in

Perut Kosong Jangan Konsumsi 3 Makanan Ini, Awas Bahaya Mengintai!

Terkadang di waktu-waktu tertentu, kita malas sekali untuk menyantap makanan. Bukan hanya karena tidak ada uang untuk beli makan, tapi juga sudah lelah membangunkan diri dari posisi wenak. Nah, di kondisi seperti itu biasanya kita lebih memilih untuk makan sampai benar-benar lapar. Alhasil, perut kita akan dibiarkan kosong dalam waktu yang cukup lama.

Jika cacing-cacing di perut sudah bunyi, biasanya kita langsung memberi mereka makan. Biasanya kita memilih mengonsumsi makanan apa saja, asal perut kenyang. Namun apa kalian tahu kalau sebenarnya ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi ketika kondisi perut masih benar-benar kosong. Sebab, itu bisa membuat kesehatan kita menjadi terganggu.

Buah pisang yang bisa picu berbagai penyakit jantung

Salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi ketika perut kosong adalah pisang. Yap, menurut dr. Gioffre bahwa kandungan asam dan gula pada pisang justru membuat nutrisinya tidak dapat diserap oleh tubuh bila dikonsumsi ketika perut kosong. Jadi, hal ini malah akan membuat kadar gula darah dan asam tubuh semakin meningkat.

Buah pisang tidak baik dikonsumsi ketika perut kosong [Sumber Gambar]
Selain itu, dilansir dari Boldsky.com, kalau ternyata menyantap pisang saat perut masih kosong bisa membuat ketidakseimbangan mineral dalam tubuh. Pasalnya, buah berwarna kuning ini mengandung magnesium yang tinggi. Sehingga dapat memicu penyakit pada aliran darah dan jantung. Yuk deh, hindari mengonsumsi buah pisang kalau perut masih kosong. Meski enak, tapi nyatanya tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam keadaan seperti itu.

Makanan pedas yang membuat perutmu semakin berguncang

Selanjutnya, makanan dengan rasa pedas juga tidak boleh untuk dikonsumsi Sahabat Boombastis. Mungkin beberapa di antara kalian sudah tahu hal ini. Namun, kali ini akan dijelaskan lebih rinci tentang alasannya. Kembali lagi ke pokok awal, mengapa makanan pedas tidak boleh untuk dikonsumsi ketika perut kosong melompong.

Makanan pedas bisa picu sakit lambungmu [Sumber Gambar]
Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, mengonsumsi makanan pedas ketika perut kosong bisa menyebabkan lambung terasa panas dan sakit . Sehingga kondisi seperti ini dapat memunculkan penyakit lambung menjadi parah. Ini bukan hanya untuk penderita maag saja, tapi berlaku bagi semua orang.

Roti juga bisa membuat sistem pencernaanmu tidak beres

Roti ternyata juga masuk dalam jajaran makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut masih kosong. Mungkin kalian kaget karena biasanya orang-orang mengonsumsi makanan ini jika tak ada nasi. Tapi, hal ini memang benar adanya Sahabat Boombastis.

Roti yang mengandung ragi bisa membuat sistem pencernaanmu menjadi tidak lancar [Sumber Gambar]
Dikarenakan dikutip dari klikdokter.com, kalau roti ternyata bisa mengubah gula dan karbohidrat pada adonan menjadi senyawa karbon serta alkohol yang bersifat asam. Sehingga, hal ini dapat meningkatkan jumlah gas dan zat asam pada lambung yang akhirnya mengakibatkan munculnya penyakit maag. Namun perlu kalian ketahui, kalau tidak semua roti bisa sebabkan maag. Hanya roti yang mengandung ragi saja. Jadi, jika kalian suka makan roti saat perut kosong, beralihlah ke jenis gandum.

Makanan-makanan di atas memang harus dihindari ketika perut kosong Sahabat Boombastis. Hal ini juga berlaku ketika kita hendak melakukan sarapan yang notabene perut masih kosong dari malam hari. Sehingga alangkah lebih baik konsumsilah nasi atau roti gandum supaya perut aman dari segala penyakit.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kampung Indonesia di Inggris yang Bikin Bule Makin Cinta Tanah Air

Luar Biasa! Anak Lulusan Pesantren Ini Bawa Timnas U-19 Lolos Dari Lubang Jarum