in

5 Letusan Gunung Paling Dahsyat di Indonesia

2. Gunung Krakatau

Gunung yang terletak di Selat Sunda ini meletus dengan sangat dahsyat pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Namun aktivitas vulkanik dari gunung ini telah terjadi sejak bulan Mei. Ledakan dari Gunung Krakatau menyebabkan bencana besar di kota sekitar Selat Sunda Seperti Merak, Banten.

Gunung Anak Krakatau [image source]
Gunung Anak Krakatau [image source]
Saat meletus, Gunung Krakatau melemparkan banyak sekali material batuan yang sangat panas. Hal ini mengakibatkan banyak warga yang meninggal dunia. Selain itu, ledakan juga menimbulkan gelombang tsunami yang sangat dahsyat. Bahkan Kota Merak dihancurkan oleh gelombang tsunami dengan tinggi hingga mencapai tinggi 46 meter.

Sama halnya dengan Gunung Tambora, erupsi dari Gunung Krakatau juga mengubah iklim dunia. Bahkan bertahan hingga hampir satu tahun lamanya. Di belahan bumi sebelah utara, suhu udara saat musim panas turun hingga 1,2 derajat Celcius. Bahkan di beberapa negara bagian Amerika Serikat mengalami tahun yang banyak sekali turun hujan dengan intensitas tinggi. Bahkan tahun itu disebut dengan “water year”. Saat ini Gunung Krakatau hanya menyisakan gunung yang disebut Anak Krakatau.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Inilah 9 Pedang Milik Rasulullah SAW Yang Melegenda

Fenomena Terompet Sangkakala Muncul Di Berbagai Belahan Dunia