Menjalankan kegiatan seperti puasa di bulan suci Ramadan tak hanya bernilai dari aspek religius semata. Menahan lapar dan haus selama sehari penuh, juga menjadi sarana detoksifikasi bagi tubuh untuk mengeluarkan racun. Menurut penelitian University of Southern California menunjukkan, puasa juga dapat memperkuat imunitas tubuh.

Imunitas ini diartikan sebagai kuatnya tubuh yang mampu menangkal berbagai virus penyakit. Namun, alangkah baiknya jika proses alamiah tersebut juga diimbangi dengan mengkonsumsi makan-makanan bergizi yang juga mampu menjaga tubuh agar ‘kebal’ terhadap virus saat berpuasa. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

Makanan dan minuman yang mengandung jahe

Ilustrasi minumah berbahan dasar jahe [sumber gambar]
Senyawa bioaktif gingerol yang terdapat pada jahe memiliki manfaat yang besar pada tubuh. Menurut Ahli kuliner Sisca Soewitomo yang dikutip dari CNN Indonesia (03/03/2020), kandungan gingerol ternyata bisa mencegah sel kanker agar tidak berkembang. Tak hanya itu, gingerol juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat untuk melindungi tubuh.

Sayuran seperti brokoli yang disajikan sebagai menu makan

Ilustrasi sayuran brokoli [sumber gambar]
Siapa sangka jika sayuran seperti brokoli ternyata bisa mencegah tubuh agar tidak rentan terserang virus. Hal ini terletak dari kandungan vitamin A, C, dan E, serta banyak antioksidan dan serat lainnya yang ada pada brokoli, seperti yang dilansir dari Healthline (16/01/2019). Agar menambah nafsu makan, brokoli bisa disajikan dengan inovasi menu agar tidak membosankan.

Buah jeruk yang bisa dimakan langsung maupun diperas airnya

Ilustrasi minuman dan buah jeruk [sumber gambar]
Beruntunglah jika Anda suka makan jeruk, baik secara utuh maupun diperas untuk diambil airnya saja. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Tim Peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM), senyawa flavonoid pada jeruk yang kaya seperti hesperetin, tangeretin, naringenin dan nobiletin, bahkan mampu menjadi bahan alami untuk mencegah virus. Terutama COVID-19 yang kini menjadi pandemi global di dunia dan Indonesia.

Mengkonsumsi jenis ikan-ikan tertentu

Ilustrasi daging ikan salmon [sumber gambar]
Beberapa waktu lalu, Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan bahwa mengkonsumsi ikan mampu meningkatkan imunitas tubuh guna menangkal virus. Hal ini diperkuat oleh banyaknya nutrisi pada ikan. Salah satunya adalah asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan kadar trigliserida, melawan peradangan, dan penyakit autoimun. Ikan yang dipilih bisa dari jenis salmon, tuna, dan sarden.

Biji bunga matahari yang ternyata kaya akan senyawa penting

Ilustrasi biji bunga matahari [sumber gambar]
Menurut ahli gizi dan pendiri situs resep bergizi Healthyier Taste, Emily Wunder mengatakan, kandungan vitamin E yang tinggi pada biji matahari ternyata bisa berfungsi sebagai antioksidan dan mampu meningkatkan imunitas tubuh. Penelitian Studi National Institutes of Health (NIH) menyebutkan, satu ons biji bunga matahari panggang mampu memberikan asupan sebesar 49% dari nilai vitamin E harian.

BACA JUGA: Inilah 6 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Waktu Sahur Biar Perut Anti Keroncongan Sampai Maghrib

Profesor Valter Longo dikutip dari Telegraph (05/06/2014) mengatakan, puasa mampu menciptakan sel darah putih yang mampu melakukan regenerasi pada tubuh pada saat berpuasa. Ditambah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, virus pun bisa ditangkal dan tubuh bisa menjadi lebih ‘kebal’.