Minimarket memang memudahkan kita untuk berbelanja berbagai kebutuhan dengan harga yang terjangkau. Bahkan, beberapa gerai perbelanjaan ini memberikan diskon untuk produk tertentu dalam jangka waktu tertentu pula.

Produk yang ada di sini juga beragam. Setiap sudut minimarket pastinya dilengkapi dengan CCTV, jadi, sebagai pelanggan kamu enggak bisa dong berbuat seenaknya. Lagian melakukan hal-hal memalukan di minimarket juga tidak ada gunanya kok, apalagi kalau sampai dimasukkan ke media sosial dan viral seperti sekelompok mahasiswi ini. Haduh, kok bisa ya?

Membuat berantakan etalase barang yang awalnya bercanda

Potongan video yang diunggah oleh akun @lambe_turah ini memperlihatkan sekelompok cewek yang berbelanja di sebuah minimarket. Usut punya usut, kejadian ini terjadi di Makassar. Mereka datang sambil mengatakan bahwa ingin study banding dan penelitian. Hal ini jelas merupakan candaan semata karena mereka pada akhirnya membeli dalam jumlah banyak. Mereka tampak menjatuhkan tisu yang sudah tersusun rapi. Setelahnya, salah satu dari mereka menjilat buah durian yang masih terbungkus plastik, sambil memencet buah tersebut hingga pipih (lembut).

Pelaku diketahui masih bersatatus sebagai mahasiswi

Berantakin isi minimarket [sumber gambar]
Pelaku yang berjumlah kurang lebih 7 orang ini diketahui sebagai mahasiswi di salah satu kampus Islam swasta di Makassar. Anak-anak ini pun tampak berpesta, dengan memakan jajanan yang mereka beli di minimarket tersebut setelahnya. Parahnya lagi, video yang tersebar ini dianggap sebagai hal biasa, sehingga disebar ke insta-story salah satu dari mereka. Hmmm, kok ada-ada sih mbak kerjaannya, enggak malu sama status mahasiswinya loh~

Meminta maaf kepada pihak minimarket

Tindakan semena-mena ini kemudian mendapat banyak respons negative dari netizen. Apalagi karena mereka yang sempat mengucapkan kata-kata “orang kaya mah, bebas” saat memberantaki etalase barang. Netizen murka, sehingga tak lama setelahnya mahasiswi ini meminta maaf melalui sebuah video. “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Menindaklanjuti kejadian yang viral di sosial media yang disebabkan oleh kekhilafan kami, kami meminta maaf dari hati yang paling dalam. Kami tidak bermaksud untuk merugikan pihak Indomaret ini hanya bersifat spontanitas kami dan kami akan bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh pihak Indomaret,” kata salah satu mahasiswi di dalam video. Mereka juga sudah berjanji tak akan mengulangi hal tersebut di kemudian hari. Kebangetan sih kalau masih diulang.

Jangan ditiru ya, perbuatan seperti ini namanya tidak beretika

Tindakan memberantakin adalah hal yang tak beretika [sumber gambar]
Hal ini adalah tindakan tak beretika ya, apalagi untuk kalian yang berstatus mahasiswi. Meskipun dalihnya atas spontanitas dan bercanda belaka, tetapi tetap saja dinilai negative oleh orang lain. Meskipun minimarket punya petugas yang membereskan barang, tetapi tindakanmu yang membuat berantakan adalah satu bentuk yang tidak bertanggungjawab. Menjilat, memecahkan, serta merusak barang –apalagi kalau tidak membeli—jelas saja merugikan pihak minimarket. Lha, sekarang kalau ada yang tidak beres, yang disalahkan pasti mereka yang bekerja di sana bukan?

BACA JUGA: Potret Minimarket yang Pekerjakan Karyawan Disabilitas Ini Bikin Salut Netizen

Semoga kejadian seperti ini tak lagi ada di masa yang akan datang ya. Bijaklah dalam bertindak dan menggunakan media sosial. Karena tindakan ceroboh dan sekehendak hati nantinya bisa merugikan dirimu sendiri, bukan orang lain.