisa tampil konser.

Keinginannya untuk tetap manggung ini membuat Elvis terkadang sering ngelantur di panggung, kadang lupa lirik, dan kadang terlihat seperti melamun dan hampa jiwanya. Tetapi konsernya tetap saja dipenuhi penonton yang mengagumi kharisma dan suaranya.

Ketakutan orang-orang terdekatnya pun terjadi pada tanggal 16 Agustus 1977 saat seorang sahabat ingin membangunkan Elvis untuk siap-siap tampil manggung. Sang sahabat ini menemukan Elvis di lantai kamar mandi. Segala upaya medis dilakukan, tetapi Elvis sudah tak tertolong lagi.

Kematiannya kemudian diumumkan oleh presiden Amerika saat itu, Jimmy Carter. Dunia kehilangan seorang idola tampan yang rendah hati.

Perjalanan kehidupan Elvis memberi pelajaran pada kita untuk tetap sabar dan gigih dalam berusaha meskipun orang lain nyinyir dan menertawai kita. Tetap rendah hati dan tetap setia kepada pasangan. Sedikit kesalahan akan menghancurkan karir dan segala usaha yang telah kita bangun dengan susah payah.

Saat ini Elvis adalah salah satu artis yang telah meninggal namun memiliki pendapatan terbesar. Rumah peristirahatannya yang disebut Graceland, sampai sekarang masih dikunjungi jutaan orang. Bahkan perdana menteri dan presiden negara lain pun datang ke sana untuk sekedar mengenang dan menghormatinya. Banyak orang pun masih ada yang percaya bahwa Elvis tidak meninggal dan hanya bersembunyi dan hidup dengan tenang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA