Kejahatan bisa terjadi di mana dan kapan saja. Bahkan, tak pandang bulu siapa yang akan menjadi korban. Namun, satu kejahatan yang terjadi di Tiongkok baru-baru ini menuai hikmah besar yang patut dijadikan pelajaran bagi semua orang. Pasalnya tak semua orang mau dengan besar hati mengakui kejahatan yang diperbuat, sehingga banyak kasus yang selalu tak terselesaikan.

Kejahatan di Tiongkok ini salah satu dari banyak kejahatan yang berbeda. Seorang mahasiswi yang diketahui tidak sengaja menabrak mobil mewah seseorang yang terparkir di jalanan hingga lecet, rela menunggu panas-panasan untuk minta maaf. Kejujuran yang dilakukan olehnya sungguh berbuah manis yang bikin banyak orang iri melihatnya. Agar bisa dijadikan pelajaran, simak dulu kisahnya dalam ulasan berikut ini.

Menjadi Mahasiswi Berbekal Dana Pinjaman

Dilansir dari sinchew.com.my, nama seorang mahasiswi Yunan, Tiongkok ini adalah Zhang Youqin. Ia merupakan maba atau mahasiswa baru yang bersekolah di Baoshan University. Ia baru saja menjalani daftar ulang pada awal bulan September lalu ketika kejadian naas menimpanya. Ia rupanya berencana pergi ke bank untuk menabungkan uang sakunya setelah selesai dengan urusan daftar ulang ulang.

Baoshan University [image source]
Merupakan mahasiswa dari kalangan menengah ke bawah, semangat Zhang Youqin untuk bersekolah tidak pernah surut. Meski harus meminjam dana 8000 Yuan atau setara dengan Rp. 16.000.000 untuk biaya masuk kuliah, ia tetap berusaha dan semangat untuk sekolah. Meski uang sakunya pun tidak banyak, ia tetap menyisihkan sebagian untuk ditabung di bank.

Kronologi Lecetnya Sebuah Mobil Mewah

Sepulang dari menabung uangnya di bank, kejadian yang tak diinginkan terjadi. Zhang tidak sengaja menabrak mobil mewah bermerek Lexus ES 350 hingga lecet. Sikap Zhang setelahnya tidak seperti kebanyakan orang yang langsung ngacir jika pemilik mobil tidak sedang di sana. Ia memilih menunggu hingga pemilik mobil muncul meski harus berpanas-panasan.

Mobil yang Lecet [image source]
Penantiannya selama satu jam ternyata membuahkan hasil yang tidak disangka-sangkanya. Ketika pemilik mobil bernama Zang itu muncul, Zhang si mahasiswi langsung menghampirinya dan bertanya apakah ia sang pemilik mobil. Ketika Zang menjawab iya dan bertanya ada apa, Zhang menjelaskan bahwa ia telah lalai sehingga membuat mobilnya lecet. Zang awalnya kaget ketika melihat ada 3 goresan di pintunya. Namun, reaksinya sungguh-sungguh mulia!

Akibat yang Ditanggung Zhang Youqin Membuatnya Syok

Kerusakan mobil akibat ditabrak oleh sepeda Zhang Youqin tampaknya lumayan parah. Diperkirakan kerusakan itu mencapai 2000 Yuan atau sekitar Rp. 4.000.000. Membayar biaya sekolah saja Zhang harus meminjam, apalagi membayar kerusakan. Namun, ia tetap menawari akan mengganti rugi sembari meminta maaf pada sang pemilik.

Zhang Youqin [image source]
Zang, si pemilik mobil yang diketahui merupakan pegawai di perusahaan properti. Ia mengaku terharu ketika melihat seorang mahasiswi menunggunya hingga satu jam berpanas-panasan hanya untuk meminta maaf. Terlibat percakapan singkat, Zang lalu mengetahui bahwa Zhang Youqin berasal dari keluarga miskin sehingga ia merasa iba dan mengatakan pada Zhang bahwa ia tak harus mengganti rugi atas kerusakan mobilnya.

Berita Tersebar Hingga ke Atasan Zang

Ternyata berita kejujuran seorang mahasiswi ini sampai ke telinga direktur perusahaan properti tempat Zang bekerja. Terkejut sekaligus kagum karena masih ada orang baik dan jujur seperti Zhang Youqin membuat atasan Zang lalu berinisiatif untuk menjadi sponsor pendidikan Zhang. Biaya kuliahnya selama empat tahun akan dibiayai oleh perusahaan sehingga Zhang tidak harus mengeluarkan uang lagi.

Pencapaian [image source]
Tak hanya itu, direktur perusahaan properti tersebut sudah menyiapkan tempat untuk Zhang bekerja setelah lulus kuliah nanti. Sehingga, hidup Zhang pun terjamin, setelah kuliah selama 4 tahun dengan biaya yang ditanggung perusahaan, ia pun bisa langsung mendapatkan pekerjaan. Mungkin ini adalah rejeki nomplok yang diterima Zhang Youqin semasa hidupnya.

Bagaimana menurut netizen semua? Ternyata kejujuran memang selalu membuahkan hasil yang baik, ya. Jika kalian semua kerap mengamalkan kejujuran, maka hal baik yang tak disangka-sangka juga bisa datang kepada kalian semua. Apalagi pas banget nih, hari ini adalah hari Jumat, hari yang baik untuk mengamalkan perbuatan baik yang salah satunya merupakan bersikap jujur.