Seperti yang kita ketahui Saboom, kalau petir memang menjadi momok bagi semua orang. Tidak hanya dari suaranya yang menggelegar, tapi efek mengerikan bisa muncul kalau ada benda atau manusia jika tersambar petir. Kalau manusia terkena sambaran halilintar, bisa-bisa orang tersebut meregang nyawa saat itu juga.

Banyak orang berpikiran kalau sedang ada di luar rumah dan melihat halilintar di langit, maka harus segera berlindung ke dalam bangunan. Padahal, pernyataan seperti itu tidak selamanya benar Saboom. Karena, walaupun kita berada di dalam rumah, tidak menutup kemungkinan bisa tersambar guntur. Kalau bisa disimpulkan, di manapun kita berada, tidak ada tempat aman jika ada petir di luar sana. Namun, kita bisa kok menghindari petir tersebut dengan beberapa cara.

Bisa berlindung di dalam mobil

Berlindung di dalam mobil [Sumber Gambar]
Bagi kalian yang sedang berada di luar ruangan, bisa langsung berlindung di dalam mobil. Tapi, jangan mobil orang lain ya, pastikan itu adalah kendaraan kalian sendiri. Bisa aman lantaran petir yang menyambar mobil tidak akan menembus ke dalam kendaraan dan hanya mengelilingi permukaan saja. Guntur akan langsung dinetralkan oleh tanah yang berada di bawah mobil kita. Namun, pastikan kalian jangan menghidupkan mobil karena bensin akan memicu petir untuk meledakkan kendaraan.

Berjongkoklah jika berada di tempat berteduh yang terbuka pada pinggir jalan

Berjongkok bisa melindungi kita dari sambaran petir [Sumber Gambar]
Mungkin bagi beberapa orang banyak yang berpendapat kalau berteduh di pinggir jalan sudah cukup untuk melindungi dirinya dari sambaran petir. Padahal, mereka belum sepenuhnya aman dari petir karena di sana bisa dipastikan tidak tersedia alat penangkal petir. Sehingga untuk menghindarinya adalah kalian harus berjongkok dengan merapatkan dua kaki dan tumit yang bersentuhan. Lalu, jangan lupa untuk menutup telinga dengan sikut yang menyentuh lutut. Dengan cara ini, halilintar yang menyambar di dekat kita akan mengalir ke dalam tubuh dan tidak akan bereaksi apa-apa kepada badan. Lakukan hal ini kalau petir memang sedang banyak-banyaknya. Tapi, kalau petir sudah tidak parah ya jangan dilakukan lagi agar tidak dikira orang stres.

Hindari berteduh di bawah pohon

Jangan berteduh di bawah pohon tumbang [Sumber Gambar]
Jangan sekali-kali berteduh di bawah pohon ya Saboom. Karena pohon sangat rentan sekali dengan yang namanya tersambar petir. Tingginya yang terkadang menyamai gedung itulah membuat tanaman tersebut sering kali dikenai halilintar. Kalau sudah tersambar petir, pohon akan tumbang dan menjatuhi orang-orang yang ada di sekitarnya. Walaupun pohon itu tempat terdekat dari posisi kalian, alangkah lebih baiknya cari tempat yang lain. Meskipun agak jauh tak apa, yang penting diri kita aman dari mangsa petir.

Jika berada di kolam renang, harus segera ke luar dari sana

Harus ke luar dari kolam renang jika ada petir [Sumber Gambar]
Nah, untuk kalian yang suka berenang wajib untuk waspada. Kalau sudah melihat langit mendung gelap disertai kilatan cahaya, harus cepat ke luar dari kolam renang. Air ternyata bisa menghantarkan listrik secara sempurna, sehingga sangat berbahaya untuk kita yang berada di kolam renang. Kalau kalian masih tetap berpendirian teguh berada di kolam renang saat petir sudah menampakkan batang hidungnya, harus siap-siap ambil risiko. Badan kalian bisa terkena lontaran petir dan mengakibatkan luka bakar di sekujur tubuh. Jadi, jangan pernah nekat ya.

Cabut kabel power dari stop kontak listrik

Cabut kabel dari stop kontak [Sumber Gambar]
Jika sedang berada di dalam rumah, ada hal yang harus diperhatikan Saboom. Walaupun sudah ada di dalam rumah, tapi banyak kemungkinan kalau petir bisa menyerang kita. Jadi untuk berjaga-jaga, kita harus mencabut semua peralatan listrik yang tersambung dengan stop kontak. Ini dilakukan karena petir bisa menyambar kabel-kabel listrik yang ada di dalam rumah. Tapi, mematikan peralatan tersebut harus memperhatikan beberapa faktor nih. Kalau petir tidak terlalu parah, ya kita tak perlu untuk mematikan semuanya. Jangan jadikan alasan petir untuk menghentikan semua pekerjaanmu ya.

Jangan menghubungi orang lewat telepon kabel

Jangan menggunakan telepon kabel [Sumber Gambar]
Untuk yang satu ini wajib sekali untuk diketahui para pembaca semuanya. Kita tidak boleh menggunakan telepon kabel pada saat petir sedang bergemuruh di luar sana. Lantaran kabel pada telepon bisa teraliri listrik dan menyebabkan si pemakai tersetrum. Sehingga jangan pernah untuk menghubungi orang lain dengan menggunakan telepon kabel ketika ada petir. Kalau benar-benar itu dalam keadaan darurat dan harus menghubungi orang, pakai saja ponsel genggam. Tidak apa habis pulsa banyak, yang penting diri kita terlindungi dari bahaya halilintar.

Begitulah cara-cara untuk menghindari sambaran petir baik di dalam atau luar ruangan. Harus benar-benar diperhatikan ya dan jangan sampai lupa. Lantaran kalau salah sedikit saja bisa mengakibatkan hal yang buruk. Contohnya pada posisi berjongkok tadi. Kalau posisi jongkok kita salah sedikit saja, energi dari petir bisa melontar ke dalam tubuh. Sehingga harus lebih waspada dan hati-hati lagi jika ada petir yang datang tiba-tiba.