in

Resmi Dibuka untuk Mudik Lebaran, Begini Uniknya Bandara Atas Air Pertama di Indonesia

Jika selama ini seluruh bandara di Indonesia berdiri di atas lahan kering, maka pemandangan berbeda akan kamu temui di Bandara Ahmad Yani, Semarang. Bandara ini baru saja diresmikan Kamis (7/6/2018) lalu oleh presiden Joko Widodo. Bandara yang dibangun oleh PT Angkasa Pura I (Persero) ini memiliki nilai investasi sebesar Rp2,2 triliun dan merupakan bandara di atas air (floating) yang pertama di Indonesia dan mampu menampung sebanyak 7 juta penumpang per tahun.

Jika masih bingung dengan istilah floating, jelasnya mereka memanfaatkan apa yang ada di sekitar bandara yaitu rawa. Terminal di bandara baru sengaja dibangun dengan menggunakan material yang ramah lingkungan.

Rancangan Bandara Ahmad Yani [Sumber gambar]
Jika dilihat, Bandara ini sangat memanjakan mata dengan nilai aestetic-nya. Ada banyak material yang terbuatdari kaca. Tujuannya adalah pencahayaan di terminal bisa memanfaatkan cahaya matahari di siang hari, hal ini tentuakan sangat menghemat listrik.

Teknologi yang canggih membuat ia juga berbeda dari kebanyakan bandara. Terdapat reverse osmosis yang berfungsi sebagai penyedia air bersih. Dengan sistem tersebut, air hujan dan air laut yang ditampung akan diolah dalam ground water tank yang ada di bawah terminal. Selain itu, teknologi water pounding akan mengatur ketinggian air, sehingga tidak ada kemungkinan terjadi peluapan.

Landasan Pacu pesawat [Sumber gambar]

Untuk saat ini bandara ini belum sepenuhnya rampung, pihak Project Administration AP I,Nina Adis mengatakan bahwa penerangan lampu jalan akan menggunakan listrik bertenaga surya. Selain itu, karena konsep yang diusung adalah go green, maka terminal yang luasnya 30.000 meter persegi ini akan taman dari dalam serta hutan mangrove yang bisa dinikmati oleh semua penumpang.

Itulah keunikan Bandara Ahmad Yani Semarang, fungsinya tak hanya sebagai infrastruktur tempat mendaratkan dan mengangkut penumpang pesawat saja, tetapi juga sebagai ikon wisata. Oleh presiden RI, Joko Widodo ia sudah ditetapkan sebagai core economy bangsa, sesuai dengan yang ia ucapkan dalam peresmian Kamis lalu.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Beda Curhatan Luna Maya dan Raline Shah yang Belum Menikah di Usia Kepala Tiga

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Layanan Terbaru untuk Para Pemudik di Libur Lebaran 2018