in

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Layanan Terbaru untuk Para Pemudik di Libur Lebaran 2018

Dari tahun ke tahun, berbagai vendor besar di Indonesia menyediakan macam-macam jasa untuk para pemudik. Mulai dari menyediakan tempat istirahat sampai dengan mengeluarkan jasa mudik gratis dengan bus. Sampai kini, para perusahaan besar tersebut tetap konsisten melakukan kebaikan tersebut.

Nah, di tahun 2018 ini, ternyata sudah banyak layanan baru yang disediakan untuk para pemudik. Hal ini dilakukan supaya membantu masyarakat untuk lebih nyaman ketika melakukan mudik. Bahkan, banyak jasa yang pastinya kalian tidak pernah tahu sebelumnya. Jadi layanan apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ya.

Malas bawa kendaraan roda empat? Bisa pakai jasa “Gendong Mobil”

Biasanya para pemudik harus membawa mobilnya ke kampung halaman. Ini karena di kampung halaman kendaraan roda empat tersebut dipastikan digunakan setiap harinya. Contohnya saja untuk silaturahmi ke rumah saudara ataupun sekedar jalan-jalan saja. Namun terkadang, para pemudik malas menggunakan mobil untuk mudik karena melihat jalan yang macetnya tidak karuan.

Jasa gendong mobil [Sumber Gambar]
Tapi hal ini enggak perlu dirisaukan. Ada alternatif lain untuk masalah yang satu ini. Pada tahun 2018 ini, ada jasa untuk mengantarkan kendaraan ke kampung halaman. Layanan tersebut bernama Jasa Derek Gendong (Towing) yang siap digunakan pada mudik tahun ini. Jasa ini disediakan oleh perusahaan bernama AKM Towing yang bertempat di Jakarta Timur. Perusahaan tersebut melayani pengiriman ke berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Kalau kalian berminat, bisa nih pakai jasa tersebut. Enggak perlu capek-capek untuk membawa mobil sendiri.

Supaya aman, motor yang ditinggal mudik bisa dititipkan ke kantor polisi

Pemudik pada umumnya meninggalkan motornya di rumah tanpa ada yang mengawasi. Ini sebenarnya menjadi hal yang sangat berbahaya. Dikarenakan para maling bisa saja mencuri motor pemudik sewaktu-waktu. Namun sayangnya, orang-orang yang pulang kampung sedikit mengabaikan hal tersebut lantaran tidak ada pilihan lain lagi.

Menitipkan motor di kantor polisi [Sumber Gambar]

Tapi, untuk daerah DKI Jakarta dan sekitarnya tidak perlu gundah. Para Kepolisian di DKI Jakarta menyediakan fasilitas untuk penitipan motor bagi orang-orang yang ingin pulang ke kampung halaman. Cara menitipkannya pun juga cukup mudah, hanya dengan menunjukkan surat lengkap dari kendaraan. Akan tetapi, hal ini tergantung daya tampung dari kantor polisi. Oleh karena itu, supaya kalian bisa menitipkan motor kesayangan harus melakukan gerak cepat ya.

Dijamin tidak ada tukang palak, para pemudik bisa istirahat di markas tentara

Ketika kita melakukan perjalanan jauh, tentu kondisi harus tetap dijaga. Apalagi kalau tujuan masih jauh dan keadaan jalan juga macet, mau tidak mau harus beristirahat. Nah, berbicara tentang istirahat juga tidak boleh sembarangan. Alasannya karena kita harus memilih tempat istirahat yang aman dan juga nyaman.

Istirahat di markas tentara [Sumber Gambar]
Melihat kondisi tersebut, Komando Distrik Militer Garut mempersilahkan para pemudik untuk istirahat di markasnya. Hal ini dilakukan untuk keselamatan para pemudik supaya beristirahat dengan aman tanpa harus takut dipalak preman. Ya sayangnya, layanan ini baru disediakan di Garut saja. Semoga daerah lain juga menyediakan jasa yang menguntungkan para pemudik seperti ini.

Sakit di perjalanan bisa langsung ke klinik terdekat dengan bantuan aplikasi BPJS

Tak jarang banyak orang yang mengalami sakit pada saat perjalanan. Biasanya karena kelelahan atau masuk angin diakibatkan terlalu lama terkena AC. Kalau tidak bawa obat, mau tak mau harus dibawa ke rumah sakit terdekat. Akan tetapi, terkadang kita tidak tahu menahu di mana klinik yang paling dekat. Dikarenakan para pemudik sedang berada di daerah yang asing.

Aplikasi mudik BPJS kesehatan [Sumber Gambar]
Nah, untuk menghindari hal tersebut, BPJS telah menciptakan aplikasi khusus mudik. Di sana akan ada informasi rumah sakit atau klinik terdekat. Kemudian, jika kalian menggunakan BPJS, biaya pengobatan akan ditanggung oleh pelayanan kesehatan tersebut. Dengan begitu, kalian tidak akan bingung lagi ketika kamu atau kerabat mengalami sakit tiba-tiba ketika perjalanan. Aplikasi tersebut bernama Mudik BPJS Kesehatan yang bisa diunduh di App atau Play Store.

Itulah layanan-layanan terbaru yang disediakan untuk para pemudik di tahun 2018 ini. Memang ini baru diterapkan di beberapa daerah saja. Akan tetapi, hal ini berguna untuk kalian yang ingin mudik ke daerah-daerah di atas. Semoga layanan ini juga berjalan di seluruh kota di Indonesia. Supaya masyarakat yang mudik bisa aman dan nyaman dalam melakukan perjalanan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Resmi Dibuka untuk Mudik Lebaran, Begini Uniknya Bandara Atas Air Pertama di Indonesia

Mengenal Kazan, Kota Paling Muslim yang Menjadi Penyelenggara Piala Dunia Rusia 2018